Categories: JurusanKuliah

Ini Dia 8 Jurusan MIPA yang Sepi Peminat tetapi Peluang Kerja Besar! Yakin Ga Tertarik?

Share

Hai guys! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu sehat dan bersemangat dalam menjalani hari ya! Eh-eh, tau ga sih guys kalau ternyata fakultas SAINTEK ga hanya tentang kedokteran, teknik sipil, atau arsitektur aja lho! Ternyata ada banyak banget jurusan SAINTEK yang sepi peminat. Padahal jurusan tersebut memiliki peluang kerja yang besar di Indonesia.

So, karena itulah kali ini penulis akan memberitahumu beberapa jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar di Indonesia! Artikel satu ini cocok banget untuk kamu yang lagi dilematis abis buat milih jurusan kuliah nih! So, tanpa basa-basi lagi, yuk langsung cek ulasan di bawah ini gengs!

Jurusan MIPA yang Sepi Peminat, tetapi Peluang Kerja Besar

1. Oseanografi

Marine chief officer or captain on deck of vessel or ship watching laptop. Internet and home connection at sea.

Di urutan pertama ada jurusan oseanografi nih. Kamu udah pernah denger belum tentang jurusan ini? Yap, kebanyakan pelajar Indonesia memang masih asing dengan jurusan satu ini gengs.

Lanjut, sesuai namanya oseanografi maka jurusan ini ga jauh-jauh mempelajari segala sesuatu tentang laut. Namun, jurusan ini tergolong sebagai ilmu yang cukup kompleks. Didalamnya kamu akan belajar tentang berbagai peristiwa atau fenomena laut dan menghubungkannya dengan berbagai bidang kehidupan.

Mulai dari bencana alam, teknologi rekayasa, sampai mempelajari titik-titik yang mengandung mineral tinggi. Jurusan ini memiliki peluang kerja yang besar karena kelangkaan peminatnya di Indonesia guys.

Kamu bisa bekerja di BMKG, perusahaan pertambangan, sampai menjadi peneliti laut di LIPI. Ga hanya itu, prospek untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dari jurusan oseanografi juga sangat tinggi gengs.

2. Teknik nuklir

Jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar berikutnya ialah teknik nuklir. Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata nuklir? Kebanyakan tentu membayangkan soal ledakan, bom, maupun peristiwa Hiroshima Nagasaki bukan?

Akan tetapi gengs, di balik dampak negatif yang ditimbulkan nuklir ternyata ada sederet manfaat yang didapatkan juga. Hal inilah yang akan kamu pelajari dalam jurusan teknik nuklir.

Kamu akan mempelajari berbagai reaksi atom dengan berbagai jenis material, radiokimia, maupun dampak yang ditimbulkan dari nuklir sendiri. Yah, segala materi yang ‘fisika banget’ akan kamu temui di jurusan ini gengs.

Oh iya, prospek kerja lulusan teknik nuklir juga besar banget lho. Mulai dari dosen, bekerja sebagai ahli nuklir, peneliti BATAN, maupun kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti Jerman atau Rusia.

3. Teknik Planologi

modern generic contemporary style miniature model of glass buildings and streets with tilt-shift focus technique – focus is on the red car in the middle of the street

Planologi. Terdengar asing ya? Namun, nama lain dari jurusan planologi ialah teknik perencanaan wilayah dan kota. Hehehe, kalau begini jadi ga terlalu asing bukan? Jurusan ini memang sangat dibutuhkan apalagi di negara berkembang seperti Indonesia guys.

Sehingga wajar banget kalau planologi disebut sebagai salah satu jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar. Disini kamu akan belajar mengenai perencanaan pembangunan kota, pemetaan, struktur tanah, sampai tranportasi.

Walaupun terdengar cukup geografi, ternyata jurusan ini dipelajari dari sudut pandang teknik gengs. Sehingga, kamu akan mempelajari materi SOSHUM maupun SAINTEK secara bersamaan nih.

Prospek kerjanya gimana? Umumnya lulusan planologi akan bekerja di berbagai lembaga pemerintahan gengs. Beberapa di antaranya juga mejadi konsultan pembangunan maupun bekerja di perusahaan konstruksi.

4. Manajemen sumber daya perairan

Jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar berikutnya ialah manajemen sumber daya perairan. Terdengar sangat biologi ya gengs? Ternyata eh ternyata, kebanyakan mata kuliah yang kamu pelajari justru tentang kimia lho.

Lalu, belajar tentang apa aja sih di jurusan ini? Kamu akan mempelajari berbagai cara dan teknik pembudidayaan, penangkaran, sampai pemanenan ikan atau biota laut gengs. Ga hanya itu, karena belajar tentang manajemen juga maka kamu ga akan jauh-jauh mempelajari kegiatan produksi sampai distribusi biota laut juga.

Wuih, udah kaya anak ekonomi aja bukan? Nah, kalau prospek pekerjaannya gimana nih? Kebanyakan lulusan jurusan ini bekerja di Kementerian Kelautan, dinas provinsi, dan ga sedikit yang menjadi wirausaha karena memiliki pengalaman semasa kuliah.

5. Teknik desain manufaktur

Shanghai, China, China – January 12, 2016: On the assembly line of the Shanghai Volkswagen manufacturing workshop, the automated robotic arm is installing the Chinese-made Volkswagen sedan on the assembly line.

Apa tuh desain manufaktur? Hehehe, jurusan satu ini juga tergolong cukup jarang di Indonesia guys. So, teknik desain manufaktur ialah jurusan yang mempelajari teknik meningkatkan estetika produk melalui desain.

Walaupun terkesan mudah dan ‘estetika’ sekali, ternyata jurusan ini termasuk kategori MIPA gengs. Artinya kamu tetap mempelajari berbagai perhitungan matematis, fisika, dan kimia juga.

Prospek kerja lulusan teknik desain dan manufaktur ini tergolong tinggi lho. Umumnya ahli desain manufaktur dibutuhkan berbagai perusahaan pesawat, otomotif, sampai berbagai pabrik mesin dan material.

6. Teknik astronomi

Jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar kali ini juga termasuk langka di Indonesia gengs. Teknik astronomi. Pasti sudah ga asing lagi kan bagi sebagian dari kamu?

Yap, jurusan ini mempelajari disiplin ilmu yang lebih spesifik dari yang kamu temui di SMA gengs. Mulai dari objek alam semesta, kosmologi, sampai benda-benda langit yang semuanya ditinjau dari sudut pandang fisika.

Jurusan satu ini tergolong sebagai jurusan yang ‘fisika banget’ gengs. Kalau biasanya pelajaran fisika yang kamu pelajari di sekolah termasuk fisika klasik, maka fisika di jurusan astronomi lebih mengarah ke fisika modern.

Nah, prospek kerjanya sendiri gimana sih? To be honest ya guys, hampir kebanyakan lulusan teknik astronomi bekerja di LIPI, perusahaan pesawat terbang atau dirgantara, dan dosen sekaligus peneliti.

Kebanyakan memang melanjutkan pendidikan ke jenjang master atau profesor karena jurusan ini sering sekali mengadakan riset-riset. Salah satu tokoh yang mungkin kamu kenal ialah Stephen Hawking yang mempelajari kosmologi secara intensif gengs.

7. Fisioterapi

Modern rehabilitation physiotherapy man at work

Next, ada jurusan fisioterapi nih. Jurusan ini menggunakan ilmu biologi sebagai dasar dari pembelajarannya. Fisioterapi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari kerangka tubuh, otot, sendi, hingga tulang pada manusia.

Jurusan ini dekat banget dengan ilmu kedokteran gengs. Bisa kamu bayangkan bukan, kenapa fisioterapi termasuk kedalam jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar.

Tentunya karena ga banyak ahli tulang persendian yang ada di Indonesia gengs. Walaupun peluang kerja besar, fisioterapi juga memiliki berbagai risiko tinggi karena berhubungan dengan manusia sekaligus nyawa gengs.

8. Fisika murni

Terakhir, jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar ialah fisika murni. Berbeda dengan jurusan astronomi yang menggunakan teori fisika modern (tentang worm hole, black hole, kecepatan cahaya) maka fisika murni lebih berfokus pada fisika klasik (teori dasarnya Newton).

Jurusan satu ini tergolong sepi peminat karena mata kuliah yang cukup sulit untuk dipelajari pelajar pada umumnya. Hanya beberapa siswa yang memang memiliki passion di fisika yang masuk ke jurusan ini gengs.

Padahal prospek kerja lulusan fisika murni sangat besar lho. Umumnya mereka lebih diarahkan untuk menjadi peneliti atau dosen dalam kampusnya. Sehingga kebanyakan dari lulusan fisika murni melanjutkan pendidikan fisika di luar atau dalam negeri, kemudian menjadi peneliti di berbagai instansi.

Jurusan IPA yang Sepi Peminat, tetapi Peluang Kerja Besar

Nah, itu tadi beberapa jurusan MIPA yang sepi peminat tetapi peluang kerja besar. Apakah kamu tertarik dengan salah satu jurusan di atas gengs? Kalau iya, jangan lupa tulis jurusan impianmu di kolom komentar ya! Semoga kamu bisa masuk ke jurusan tersebut! Semangatt!

This post was last modified on Agustus 18, 2021 5:51 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi ini… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 1 Apresiasi Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya. Oh… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 16 Pementasan Teater Tradisional

Wah ga terasa ya guys, kita sudah sampai nih di penghujung pembelajaran seni budaya di… Read More

September 23, 2021

Cek Yuk, 5 Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bawah Ini

Halo! Bagi kamu yang saat ini sedang mencari buku panduan, buku tes, kisi-kisi, dan bingung… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat mengikuti pembelajaran baik melalui… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan semangat untuk… Read More

September 23, 2021