Categories: JurusanKuliah

Jurusan Kesehatan Masyarakat dan 8 Kampus Terbaiknya di Indonesia

Share

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya untuk belajar dan melakukan aktivitas. Yap, di bulan-bulan ini, kamu yang duduk di bangku akhir SMA harus semakin semangat dalam belajar. Ga terasa sebentar lagi kalian akan menghadapi UTBK, ujian akhir semester, dan juga kelulusan.

Buat kamu yang masih bingung untuk memilih program studi di bangku kuliah nanti, tenang! Kali ini penulis akan mengenalkanmu dengan jurusan kesehatan masyarakat yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian dari kamu. So, belajar apa sih di program studi ini? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Kenalan Yuk dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai jurusan kesehatan masyarakat, ada baiknya kamu berkenalan dulu dengan apa sih yang dimaksud program studi kesehatan masyarakat atau akrab disapa Kesmas. Belajar apa? Membutuhkan skill apa saja? Dan beberapa deskripsi lainnya.

Program studi ini sendiri bertujuan untuk mempelajari pencegahan maupun pengobatan terhadap individu dan masyarakat luas guys. Eits, berbeda dengan jurusan kedokteran yang bekerja untuk menyembuhkan, program studi kesehatan masyarakat lebih berfokus untuk memberikan penyuluhan atau pendekatan sosial kepada masyarakat terkait suatu penyakit.

Menariknya lagi, di Indonesia sendiri jurusan kesehatan masyarakat masih langka peminatnya. Padahal jurusan satu ini sangat penting untuk jangka panjang lho guys, apalagi di tengah pandemi maupun banyaknya virus-virus yang bermutasi setiap harinya. Itulah kenapa, jurusan kesehatan sangat penulis rekomendasikan bagi kamu yang tertarik di bidang Saintek.

By the way, di sini kamu ga hanya bertemu pelajaran atau mata kuliah SAINTEK aja lho, melainkan juga mata kuliah SOSHUM seperti manajemen, adiministrasi, sampai antropologi masyarakat. Penasaran, ada mata kuliah apa aja? Yuk, lanjut kepoin ulasan di bawah ya.

Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

1. Sosiologi dan Antropologi Kesehatan

Unik banget ya mata kuliah ini, yap di jurusan kesehatan masyarakat kamu akan bertemu mata kuliah antropologi kesehatan yang menjadi cabang dari antropologi sosial-budaya guys.

Di sini kamu akan belajar mengenai bagaimana sih suatu kebudayaan masyarakat bisa mempengaruhi penyelesaian atau justru menimbulkan beberapa masalah terkait kesehatan. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai pemeliharaan kesehatan dalam suatu masyarakat berkaitan dengan pola kebudayaan.

2. Kesehatan Reproduksi Masyarakat

Salah satu mata kuliah paling krusial di jurusan kesehatan masyarakat adalah kesehatan dan reproduksi. Mata kuliah satu ini penting banget untuk dipelajari, terutama karena masyarakat Indonesia masih minim pengetahuan tentang hal ini guys.

Kesehatan reproduksi sendiri berpengaruh ke berbagai aspek mulai dari sosial sampai perekonomian juga guys. So, sebagai seorang mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat, kamu wajib banget nih untuk memberikan penyuluhan secara tepat mengenai kesehatan reproduksi kepada masyarakat.

3. Epidemiologi

Mata kuliah jurusan kesehatan masyarakat berikutnya adalah epidemiologi. Mungkin istilah mengenai epidemiologi ini udah ga asing ya bagi sebagian dari kamu, tetapi kamu sendiri sudah paham belum arti dari epidemiologi ini?

Secara sederhana, epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi sampai berbagai variabel lain yang mempengaruhi terjadinya suatu penyakit atau masalah kesehatan dengan tujuan menyelesaikan permasalahan tersebut.

4. Komunikasi Kesehatan

Eits, jangan salah guys, mata kuliah komunikasi kesehatan ini termasuk penting atau krusial lho di jurusan kesehatan masyarakat. Komunikasi yang dilakukan, terutama dalam penyuluhan kesehatan atau penyakit engga semudah kelihatannya guys.

Kamu membutuhkan pemahaman yang menyeluruh terhadap suatu permasalahan atau kesehatan agar bisa menyampaikan penyuluhan atau berkomunikasi dengan baik. Ga cukup sampai di sana, pendekatan terhadap setiap masyarakat juga berbeda-beda guys. So, di mata kuliah inilah kamu akan mempelajari semua komponen tersebut.

5. Wabah dan Manajemen Bencana

Last but not least, ada mata kuliah wabah dan manajemen bencana. Kamu tahu kan kalau pandemi seperti Covid-19 ini memiliki manajemen bencananya sendiri lho guys. Manajemen bencana merupakan hal penting untuk mengatur masyarakat di tengah wabah penyakit yang terjadi guys.

Universitas Terbaik di Jurusan Kesehatan Masyarakat

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Airlangga
  3. Universitas Diponegoro
  4. Universitas Hassanuddin
  5. Universitas Jenderal Soedirman
  6. Universitas Udayana
  7. Universitas Andalas
  8. Universitas Sumatera Utara

Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

1. Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat yang pertama adalah penyuluh kesehatan. Penyuluh kesehatan sendiri dapat bekerja di Puskesmas, Rumah Sakit, Kementerian Kesehatan, bahkan di universitas sebagai seorang peneliti.

Kamu bertugas untuk memberikan penyuluhan kesehatan kepada setiap masyarakat Indonesia guys. Mulai dari kesehatan reproduksi, gizi, bahkan mitigasi wabah seperti yang terjadi saat ini di pandemi Covid-19.

2. Pengendali Mutu Produk

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat selanjutnya ialah menjadi seorang pengendali mutu produk atau Quality Control. Pekerjaan satu ini terbilang sangat luas karena dibutuhan hampir di setiap aspek kehidupan manusia.

Mulai dari pabrik makanan sampai pemerintahan guys. Sebagai seorang pengendali mutu produk, kamu bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan dan penelitian terhadap setiap produk yang akan didistribusikan ke dalam masyarakat.

3. Dosen

Kalau kamu termasuk sebagai seseorang yang senang mengajar sekaligus mengajar, maka profesi sebagai seorang dosen dapat menjadi pertimbanganmu di masa depan nanti guys. Selain itu, kalau kamu bersungguh-sungguh maka akan ada banyak beasiswa lho yang bisa kamu dapatkan hingga jenjang S3 nanti.

Di sisi lain, jurusan kesehatan masyarakat sendiri mulai populer dan banyak dibuka di universitas negeri maupun swasta. Jadi, lapangan kerja untukmu tentu tersedia melimpah di masa depan nanti guys.

4. Manajer Data Klinis

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan prospek pekerjaan satu ini, tetapi tanda disadari manajer data klinis menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan di masa depan nanti guys.

Sebagai seorang manajer data klinis, kamu bertanggung jawab terhadap berbagai pengelolahan data terkait kesehatan dalam suatu masyarakat. Kamu wajib melakukan analisis, hingga mengembangkan berbagai strategi mengenai permasalahan kesehatan yang ada di dalam masyarakat.

5. Ahli Gizi

Selain menjadi seorang pengendali mutu produk, sebagai seorang lulusan jurusan kesehatan masyarakat, kamu pasti mempelajari ilmu gizi semasa kuliah nanti. Apabila kamu tertarik memperdalam ilmu gizi ini, kamu bisa banget untuk memilih profesi menjadi seorang ahli gizi di masa depan nanti.

Oh iya, ahli gizi sendiri dibutuhkan di banyak rumah sakit, puskesmas, bahkan di dalam tubuh pemerintahan guys. So, kamu harus memastikan kecenderungan dan passionmu ada di mana selama kuliah di program kesehatan masyarakat nanti.

Nah, di atas adalah sekilas info mengenai jurusan kesehatan masyarakat. Meskipun tergolong unik, ternyata jurusan ini memiliki banyak peminat lho guys. Bahkan dari tahun ke tahun terdapat pertambahan jumlah peminatnya di berbagai universitas.

So, kalau kamu memang ingin masuk ke jurusan satu ini maka pastikan untuk belajar dengan sungguh-sungguh ya! Selamat berjuang kawan-kawan!

This post was last modified on April 22, 2022 12:28 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Tips Masuk STAN Tanpa Bimbel

Tips masuk stan! Dengan peminat dan persaingan sebanyak itu,┬ákamu dituntut meraih nilai setinggi-tingginya biar kamu… Read More

Februari 22, 2024

Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia Berdasarkan Bidang

Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia berikut ini layak kamu jadi kan opsi! Tentunya kamu sudah… Read More

Februari 21, 2024

Ini dia! Tips Rahasia Supaya Lolos dan Masuk Perguruan Tinggi STSN

Tips masuk STSN - Sebelumnya sudah pada tahu kan STSN itu apa? Adalah Sekolah Tinggi… Read More

Februari 20, 2024

Kamar Berantakan Tanda Kamu Orang yang Kreatif Lho!

Selama ini kita selalu disuruh untuk menjadi rapi. Kemeja harus rapih. Naruh barang di tas… Read More

Februari 19, 2024

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Yang Patut Kamu Lirik

Bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, sekolah kedinasan… Read More

Februari 18, 2024

Tips Memilih Jurusan Di STIS Buat yang Mau Lulus SMA

Tips memilih jurusan di STIS - Setiap orang tentunya ingin berkuliah di tempat yang bagus.… Read More

Februari 17, 2024