Categories: JurusanKuliah

Ini Dia 8 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Tinggi di Indonesia

Share

Halo guys, gimana nih kabarnya? Kabar baik disana ya! Siapa nih yang masih bingung nyari jurusan kuliah yang cocok untuk kamu? Atau kamu tim yang sudah nemu jurusan kuliah yang tepat, tapi masih bingung sama peluang kerjanya?

Nah, kalau kamu tim yang kedua, artikel ini cocok banget untuk kamu baca! Ini dia, 8 jurusan kuliah dengan prospek kerja tinggi dan paling banyak dicari dalam dunia industri!

Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Tinggi

1. Jurusan Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi

Nah, jurusan pertama yang peluang kerjanya cukup tinggi berasal dari jurusan bisnis, manajemen, dan ekomoni. Di zaman sekarang, kita nggak bisa lepas dari proses bisnis. Posisi manajerial di perusahaan pasti sangan dibutuhkan.

Nah, di jurusan ini kita bisa belajar banyak banget soal dunia bisnis yang kebanyakan adalah tentang gimana cara kita bisa paham dan punya yang namanya business intuition, manajerial skill entah itu marketing, human resources, finance, operation management, dan masih banyak lagi.

Selain tuntutan hard skill diatas, kita juga bisa belajar banyak soft skill dari jurusan ini loh! Yang paling nampak, kita akan belajar leadership, communication, creative thinking, dan problem solving. As you know, ini adalah skill yang paling penting dan dibutuhkan di dunia bisnis. 

Orang yang punya background dari jurusan ini bisa mengarah ke banyak peluang kerja loh! Mulai dari bekerja di multinational company, banking, ataupun kamu yang mau memulai bisnis sendiri karena kamu sudah dibekali dengan ilmu kewirausahaan. Pasti ada aja jalannya. Gimana nih, tertarik nggak buat masuk jurusan satu ini? Mimin sih tertarik banget!

2. Jurusan Matematika

Jurusan kedua yang peluang kerjanya cukup tinggi adalah kamu yang berasal dari jurusan matematika. Yup, kamu nggak salah baca kok guys. Kamu tahu nggak, kalau di jurusan matematika kamu nggak hanya belajar soal logaritma, aljabar, dan lainnya yang membingungkan, tapi kamu akan diajarkan bagaimana cara menggunakan teori matematika dalam ilmu terapan.

Nah, buat skill yang dituntut juga super berguna loh, karena kamu akan di-expect untuk punya skill problem solving, berpikir dengan lebih sistematis dan matematis, lebih teliti, dan lainnya. Kamu yang punya background dari jurusan ini bisa hampir masuk ke seluruh industry loh!

Mulai dari keuangan, start up, multinational company, dan lainnya. Di zaman sekarang, siapa sih yang nggak butuh orang dengan skill pengolahan data yang baik? Ini skill orang matematika banget loh!

3. Jurusan Informatika

Kamu yang akan masuk jurusan ini akan diajari banyak hal loh! Mulai dari programming, komputasi, bikin software, website, dan lainnya. Kamu yang lulus dari jurusan ini umumnya punya skill seperti problem solving, bisa berpikir secara rasional dan sistematis, dan biasanya teliti loh! Di jurusan ini, kamu akan terlatih untuk menghasilkan sejuta ide kreatif.

Orang yang punya latar belakang dari jurusan ini banyak banget dicari industri entah itu dari start up, keuangan, government, dan lainnya, apalagi di zaman sekarang. Ya gimana nggak? Kebutuhan suatu industri terhadap keahlian orang dari teknik informatika besar banget loh!

Buat kamu yang berasal dari jurusan ini punya prospek kerja yang luas mulai dari pengembang perangkat lunak, ahli jaringan, website development, dan masih banyak lainnya.

4. Teknik Industri

Yup, jurusan ini juga punya prospek kerja yang cukup tinggi loh saat ini! Jurusan ini agak mirip sama manajemen bisnis guys, tapi tetep ada bedanya. Di kedua jurusan ini, kamu akan diajari bagaimana caranya membangun sebuah proses produksi dan manajerial yang efektif.

Khusus di jurusan teknik industri, kamu akan diajarkan untuk memecahkan suatu masalah secara lebih matematis. Kamu juga bisa masuk ke industri yang banyak dibutuhkan orang manajemen dan bisnis juga seperti multinational company, keuangan, dan bahkan lebih spesifik seperti  industri manufaktur, industri logistik, dan lainnya.

Prospek kerjanya juga cukup tinggi loh! Mulai dari product manager, markert researcher, bagian personalia atau HRD, data scientist, dan lainnya. Tertarik nggak ambil jurusan ini?

5. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan selanjutnya yang punya prospek kerja tinggi adalah kamu yang berasal dari ilmu komunikasi. Setiap lihat platform untuk mencari pekerjaan, kamu sadar nggak kalau banyak banget perusahaan yang cari orang dengan background lulusan ilmu komunikasi? Gimana nggak dibutuhin? Ilmu yang didapat di jurusan ini, dibutuhin banget oleh perusahaan loh!

Di jurusan ini kamu akan belajar ilmu yang terkait dengan komunikasi antar manusia, bagaimana cara berbicara dengan orang lain, public speaking, dan lainnya. Kamu juga diajarkan teknik editing sederhana untuk membuat poster dan video loh! Karena mereka juga salah satu bentuk komunikasi secara tidak langsung.

Prospek dari jurusan ini cukup beragam loh! Ilmu yang kamu dapetin dari jurusan ini bisa diterapkan di pekerjaan seperti wartawan, reporter, pembawa acara, humas atau juru bicara suatu perusahaan, periklanan, bahkan produsen dari suatu acara TV.

6. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Lulusan dari jurusan DKV juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan loh, khususnya di zaman sekarang! Mahasiswa dari jurusan DKV dituntut untuk kreatif dalam menciptakan suatu desain. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang bagaimana cara membuat banyak desain untuk berbagai tujuan seperti pemasaran produk, animasi, fotografi, dan typografi. 

Untuk kamu yang punya background jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai illustrator, animator, video editor, web designer, bahkan sebagai game designer loh! Menarik banget kan?

7. Jurusan Teknik

Jurusan kuliah selanjutnya dengan prospek kerja yang cukup tinggi adalah kamu yang dari jurusan teknik, entah itu perminyakan, tambang, mesin, perkapalan, dan lainnya. Kamu tahu nggak kenapa jurusan ini paling banyak dicari?

Yup, selain hard skill yang terkait dengan jurusannya, mereka juga belajar mengasah soft skill-nya loh seperti problem solving, analytical thinking, berpikir secara rasional, kritis, efisien, dan mereka juga jago dalam permodelan yang rumit. Banyak lulusan dari jurusan ini yang masuk ke industri keuangan, multinational company, dan lain-lain.

8. Jurusan Psikologi

Jurusan terakhir yang prospek kerjanya cukup tinggi adalah kamu yang berasal dari jurusan psikologi. Jurusan ini berkaitan erat dengan mental dan tingkah laku manusia. Lulusan dari jurusan ini punya banyak peluang kerja seperti bekerja di bawah perusahaan atau membuka praktik sendiri.

Pekerjaan yang bisa kamu ambil seperti staff human resource, guru bimbingan konseling di sekolah, komselor kesehatan mental, dan praktisi psikolog.

Nah, itu aja guys 8 juruan kuliah yang peluang kerjanya cukup tinggi di era digital sekarang. Buat kamu yang masih bingung dengan jurusan kuliah yang mau diambil, kamu boleh melihat prospek kerja sebagai bahan pertimbanganmu.

Akan tetapi, jangan terlalu berfokus dengan prospek-prospek kerjanya ya! Pertimbangkan juga apa kamu bakal enjoy saat masuk jurusan tersebut. Karena percuma guys kalau kamu nggak menikmati proses belajarnya. Makanya, kenali passion kalian dulu ya!

Jennifer Angela

A human being on earth who is learning to write and wants to keep writing.

Leave a Comment
Published by
Jennifer Angela

Recent Posts

Prediksi Soal UN SMP Tahun

1. Perhatikan gambar alat ukur berikut! Waktu yang ditunjukkan pada stop watch tersebut adalah ....… Read More

Desember 2, 2022

7 Tempat Les Terbaik di Indonesia

Mengajar atau bimbingan belajar merupakan cara lain untuk meningkatkan mutu pendidikan karena belajar di sekolah… Read More

Desember 1, 2022

Arti Mikroskop dan Jenis-Jenisnya

Mikroskop merupakan alat yang dapat membantu melihat benda-benda kecil atau makhluk hidup mikro organisme yang… Read More

Desember 1, 2022

Pengertian Lensa dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Lensa merupakan salah satu alat yang dapat membantu kegiatan manusia, seperti lensa yang terdapat pada… Read More

November 30, 2022

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semeseter Genap

Bagi siswa kelas 8 yang akan menghadapi ujian semester genap, kamu harus mempersiapkan diri dengan… Read More

November 29, 2022

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022