Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni peran di berbagai balai kesenian kota kamu? Yap, seni teater menjadi salah satu karya seni yang semakin hari kian langka digandrungi generasi muda Indonesia. Padahal kesenian ini sangat menarik dan wajib banget dilestarikan. 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan beberapa info jurusan seni teater beserta berbagai prospek pekerjaan yang bisa kamu lakukan apabila memilih jurusan satu ini. Siapa tahu di antara kamu ada yang tertarik untuk masuk ke jurusan satu ini. So, yuk simak ulasannya di bawah ini guys!

Kenalan Dulu dengan Jurusan Seni Teater

jurusan seni teater

Sebelum masuk ke berbagai prospek kerja yang bisa menjadi pilihanmu setelah lulus sebagai sarjana dari jurusan seni teater, maka kamu harus mengenal terlebih dahulu program studi satu ini. Jurusan seni teater merupakan salah satu program studi seni yang mempelajari pertunjukkan, musikal, dan seni klasik seperti akting, menari, menyanyi, hingga tata kostum atau tata rias wajah.

Oh iya, jangan salah sangka ya, kalau kamu bergabung ke jurusan seni teater bukan berarti kamu harus menjadi seorang aktris esok hari. Kamu bisa memilih konsentrasi sebagai penata artistik, penata rias, sutradara, hingga penulis naskah drama teater guys. Namun, apabila kamu tertarik menjadi seorang aktris atau pemain drama maka jurusan seni teater menjadi langkah yang tepat.

Penulis juga ingin menyarakan, bahwa masih ada banyak stigma yang kurang tepat mengenai jurusan satu ini guys. Namun, percaya deh kalau kamu melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan maka hasil yang didapatkan tidak akan sia-sia kok guys. 

Baca Juga:  Info Jurusan Akuakultur Untuk Kamu Pecinta Ikan! Ops, Ada 4 Prospek Paling Menguntungkan di Jurusan ini!

Apa Saja Sih yang Akan Kamu Pelajari?

1. Teknik Seni Peran

Hal paling utama yang akan kampu pelajari di jurusan seni teater ialah Teknik seni peran. Yap, teater sendiri memiliki hubungan yang erat dengan seni peran sehingga hal pertama yang akan kamu pelajari ialah Teknik seni peran. 

Eits, jangan salah guys, ternyata bermain peran tidaklah semudah kelihatannya guys. Terdapat beberapa Teknik dalam ekspresi, intonasi, hingga yang paling sulit adalah pendalaman sebuah karakter yang membutuhkan Latihan dan pengalaman. 

2. Penulisan Naskah

Mata kuliah lain yang akan kamu temui di jurusan seni teater adalah penulisan naskah. Yap, salah satu unsur paling penting dalam sebuah teater atau drama adalah naskah. Naskah yang menarik akan menciptakan sebuah pagelaran drama atau teater yang juga menarik guys. Jadi, penting untuk membuat sebuah naskah yang menarik. 

Di dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari dasar-dasar menulis sebuah naskah dan eksplorasi tema atau ide yang bisa membentuk sebuah drama atau teater menarik. Dalam segi penulisan naskah, penulis merekomendasikan Putu Wijaya sebagai seorang penulis naskah drama yang menarik dan cukup terkenal asal Indonesia. 

3. Tata Artistik

Di luar naskah, sebagai seseorang yang belajar di jurusan seni teater maka secara tidak langsung kamu akan mempelajari bagaimana tata artistik yang baik dan benar. Tanpa kamu sadari, tata artistik sendiri sangat penting untuk dipelajari lho. 

Mulai dari pengolahan warna, sudut pencahayaan, hingga bagaimana musik yang digunakan dalam suatu pagelaran teater akan turut membantu terbentuknya suasana yang hendak digambarkan dalam sebuah naskah, sehingga engga sembarangan dalam menentukan sudut pencahayaan hingga blocking ya guys. 

4. Desain Musik

Yap, dalam poin ke-3, penulis sendiri sudah menyinggung bagaimana tata artistic yang penting dalam mencapai penggambaran dalam sebuah naskah drama. Di dalam tata artistic sendiri terdapat unsur music yang juga ga kalah penting guys. Dengan musik yang tepat, maka suasana atau ambience suatu naskah dapat terbangun. 

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 10 Jurusan Kuliah untuk Anak Jurusan Bahasa! Siapa Tahu Ada yang Cocok Denganmu!

Oleh karena itu, di dalam jurusan seni teater, kamu juga akan mempelajari bagaimana desain musik yang menarik dan tepat. Mulai dari musik pembuka, musik untuk menekankan beberapa adegan yang dirasa penting, hingga klimaks dalam sebuah cerita yang dibawakan guys. 

Prospek Kerja Jurusan Seni Teater

jurusan seni teater

1. Penulis Naskah Drama

Prospek kerja menjadi salah satu aspek yang paling dipertimbangkan dalam memilih program studi. Nah, untuk prospek kerja jurusan seni teater yang pertama adalah penulis naskah drama. Di dalam mata kuliah program studi ini, kamu akan secara khusus mempelajari bagaimana menulis sebuah naskah drama yang baik dan benar. 

Oleh karena itu, bekerja sebagai seorang penulis naskah drama dapat menjadi salah satu pilihanmu ketika lulus dari jurusan ini. Jangan salah guys, penulis naskah drama sendiri menjadi salah satu pekerjaan yang cukup bergengsi di kalangan kepenulisan karena tidak semua penulis mampu secara tepat menulis naskah drama yang baik dan menarik. 

2. Sutradara dan Produser

Next, selain menjadi seorang penulis naskah drama, kamu juga bisa menjadi seorang sutradara atau produser lho. Ternyata ga hanya ank DKV aja yang bisa menjadi sutradara atau produser, kamu sebagai lulusan seni teater yang mempelajari tata artistik maupun desain musik juga bisa menjadi seorang sutradara atau produser guys. 

3. Jurnalis

Apakah kamu seseorang yang senang menulis? Yap, selain menjadi seorang penulis naskah drama, kamu juga bisa kok menjadi seorang jurnalis khususnya jurnalis yang bergerak di bidang seni untuk meliput berbagai kegiatan maupun perkembangan kesenian yang ada di Indonesia guys. 

Eits, jangan memandang sebelah mata dahulu guys, jurnalis seni menjadi salah satu prospek kerja yang menarik lho. Hampir di seluruh koran nasional maupun indie pasti menyediakan rubrik mengenai kesenian guys, jadi jangan khawatir kalau tulisanmu akan sepi atau tidak ada yang membaca ya guys. 

Baca Juga:  Ini Dia 8 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta yang Harus Diketahui Siswa Kelas 3 SMA!

4. Penata Rias atau Make Up Artist

Yap, sebuah teater atau drama yang epic juga ga terlepas dari adanya make up artist yang keren untuk memperkuat keberadaan tokoh di dalam pagelaran tersebut guys. Tokoh yang dibuat pun terkadang tidak sesuai umur atau penampilan kita di luar cerita bukan? 

Dengan demikian, diperlukan efek pada wajah maupun rambut agar menciptakan tokoh sesuai dengan cerita yang dibuat dalam naskah. Inilah yang akan dilakukan oleh seorang penata rias atau akrab disapa make-up artist. Pekerjaan satu ini sendiri kini kian marak digandrungi oleh muda-mudi Indonesia karena fleksibilitasnya guys. 

5. Creative Director

Prospek pekerjaan yang terakhir dari jurusan seni teater adalah creative director. Eits, ternyata dalam sebuah film hingga pagelaran drama terdapat seseorang yang mengatur seluruh kegiatan creative lho, pekerjaan tersebut dinamakan sebagai creative director. 

Tugas dari seorang creative director adalah merancang properti, hingga tata artistik dari suatu penampilan maupun film guys. Tata artistik sendiri menjadi sebuah mata kuliah yang akan kamu temui dalam jurusan senit eater. 

Nah, di atas adalah beberapa info jurusan seni teater yang wajib kamu ketahui sebelum masuk ke jurusan satu ini. Mungkin saja ada di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke jurusan yang super seru dan menyenangkan ini. 

Selain jurusannya yang menyenangkan, dengan bergabung ke dalam jurusan seni teater maka secara tidak langsung kamu turut melestarikan kesenian yang perlahan mulai tergerus zaman ini. So, buat kamu yang tertarik, semangat untuk sekolah dan melestarikan kekayaan negeri ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

9 Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert Paling Menjanjikan Sesuai Tes MBTI

Bagi kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA atau awal perkuliahan, pasti sedikit banyak …