Categories: JurusanKuliah

Simak Yuk, 8 Jurusan MIPA yang Tidak Banyak Menghitung yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jurusan di Kuliah Guys!

Share

Halo guys! Apa kabarnya nih? Penulis berharap kamu selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya! Nah, kemarin penulis sempat dapet pertanyaan mengenai jurusan di SAINTEK yang memiliki mata kuliah hitungan paling sedikit. Hehehe, agak lucu sebenarnya guys karena dasar dari SAINTEK sendiri ialah perhitungan.

Akan tetapi, tenang aja! Kali ini penulis tetap akan membagikan beberapa jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung khusus untuk kamu. Mungkin kamu yang sudah terlanjur masuk MIPA dan tidak pindah jurusan di SOSHUM, maka beberapa referensi di bawah ini bisa jadi pertimbangan. So, tunggu apa? Buruan cek ulasan berikut ya gengs!

Jurusan MIPA yang Tidak Banyak Menghitung

1. Agribisnis

Tractor spraying pesticides on soybean field with sprayer at spring

Yap, agribisnis menjadi salah satu jurusan untuk kamu yang menghindari matematika, tetapi tetap ingin masuk jurusan SAINTEK. Jurusan agribisnis ini apa sih? So, agribisnis sering juga disebut sebagai jurusan sosial ekonomi pertanian.

Mendengar kata pertanian, pasti pekerjaan petani menjadi hal pertama yang terlintas di benakmu bukan? Eits, jangan salah sangka guys! Agribisnis justru mempelajari manajemenĀ  bisnis, tetapi khusus di bidang pertanian aja nih.

Nah, prospek kerjanya gimana dong? FYI guys, Indonesia sebagai negara agraria tentunya memerlukan bibit unggul untuk mengembangkan sekaligus memanajemen pertanian yang ada di Indonesia.

So, pasti ada banyak banget prospek menguntungkan untukmu guys. Gimana, sampai sini apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan satu ini? By the way, selain pertanian kamu juga akan belajar mengenai perkebunan dan sebagian tentang kehutanan guys.

2. Keselamatan dan kesehatan kerja

Next, jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung ini sering juga disebut sebagai K3. Kamu bakal belajar tentang apa sih? Tentunya di program studi ini kamu akan mempelajari berbagai risiko dan segala hal yang berpotensi membahayakan pekerja di tempat kerja atau proyek.

Kamu yang masih asing dengan jurusan satu ini wajib mengetahui bahwa keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 ini sangat dibutuhkan lho di Indonesia. Banyak perusahaan swasta sampai lembaga pemerintahan pusat dan daerah yang merekrut lulusan K3 untuk bekerja di bidang-bidang industri negara.

Kalau gitu, apa aja yang akan kamu pelajari? Mulai dari komunikasi di bidang kesehatan, manajemen keselamatan dan kesehatan, pengelolaan bencana, sampai epidemiologi juga gengs!

3. Keperawatan

Portrait of female nurse using tablet at hospital

Yap, keperawatan juga menjadi salah satu jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung. Buat kamu yang menyukai pelajaran biologi, tetapi kesulitan dalam mengerjakan fisika atau kimia maka jurusan keperawatan bisa menjadi salah satu pilihan kuliahmu guys.

Apalagi di tengah pandemi seperti ini, jurusan keperawatan memiliki peran yang sangat besar dalam memberantas virus Covid-19 di Indonesia. Selain itu, kamu ga perlu khawatir karena mata kuliah di keperawatan engga seberat jurusan kedokteran guys.

Keperawatan memadukan mata kuliah sains dan juga ilmu SOSHUM gengs. Kamu akan mempelajari ilmu biomedis, tetapi di sisi lain juga akan bertemu dengan mata kuliah antropologi kesehatan masyarakat.

Oh iya hampir aja ketinggalan, umumnya jurusan keperawatan menerima berbagai siswa lulusan SMK yang juga berasal dari ilmu keperawatan SMK. So, kamu yang masuk SMK dan ingin melanjutkan kuliah bisa banget mendaftar di jurusan ini.

4. Teknik lingkungan

Jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung berikutnya ialah teknik lingkungan. Dulu penulis sendiri ingin masuk ke jurusan satu ini gengs, salah satu alasannya tidak lain dan tak bukan karena menghindari ilmu matematika yang super rumit, hehehe.

Akan tetapi, faktanya karena jurusan teknik lingkungan tergabung dalam fakultas teknik maka perhitungan pun tidak akan jauh-jauh dibahas. Berita menariknya, di balik berbagai hitungan yang ada, teknik lingkungan memiliki mata kuliah matematika yang cukup sedikit dibanding jurusan di dalam fakultas teknik lainnya.

Ga hanya itu, pembelajarannya pun sangat menarik karena kamu akan sering terjun ke lapangan untuk melakukan penelitian sampai berpetualang ke tempat-tempat hijau guys. So, gimana? Apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan satu ini gengs?

5. Budidaya perairan

Man feeding the trouts swimming in a pool in a trout farm at Bussi, in Abruzzo. Other images in:

Yup, budidaya perairan atau akuakultur menjadi salah satu jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung. Kamu mungkin masih asing dengan istilah akuakultur atau budidaya perairan bukan?

Nah, jurusan ini akan mempelajari apa sih? So, secara sederhana akuakultur adalah jurusan yang mempelajari mengenai budidaya dan segala kegiatan yang berkaitan tentang penangkaran sampai perkembangbiakkan ikan.

Selain ikan, kamu juga akan diajari berbagai cara untuk membudidayakan udang, kepiting, rumput laut, dan berbagai biota laut yang kamu jumpai dalam seafood itu guys hehehe.

Oh iya, penulis juga menyinggung mengenai perkembangbiakkan juga bukan? Selain perkembangbiakkan, kamu juga diharuskan melakukan inovasi dalam budidaya ikan. Seperti memasuki berbagai unsur teknologi untuk mempermudah proses budidaya guys.

By the way, akuakultur memiliki prospek super besar lho guys! Ingat, selain terkenal sebagai negara agraris, Indonesia juga disebut sebagai negara maritim lho!

6. Kehutanan

Siapa nih bercita-cita masuk jurusan kehutanan? Yap, jurusan satu ini termasuk sebagai salah satu jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung guys. Ga kalah menarik dari jurusan teknik lingkungan, jurusan kehutanan juga akan mempelajari mengenai ekologi guys.

Kamu akan menjumpai berbagai mata kuliah mengenai teknologi pengembangan untuk hutan, ilmu tanah, manajemen kehutanan, bahkan hukum mengenai kehutanan juga guys. Jurusan ini menarik banget apalagi untuk kamu pecinta alam.

Prospek kerja yang kamu dapatkan pun super luas guys. Biasanya lulusan kehutanan akan bekerja di lembaga pemerintahan seperti Kementerian Kehutanan maupun organisasi non-profit seperti Greenpeace juga!

7. Peternakan

Side view portrait of cute female veterinarian caring for cows sitting down in sunlit barn, copy space

Jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung berikutnya ialah jurusan peternakan. Eits, jangan salah sangka mengenai jurusan satu ini! Kamu yang berpikir bahwa jurusan ini hanya mengurus hewan dan memberi makan saja, maka kamu salah besar!

Jurusan ini juga berfokus mengenai pengembangan teknologi untuk hewan guys. By the way, penulis menyarankan jurusan ini untuk kamu yang memiliki kemampuan biologi di atas rata-rata guys.

Kenapa? Karena hampir Ā¾ mata kuliah di jurusan peternakan mengenai hewan atau sering disebut sebagai zoologi. Namun, tenang aja! Kamu juga akan menjumpai beberapa mata kuliah ilmu sosial yakni manajemen khusus di bidang peternakan guys.

8. Ilmu tanah

Last, jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung ialah ilmu tanah. Ilmu tanah ini belajar tentang apa sih? So, begini ilmu tanah atau yang akrab disebut sebagai manajemen sumberdaya lahan ialah jurusan yang erat kaitannya dengan ilmu kebumian guys.

Kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah tentang pembangunan berkelanjutan di berbagai jenis lahan (untuk hutan, kebun, sawit, sampai pertambangan). Ga hanya itu, kamu juga akan bertemu berbagai materi tentang ekologi sampai geologi guys.

Jurusan satu ini memang cukup erat dengan berbagai ilmu SOSHUM yakni geografi dan geologi guys. Namun, karena berada di ranah SAINTEK maka ilmu tanah tetap memiliki mata kuliah perhitungan walau tidak banyak.

Nah, itu tadi guys beberapa jurusan MIPA yang tidak banyak menghitung khusus untuk kamu yang ingin tetap lanjut ke jurusan SAINTEK di perkuliahan.

Penulis harap, meskipun kamu tetap ingin lanjut di jurusan MIPA, tetapi ingat SAINTEK tidak akan jauh-jauh dari perhitungan juga guys! So, yuk lebih cermat memilih jurusan yang sesuai dengan passionmu ya!

This post was last modified on Juli 20, 2021 10:43 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 15 Merancang Pementasan Tari

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam… Read More

September 22, 2021

Persiapan UTBK dengan 6 Fasilitas Terbaik dari Brain Academy! Yuk, Gabung Sekarang

Ga terasa nih, tahun 2021 akan segera usai. Itu tandanya waktu mempersiapkan UTBK sudah semakin… Read More

September 22, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 14 Kritik Seni Tari

Kalau di bab sebelumnya kita telah mengupas tuntas berbagai peragaan tari, maka kali ini kita… Read More

September 21, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 13 Meragakan Gerak Tari Tradisional

Hai semuanya! Apa kabarmu nih? Semoga kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat mengikuti pembelajaran… Read More

September 21, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 12 Kritik Musik

Halo teman-teman! Apa kabar? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat mengikuti pembelajaran… Read More

September 21, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 11 Pertunjukkan Seni Musik

Halo teman-teman semua! Apakah kamu pernah melihat konser musik? Yap, konser merupakan salah satu pertunjukkan… Read More

September 21, 2021