Ini Dia Info Lengkap Jurusan Sastra Jerman Beserta 5 Peluang Karir Paling Menguntungkan

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya untuk mengikuti berbagai aktivitas maupun kegiatan belajar-mengajar di sekolah? Yap, kali ini penulis ingin membagikan beberapa informasi khusus untuk kamu yang masih dilematis dalam memilih jurusan kuliah.

Kali ini penulis ingin membagikan informasi mengenai jurusan sastra jerman yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian dari kamu. Eits, jangan salah guys, ada banyak prospek pekerjaan juga lho dari jurusan ini.

Nah, penasaran akan belajar apa di jurusan sastra Jerman ini atau prospek kerjanya apa aja sih di Indonesia? Tanpa menunggu lama lagi, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Kenalan Dulu Yuk dengan Jurusan Sastra Jerman

jurusan sastra jerman

Sebelum mengetahui lebih lanjut berbagai hal mengenai jurusan sastra Jerman, ada baiknya kamu berkenalan dulu guys dengan apa sih Sastra Jerman ini? Yap, mirip dengan jurusan sastra Inggris, sastra Jerman juga mempelajari berbagai bidang kebahasaan Jerman hingga kebudayaan yang berkembang di negara tersebut.

Sastra Jerman mungkin terdengar asing di sebagian besar pelajar Indonesia karena mayoritas SMA tidak mengajarkannya dalam mata pelajaran umum. Namun, bahasa Jerman sendiri memiliki prospek kerja yang tinggi khususnya dalam masalah diplomasi antara Jerman-Indonesia guys. Terlebih kamu akan mempelajari berbagai kebudayaan hingga sejarahnya.

Selain itu, dengan mempelajari Bahasa Jerman maka secara tidak langsung kamu memiliki prospek yang besar untuk bekerja di negara tersebut. Tahukah kamu, kalau Jerman termasuk sebagai salah satu negara Eropa yang memiliki sistem ekonomi dan politik paling berpengaruh?

Baca Juga:  Mau Masuk Ilmu Gizi? Ini Mata Kuliah Ilmu Gizi IPB!

So, penulis rasa, apabila kamu memang tertarik dengan Bahasa Jerman dan ingin mendalaminya dengan masuk ke jurusan sastra Jerman, maka prospek kerja yang kamu miliki di masa depan pun akan luas bahkan sampai benua Eropa.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Jerman

jurusan sastra jerman

1. Bahasa Jerman

Mata kuliah pertama yang akan kamu temui di jurusan sastra Jerman tentu adalah Bahasa Jerman. Penulis rasa menjadi sebuah keharusan apabila kamu masuk ke jurusan sastra untuk menguasai bahasa yang kamu pelajari guys.

Bahasa Jerman sendiri memang tidak umum di Indonesia dan terdengar sulit pada awalnya. Namun, kalau kamu rajin mempraktekkan maupun mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, tentu bukan tidak mungkin kamu menjadi fasih dalam bahasa ini.

2. Tata Bahasa Jerman

Dalam jurusan sastra, umumnya kamu akan mempelajari tata bahasa dari bahasa yang kamu pelajari. Mulai dari morfologi, sintaksis, fonetik, hingga fonologi menjadi istilah yang tidak lagi asing bagimu apabila memasuki jurusan sastra.

Sama dengan jurusan sastra Jerman, di sini kamu akan mempelajari berbagai susunan dan pola kalimat Jerman yang cukup berbeda dengan Bahasa Indonesia. Ditambah lagi kamu memerlukan banyak perbendaharaan kata agar bisa menyusun kalimat dengan lebih leluasa lagi guys.

3. Sastra dan Filsafat Jerman

Selain pola kalimat maupun Bahasa Jerman yang menjadi hal paling dasar dalam jurusan ini, kamu tentu akan belajar mengenai perkembangan sastra hingga filsafat Jerman guys. FYI, Jerman sendiri termasuk negara yang memiliki perkembangan sastra dan filsafat yang maju di wilayah Eropa.

Jadi, penulis sarankan untuk mulai menyicil berbagai bacaan dari penulis atau filsuf Jerman ya guys. Setidaknya hal ini akan menambah pengetahuanmu terhadap dunia sastra maupun gaya bahasa yang cukup berbeda dengan negara Eropa lain seperti Inggris atau Perancis.

Baca Juga:  Ini Dia 8 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Tinggi di Indonesia

4. Kebudayaan Jerman

Last but not least, sebagai mahasiswa jurusan sastra Jerman, kamu juga akan mempelajari perkembangan kebudayaan Jerman guys. Sedikit banyak memang akan bersinggungan dengan politik yang turut mempengaruhi perkembangan budaya. Namun, sangat menarik untuk dipelajari kok guys.

Universitas dengan Jurusan Sastra Jerman Terbaik

jurusan sastra jerman
  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Padjajaran
  3. Universitas Surabaya
  4. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Yapari
  5. Universitas Sam Ratulangi

Prospek Kerja Lulusan Sastra Jerman

jurusan sastra jerman

1. Editor

Masuk ke dalam jurusan sastra Jerman, kamu memiliki peluang kerja untuk menjadi seorang editor. Seperti yang sudah penulis singgung di atas mengenai mata kuliah yang kebanyakan mempelajari tata bahasa dan kebudayaan, maka kamu yang tertarik berkecimpung ke dalam dunia literasi bisa bekerja sebagai editor.

Tak hanya itu, ada banyak jenis editor di dunia ini guys. Mulai dari editor untuk buku, artikel atau opini, majalah, hingga editor dokumenter. Apalagi kamu pandai berbahasa Jerman, maka besar kemungkinan kamu bekerja di industri massa milik Jerman guys.

2. Jurnalis atau Penulis

Apakah kamu salah satu orang yang senang menulis? Yap, kalau kamu menyukai kegiatan tulis-menulis sekaligus menguasai Bahasa Jerman maka kamu bisa menjadi seorang jurnalis internasional guys. Kamu bisa bekerja di media massa Indonesia maupun media massa Jerman seperti DW.

Selain itu, sebagai seorang mahasiswa jurusan sastra Jerman, kamu tentu sedikit-banyak membaca karya sastra Jerman. Hal ini bisa menjadi pemantikmu untuk berkembang sebagai seorang penulis. Tidak harus penulis berbahasa Jerman, tetapi kamu memiliki akses untuk membaca karya sastra Jerman yang ga kalah keren dan menarik!

3. Penerjemah

Sebagai mahasiswa jurusan sastra Jerman, tentu kamu diwajibkan menguasasi Bahasa Jerman itu sendiri guys. Dikarenakan bahasa Jerman termasuk bahasa yang cukup sulit dan tidak umum di Indonesia, sedangkan ada banyak literatur Jerman yang keren, maka kamu bisa mengambil peluang untuk bekerja sebagai penerjemah.

Baca Juga:  9 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

Tidak hanya di bidang literasi saja guys, kamu juga bisa bekerja sebagai penerjemah di kantor-kantor pemerintahan hingga kedutaan. Bahkan kamu bisa bekerja sebagai seorang dosen sekaligus penerjemah, apabila memang menyukai kegiatan membaca.

4. Staff Kedutaan

Salah satu peluang karir yang bisa kamu pilih sebagai lulusan sastra Jerman ialah menjadi staff kedutaan. Di awal artikel sendiri penulis bercerita kalau Bahasa Jerman masih jarang diminati oleh mayoritas pelajar Indonesia.

Hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk mengambil pekerjaan yang menguntungkan seperti bekerja di kedutaan Indonesia untuk Jerman. Sebagai staff kedutaan, ada banyak hal yang bisa kamu kerjakan seperti mengurus masalah imigrasi, pariwisata, hingga mengawasi lembaga-lembaga internasional yang bekerja sama.

5. Tour Guide

Prospek kerja lulusan sastra Jerman yang terakhir ialah menjadi seorang tour guide. Kalau kamu senang bertemu dengan turis asing, sekaligus menjelajahi tempat-tempat wisata, maka pilihan menjadi seorang tour guide bisa kamu ambil sebagai pekerjaan di masa depan.

Apalagi Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak keindahan alam, ditambah dengan era new normal yang mulai membuka kembali sektor pariwisata. Peluang karir sebagai tour guide, tentu sangat menguntungkan untuk kamu guys.

Yap, itu tadi beberapa informasi mengenai jurusan sastra Jerman. Sejauh ini kira-kira kamu tertarik ga nih guys? Penulis hanya sarankan untuk masuk ke jurusan yang sesuai dengan passion dan minatmu guys.

Percaya deh, kalau kamu melakukan pekerjaan sesuai minat dengan maksimal, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan kok. So, jangan pernah menyerah dan tetap semangat! Kamu pasti bisa guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

9 Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert Paling Menjanjikan Sesuai Tes MBTI

Bagi kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA atau awal perkuliahan, pasti sedikit banyak …