Categories: JurusanKuliah

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Rupa Murni Beserta 4 Prospek Kerja yang Paling Menjanjikan

Share

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga kamu dalam keadaan sehat dan tetap bahagia di manapun kalian berada ya. Rasanya musim pembukaan mahasiswa baru telah berlalu, tetapi menjadi awal yang baru juga bagi kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA. 

Pada kesempatan kali ini, penulis hendak membagikan beberapa info jurusan seni rupa yang menarik banget untuk dikupas guys. Kamu yang tertarik di bidang seni, mungkin menggambar atau membuat kriya bisa banget kepoin jurusan satu ini ya. Siapa tahu kamu tertarik guys!

So, tanpa menunggu lama lagi, penulis akan mengulas tuntas jurusan seni rupa mulai dari mata kuliah hingga prospek pekerjaannya guys. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Kenalan Dulu dengan Jurusan Seni Rupa Murni

Jurusan satu ini sangat cocok untukmu yang memiliki kreativitas tinggi dan tertarik untuk mendalami seni lebih dalam. Di jurusan seni rupa, kamu akan berfokus mengenai pembuatan suatu karya seni hingga pengkajian karya tersebut. Umumnya, fokus dalam seni rupa murni adalah seni lukis dan seni patung guys. 

Di jurusan ini, kamu ga hanya melakukan praktek pembuatan seni lukis atau seni patung aja melainkan juga mempelajari berbagai teori seni seperti sejarahnya, pandangan sosiologis suatu karya seni, hingga kritik terhadap seni rupa. 

Oh iya, seiring dengan perkembangan jaman, seni rupa murni tidak hanya terbatas pada medium seperti kanvas atau tanah liat saja guys, melainkan juga keramik hingga kayu. Bahkan kini juga telah dikembangkan desain visual atau penggunaan teknologi dalam pembuatan seni rupa murni atau fine arts ini. Intinya, jurusan ini sangat cocok untukmu yang tertarik dalam mengembangkan kreativitas seni lebih mendalam!

Mata Kuliah di Jurusan Seni Rupa Murni

1. Seni Rupa 2D dan 3D

Mata kuliah di jurusan seni rupa yang pertama tentunya adalah pengenalan mengenai seni rupa itu sendiri. Berdasarkan wujudnya, seni rupa dibedakan menjadi dua jenis yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. 

Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan yaitu berdasarkan ukuran yang berkaitan dengan panjang dan lebar serta sudut pandang dalam melihat seni rupa tersebut. Apabila seni rupa dua dimensi dapat dilihat dengan cantik dari depan, maka seni rupa tiga dimensi dapat dilihat dengan cantik dari segala arah karena kompleksitas ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau volume. 

Yap, kira-kira itulah penjelasan singkat dari seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi yang akan kamu pelajari secara lebih mendalam di dalam jurusan seni rupa murni guys. Kamu juga akan mempelajari berbagai contoh karya seni rupa tersebut, seperti kaligrafi, logo, fotografi, hingga seni patung atau keramik. 

2. Sejarah Seni Rupa dan Kebudayaan

Next, di dalam jurusan seni rupa murni kamu juga akan mempelajari mengenai sejarah seni rupa. Selain praktek di studio, sebagai mahasiswa seni kamu juga wajib menilik bagaimana perkembangan seni khususnya seni rupa murni dalam sejarah dunia maupun sejarah di Indonesia. 

Tak hanya berkutat mengenai sejarah seni rupa, di dalam jurusan ini kamu juga akan mempelajari mengenai kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa. Bagaimana kebudayaan yang dipengaruhi oleh keadaan sosial juga memiliki pengaruh terhadap perkembangan seni rupa di suatu negara. Yap, menjadi salah satu mata kuliah menarik!

3. Estetika

Ga kalah penting dan menarik dari berbagai mata kuliah di atas, yakni estetika. Kata estetika sendiri kini tidak asing kamu dengar karena ada banyak generasi muda yang menggunakan kata ini sebagai simbol untuk mengungkapkan keindahan, bahasa gaulnya tuh ‘estetik’ gitu ya guys?

Eits, jangan salah lho, ternyata estetika sendiri merupakan sebuah cabang filsafat yang mempelajari mengenai keindahan dan tanggapan manusia terhadap keindahan tersebut guys. Nah, di sinilah kamu akan belajar mengenai estetika atau bagaimana keindahan dipandang dalam sebuah karya seni. 

Ternyata estetika di tiap negara memiliki pengertian dan arti yang berbeda-beda guys. Terdapat estetika khas timur, estetika khas barat, maupun estetika khas Indonesia sendiri yang berbeda dan memiliki ciri khasnya satu sama lain. 

4. Kritik Seni Rupa

Berikutnya adalah kritik terhadap seni rupa. Di jurusan ini, kamu tidak hanya mempelajari mengenai proses pembuatan karya seni rupa, melainkan juga kritik terhadap karya seni rupa tersebut guys. Kritik sendiri memiliki banyak manfaat terhadap seni rupa yang kamu hasilkan guys.

Salah satunya adalah mampu meningkatkan kemampuanmu karena terhadap masukan terhadap karya seni yang kamu hasilkan. Masukan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk lebih mengembangkan kemampuanmu dalam membuat karya seni rupa. 

5. Fotografi

Last but not least, di dalam jurusan seni rupa ini kamu akan mempelajari perihal fotografi juga lho guys. Eits, ternyata ada banyak unsur atau komponen yang perlu diperhatikan dalam sebuah foto. Mulai dari objek gambar, saturasi warna, hingga pencahayaan. 

Keseluruhan komponen ini harus dipadukan menjadi satu-kesatuan hingga menciptakan sebuah foto yang menarik dan epik. Bahkan dari sebuah foto saja terdapat cerita atau kisah yang bisa diangkat lho guys. Hal ini yang membuat fotografi menjadi sebuah mata kuliah yang akan kamu dapatkan jika masuk jurusan seni rupa murni. 

Kampus dengan Jurusan Seni Rupa Terbaik

  1. Institut Kesenian Jakarta
  2. Institut Seni Yogyakarta
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Institut Seni Surakarta
  5. Institut Seni Denpasar
  6. Universitas Indonesia
  7. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  8. Telkom University
  9. Universitas Brawijaya
  10. Universitas Sebelas Maret

Prospek Kerja Jurusan Seni Rupa

1. Seniman

Prospek kerja jurusan seni rupa yang pertama tentunya menjadi seorang seniman. Yap, seniman yang termasuk ke dalam pelukis hingga pemahat sendiri menjadi sebuah impian pekerjaan bagi sebagian besar mahasiswa yang masuk ke jurusan seni rupa. 

Kamu jangan salah guys, ternyata seniman sendiri menjadi salah satu prospek yang sangat menjanjikan di masa kini lho. Salah satu tempat yang sangat berpeluang untukmu meningkatkan kemampuan sekaligus bekerja menjadi seorang seniman adalah Yogyakarta atau Bali.

Yap, penulis sangat merekomendasikanmu kedua tempat ini apabila kamu sungguh-sungguh ingin memilih profesi sebagai seorang seniman. 

2. Illustrator

Next, selain menjadi seorang seniman kamu yang kini lebih tertarik untuk mendalami seni dengan memadukan teknologi juga bisa memilih pekerjaan menjadi seorang ilustrator atau akrab disapa dengan ilust. 

Pekerjaan satu ini bisa menjadi pilihan untukmu karena ada banyak start-up yang membutuhkan ilust dalam mengembangkan perusahaan atau menjadi salah satu metode marketing yang mereka gunakan. 

3. Desainer Produk dan Furnitur

Prospek kerja jurusan seni rupa berikutnya adalah menjadi seorang desainer produk dan furnitur. Yap, kalau kamu senang mendesain barang-barang seperti meja dan kursi maupun berbagai barang furnitur lainnya. 

Berhubung sebagai seorang anak seni kamu juga senang berkreasi, maka kamu bisa melakukan modifikasi atau variasi dalam membuat desain sebuah produk menjadi lebih estetik atau mungkin praktis daripada sebelumnya. 

Selain itu, kini ada banyak perusahaan yang membutuhkan desainer dengan kreativitas yang tinggi dan mampu fleksibel terhadap berbagai produk yang hendak dihasilkan. Nah, apakah kamu tertarik menjadi seorang desainer produk atau furnitur guys?

4. Dosen

Prospek kerja jurusan seni rupa yang terakhir adalah dosen. Untuk kamu yang senang mempelajari teori dan haus akan ilmu pengetahuan, maka pekerjaan menjadi dosen akan sangat menguntungkanmu di masa depan. 

Sebetulnya, selain menjadi seorang dosen kamu juga bisa bekerja sampingan menjadi seorang pelukis, pemahat, atau bahkan penulis lho guys. Berhubung pekerjaan sebagai dosen juga memerlukan pemahaman lapangan secara langsung, sekaligus penelitian mendalam terhadap objek yang menjadi konsentrasimu. 

Nah, di atas adalah beberapa info jurusan seni rupa yang menarik banget untuk kamu dalami khususnya yang memang tertarik mengenai jurusan seni. Untuk kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini, maka jangan lupa untuk tetap belajar dan semangat agar bisa diterima di kampus impian. Semangat semua:)

This post was last modified on Oktober 16, 2022 1:33 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Prediksi Soal UN SMP Tahun

1. Perhatikan gambar alat ukur berikut! Waktu yang ditunjukkan pada stop watch tersebut adalah ....… Read More

Desember 2, 2022

7 Tempat Les Terbaik di Indonesia

Mengajar atau bimbingan belajar merupakan cara lain untuk meningkatkan mutu pendidikan karena belajar di sekolah… Read More

Desember 1, 2022

Arti Mikroskop dan Jenis-Jenisnya

Mikroskop merupakan alat yang dapat membantu melihat benda-benda kecil atau makhluk hidup mikro organisme yang… Read More

Desember 1, 2022

Pengertian Lensa dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Lensa merupakan salah satu alat yang dapat membantu kegiatan manusia, seperti lensa yang terdapat pada… Read More

November 30, 2022

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semeseter Genap

Bagi siswa kelas 8 yang akan menghadapi ujian semester genap, kamu harus mempersiapkan diri dengan… Read More

November 29, 2022

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022