Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Simak Yuk, 10 Jurusan MIPA Bergaji Besar di Indonesia

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang kini sedang dilematis memilih jurusan di perkuliahan nanti? Wajar kok gengs, hampir semua anak kelas 12 pasti pusing dan bingung banget untuk memilih jurusan kuliah.

Akan tetapi, kali ini penulis mau memberimu sedikit pencerahan tentang jurusan kuliah. Di bawah ini ada 10 jurusan MIPA bergaji besar khusus untuk kamu yang tertarik masuk SAINTEK.

Kalau ngomongin uang, pasti otak langsung lancar ya kan? So, tanpa menunggu lama lagi, yuk langsung simak ulasan di bawah ini guys!

Jurusan MIPA Bergaji Besar di Indonesia

1. Teknik Perminyakan

jurusan mipa bergaji besar
Oil rig silhouette over orange sky

Yap, jurusan MIPA bergaji besar yang pertama ialah teknik perminyakan. Jurusan satu ini mempelajari sekaligus mengeksplorasi berbagai sumber daya alam. Mulai dari gas alam, minyak bumi, sampai panas bumi akan menjadi objek pembelajaranmu guys.

Mata kuliah yang menjadi dasar dalam teknik perminyakan ialah fisika, kalkulus, geologi dasar, sampai petrofisika. Kebanyakan sih berkaitan erat dengan perhitungan fisika dan matematis gengs.

Oh iya, gaji di teknik perminyakan ini terbilang besar dan mapan kalau di Indonesia. Bisa sampai belasan maupun puluhan juta rupiah juga gengs. Namun, risikonya ialah jauh dari rumah karena umumnya kamu akan bekerja di laut lepas.

2. Kedokteran

Next, jurusan MIPA bergaji besar satu ini kelihatannya ga akan lekang oleh zaman nih. Mau pandemi atau ga pandemi, jurusan kedokteran disebut sebagai salah satu jurusan kuliah dengan gaji terbesar.

Akan tetapi, ada harga yang harus dibayar untuk gaji yang besar guys. Waktu pendidikan kedokteran sendiri berbeda dengan jurusan kuliah lainnya lho. Umumnya bisa sampai 7 tahun atau lebih.

Baca Juga:  10 Alasan Mengapa Jangan Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu

Untuk mata kuliah yang pasti dijumpai di jurusan kedokteran ialah biologi, khususnya tentang anatomi tubuh manusia, patologi, mikrobiologi, maupun ilmu bedah, dan masih banyak lagi gengs.

3. Teknik Sipil

jurusan mipa bergaji besar
engineer woman in yellow helmet

Kira-kira apa sih yang terbayang di benakmu ketika mendengar jurusan teknik sipil? Pasti segala sesuatu tentang gedung atau kegiatan membangun bukan? Eits, jurusan teknik sipil ga hanya bekerja untuk membangun gedung.

Di jurusan ini kamu juga bisa mengambil mata kuliah khusus untuk pembangunan jembatan, jalan, sampai infrastruktur lainnya gengs. Fokus utama jurusan ini ialah matematika rekayasa sampai fisika dasar.

Kamu juga akan belajar mengenai struktur bangunan atau jenis-jenis bahan material pembangunan guys. Indonesia sendiri sangat memerlukan lulusan teknik sipil untuk membantu pembangunan infrastruktur yang sedang marak-maraknya.

4. Farmasi

Yup, farmasi ga hanya termasuk sebagai salah satu jurusan MIPA bergaji besar aja, melainkan juga memiliki prospek yang akan pernah lekang oleh waktu guys. Beriringan dengan kedokteran, farmasi juga akan selalu dibutuhkan masyarakat nih.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari kimia organik, biokimia, patologi, sampai imunologi dari manusia lho. Terutama di saat pandemi ini, farmasi menjadi salah satu garda terdepan dalam menghadapi Covid-19.

Gaji dari lulusan farmasi juga ga main-main gengs. Ada dua kemungkinan, antara menjadi apoteker di rumah sakit atau menjadi pengusaha toko apotek di Indonesia. Bahkan kamu juga bisa bekerja di perusahaan obat lho.

5. Teknik informatika

jurusan mipa bergaji besar
Creative digital blue business interface on blurry background. Innovation and science concept. 3D Rendering

Masih berkaitan dengan pandemi yang tak kunjung selesai gengs, jurusan MIPA bergaji besar selanjutnya ialah teknik informatika. Jurusan satu ini memang sangat diperlukan apalagi saat e-commerce begitu marak di Indonesia.

By the way, dalam jurusan teknik informatika atau TI kamu akan mempelajari sistem operasi komputer, algoritma, kalkulus, metode pengembangan software, dan masih banyak lagi lho.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 2

Tentunya setiap perusahaan di Indonesia, khususnya e-commerce sangat memerlukan ahli TI untuk membantu mengawasi kinerja dari software yang dimiliki. Sehingga, gaji yang dimiliki lulusan TI bisa dibilang mapan dan lebih dari cukup gengs.

6. Teknik Penerbangan (Dirgantara)

Next, jurusan MIPA bergaji besar kali ini bisa dibilang cukup langka di Indonesia guys. Kabarnya, hanya ada satu universitas negeri yakni ITB yang membuka jurusan satu ini. Apalagi kalau bukan teknik penerbangan atau dirgantara!

Berbeda dengan pilot, di teknik penerbangan ini kamu secara khusus mempelajari berbagai mata kuliah matematis seperti fisika, matematika teknik, manufaktur, aerodinamika, dan masih banyak lagi yang ga lepas dari hitung-hitungan.

Teknik penerbangan ini masih langka banget di Indonesia. Meskipun begitu, peminatnya banyak banget gengs. Lulusan jurusan ini juga memiliki prospek cemerlang banget. Antara lanjut ke luar atau bekerja sebagai teknisi pesawat di Indonesia.

7. Teknik Elektro

jurusan mipa bergaji besar
Workers use clamp meter to measure the current of electrical wires produced from solar energy for confirm to normal current.

Masih bersinggungan dengan fakultas teknik, jurusan MIPA bergaji besar kali ini datang dari jurusan teknik elektro. Yap, penggunaan listrik menjadi salah satu hal wajib di zaman sekarang.

Sehingga, seorang lulusan teknik elektro sangat diperlukan oleh masyarakat sampai perusahaan yang ada di Indonesia. Prospek kerjanya pun luas guys. Mulai dari ahli kelistrikan, ahli robotika, dosen, sampai peneliti di LIPI.

Ada berbagai hal kompleks yang akan kamu pelajari di jurusan ini gengs. Yang jelas pastinya kelistrikan, kemudian sistem dan sinyal, termodinamika, sistem energi terbarukan, sampai instalasi listrik. Menarik banget untuk dipelajari!

8. Arsitektur

Jurusan satu ini termasuk salah satu yang populer di kalangan pelajar Indonesia. Di urutan ke-8, ada arsitektur sebagai jurusan MIPA bergaji besar berikutnya. Nah, arsitektur sendiri sangat diperlukan apalagi di negara berkembang seperti Indonesia.

Di dalamnya kamu akan mempelajari ilmu tata ruang, matematika khusus untuk arsitektur, gambar teknik, fisika bangunan, bahkan sampai psikologi maupun seni rupa guys. Yap, jurusan ini memang memiliki mata kuliah yang beragam.

Baca Juga:  Mau Masuk Jurusan Bahasa? Eits, Kamu Harus Tahu Nih 6 Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan Bahasa!

Gaji seorang arsitek sendiri terbilang besar guys. Kamu memang ga mendapatkan gaji bulanan seperti karyawan perkantoran pada umumnya, melainkan per-proyek yang bisa sampai puluhan juta dalam satu kali pembayaran.

9. Teknik Kimia

jurusan mipa bergaji besar
Shot of a focused young female scientist solving equations on a glass wall in a laboratory

Jurusan MIPA bergaji besar kali ini juga cukup terkenal di kalangan pelajar Indonesia guys. Ada jurusan teknik kimia yang mempelajari berbagai proses serta reaksi kimia dari berbagai bahan maupun produk komersil.

Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan mengupas tuntas semua materi dalam ilmu kimia. Mulai dari kimia dasar, kimia organik, berbagai reaksi kimia, sampai bioteknologi maupun biokimia gengs.

Untuk prospek pekerjaan sendiri terhitung luas dan banyak di Indonesia. Kamu bisa bekerja di industri kimia seperti kosmetik, pangan, sampai obat-obatan, menjadi seorang dosen, maupun peneliti yang melanjutkan pendidikan di luar negeri.

10. Teknik Industri

Jurusan yang terakhir yakni teknik industri. Kenapa sih teknik industri termasuk ke dalam jurusan MIPA bergaji besar?Pertama, jurusan ini sangat diperlukan di berbagai sektor kehidupan. Kedua, lulusan teknik industri umumnya memiliki jabatan yang cukup tinggi dalam sebuah perusahaan.

Nah, apa sih yang akan kamu pelajari di jurusan ini? Mulai dari fisika dasar, matematika, kimia, sampai manajemen, dan organisasi manusia akan kamu pelajari secara lengkap gengs di jurusan ini.

Nah, itu tadi 10 jurusan MIPA bergaji besar di Indonesia yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu untuk memilih jurusan di perkuliahan nanti guys.

Penulis harap, apapun jurusan yang kamu pilih nanti, semoga sesuai dengan passion yang kamu miliki ya. Perkuliahan sendiri sangat penting karena menjadi batu loncatanmu untuk mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

So, semangat ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …