Categories: Kuliah

10 Jurusan Untuk Anak Ekstrovert! Apakah Kamu Tetarik?

Share

Jurusan Untuk Anak Ekstrovert – Hola guys! Kamu tentunya ga asing dong dengan istilah introvert dan ekstrovert? Banyak nih dari kamu yang seringkali ngaku kalau introvert atau justru sebaliknya? Kira-kira kamu beneran tau ga asih apa arti introvert dan ekstrovert? Oke, tentunya aku mau bahas hal itu di bawah ya guys.

Berhubung ngomongin ekstrovert dan introvert, tentu identik juga dengan sikap, tingkah laku, sampai jurusan. Kira-kira jurusan apa aja ya yang cocok dengan anak introvert? Atau jurusan apa sih yang cocok sama ekstrovert? Oke, buat kamu yang udah penasaran langsung aja simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Mengenal Lebih Dalam Tentang Ekstrovert

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Oke, di artikel kali ini aku mau kenalin ke kamu tentang apa itu ekstrovert? Apakah anak esktrovert itu gabisa diem semua? Hobi bicara semua? Jadi guys, ekstrovert memang lebih cenderung mudah untuk membuka diri, senang beraktivitas dengan banyak orang, dan pastinya hobi atau aktif untuk berbicara juga.

Ekstrovert bisa disebut sebagai orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi. Tipe-tipe orang esktrovert tentunya senang dan hobi buat bergaul guys. Namun, seringkali nih anak-anak esktrovert mengalami kesalahan dalam memilih jurusan. Oleh karena itu guys, aku mau kasih tahu ke kamu 10 jurusan untuk anak ekstrovert yang mungkin aja bisa jadi referensi kamu nantinya.

10 Jurusan Untuk Anak Ekstrovert

1. Ilmu Komunikasi

Pertama, jelas ilmu komunikasi guys. Di dalam ilmu komunikasi kamu akan belajar banyak hal untuk berbicara di depan umum, bagaimana cara mengumpulkan massa, dan masih banyak lagi guys. Tentunya berhubungan langsung dengan orang banyak.

Lalu apa aja sih prospek kerja jurusan ilmu komunikasi? Di ilmu komunikasi sendiri kamu belajar banyak hal tentang bagaimana caranya membangun relasi dengan perusahaan, komunitas, lembaga, sampai individu. Nah, kamu bisa banget nih menjadi seorang PR (Public Relations) dari suatu perusahaan.

Ga hanya itu, di ilmu komunikasi kamu juga akan mendapatkan penjurusan. Seperti penyiar, MC, dan lainnya. Sehingga buat kamu yang ingin menjadi penyiar radio, MC, atau presenter, bisa banget untuk masuk ke ilmu komunikasi.

2. Hubungan Internasional

Lanjut, di nomor 2 ada jurusan yang pastinya diidamkan banyak pelajar Indonesia. Hubungan internasional menjadi salah satu pilihan jurusan yang paling ramai peminat. Tentunya, setiap pelajar bermimpi agar bisa bekerja di kedutaan besar, lembaga internasional seperti ASEAN, sampai PBB!

Nah, segala kegiatan di hubungan internasional tentunya tak pernah lepas dari yang namanya komunikasi dan bertemu orang banyak. Di hubungan internasional kamu akan diajak untuk menjalin relasi dengan duta besar, politikus, sampai berbicara di forum umum. Nah, pastinya cocok banget kan buat kamu yang ekstrovert. Kamu juga akan diajak berdiskusi dan bertemu langsung dengan orang-orang di lapangan.

3. Ilmu Hukum

Tentunya kamu tak asing dong dengan nama fenomenal seperti Hotman Paris? Tahukah kamu, Hotman Paris adalah lulusan dari ilmu hukum dan bekerja sebagai seorang pengacara. Tentunya hal ini menuntut beliau untuk selalu bertemu dengan orang banyak dan berkomunikasi di forum-forum.

Sehingga ilmu hukum cocok banget untuk kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert. Tak hanya itu, di dalam ilmu hukum kamu juga diharuskan untuk berani dalam mengungkapkan argumen. Prospek kerja dari lulusan ilmu hukum pun tidak main-main guys, bisa menjadi pengacara, konsultan, sampai notaris yang mengharuskannya untuk bertemu dengan orang banyak.

4. Psikologi

Next, ada psikologi. Ilmu satu ini juga cukup sulit guys untuk didalami. Kamu diharuskan untuk memahami seseorang, yang belum tentu memahami kamu (hehehe). Jadi, di jurusan psikologi ini kamu akan berhadapan dengan orang banyak, bisa jadi mereka yang memiliki gangguan dalam mental.

Kamu diajari untuk selalu beradaptasi terhadap segala situasi dan kondisi dari pasien. Terlebih, setiap kata yang kamu ucapkan juga akan berpengaruh kepada pasien. Untuk kamu yang sedang mendengarkan curhatan teman, memberi saran, atau bahkan bertemu dengan orang banyak, bisa jadi jurusan psikologi ini cocok untukmu.

Prospeknya pun cukup banyak guys. Kamu bisa menjadi seorang psikolog sampai HRD. Pekerjaan yang menuntutmu bertemu dengan orang banyak dan mendengarkan setiap isi hati atau kehidupan mereka.

5. Pariwisata

Selanjutnya, ada jurusan pariwisata. Jurusan satu ini khusus bagi kamu yang ekstrovert dan menyukai traveling guys. Kamu bisa banget masuk ke jurusan pariwisata. Nantinya kamu akan diajari mengenai pariwisata yang ada di Indonesia, bagaimana cara mengolahnya, dan masih banyak lagi.

Khususnya bagi kamu yang senang untuk bertemu orang banyak, kamu bisa banget menjadi seorang tour guide. Tentunya di beberapa tempat seperti Bali, Lombok, atau bahkan Nusa Tenggara yang memiliki pesona alam yang menawan, sedikit banyak akan menarik perhatian turis domestic maupun mancanegara.

Di sinilah peranmu untuk mengenalkan lebih dalam tentang pariwisata yang ada di Indonesia. Mengenalkan berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia sampai makanan khas yang tidak mereka temui di tempat lain. Tentunya ini menjadi pekerjaan yang super menyenangkan guys!

6. Ilmu Pendidikan

Apakah kamu termasuk sebagai orang yang senang dengan anak kecil? Mengaja bermain, belajar, dan dengan sabar mengoreksi apabila mereka melakukan kesalahan? Nah, untuk anak ekstrovert seperti ini, bisa banget masuk ke jurusan ilmu pendidikan.

Tentunya prospek pekerjaan kamu akan berkaitan dengan proses pengajaran. Mungkin bisa dari jenjang Paud sampai SMA. Jangan lupa, untuk mengambil prodi yang kamu sukai. Semisal kamu menyukai bahasa atau sastra, bisa banget untuk mengambil ilmu pendidikan bahasa, dan masih banyak prodi lainnya.

7. Marketing

Nah, kalau jurusan yang satu ini cocok bagi kamu yang senang bertemu dengan orang asing atau mungkin bekerja langsung di lapangan. Kamu bisa banget masuk ke jurusan marketing bisnis. Nantinya kamu akan diajak untuk bertemu dengan orang baru, perusahaan, toko, sampai individu penting yang menggerakkan roda perekonomian di Indonesia guys!

Seru banget tentunya. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang hebat dan turun ke berbagai daerah berbeda. Tentunya bisa sambil berjalan-jalan di daerah baru juga guys!

8. Ilmu politik

Kamu tertarik untuk bekerja di DPR? Atau mungkin di pemerintahan dan membantu menyuarakan pendapat rakyat? Kamu bisa banget nih masuk ke ilmu politik. Di sini kamu akan diajari serba-serbi perpolitikan yang ada di Indonesia.

Prospek kerjanya pun ga main-main guys. Kamu bisa menjadi salah satu politikus yang ada di Indonesia. Membantu Indonesia untuk berubah menjadi lebih baik atau mungkin menyuarakan pendapat dari Indonesia. Tentunya pekerjaan ini menuntut kamu untuk berpikir secara kritis sekaligus beradaptasi dengan orang banyak. Kamu juga diajari untuk menyuarakan argument dengan perkataan yang tepat.

Tentunya, jurusan ini cocok banget buat kamu anak esktrovert yang ingin membawa perubahan di Indonesia khususnya pada bidang pemerintahan.

9. Antropologi

Yuhuu, ke-9 ada jurusan antropologi. Kamu yang menyukai sejarah, bertemu dengan banyak orang asing dari berbagai daerah, sampai beberapa suku pedalaman cocok banget untuk masuk ke jurusan antropologi. Di sini kamu akan mempelajari kehidupan dan peradaban dari manusia.

Mulai dari Indonesia sampai seluruh dunia. Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan penelitian atau terjun langsung ke lapangan melihat dan mempelajari kehidupan sosial masyarakat. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri yang menyenangkan. Kamu juga akan menemui berbagai orang sampai kebudayaan yang ga kalah kerennya guys!

10. Sekolah Seni (Jurusan Teater/Drama)

Terakhir guys, buat kamu yang menyukai peran atau menjadi seorang aktor kamu bisa banget nih untuk masuk ke dalam sekolah seni dan mengambil jurusan teater atau drama. Nantinya kamu bisa bermain peran mulai dari teater musikal sampai menjadi aktor di layar lebar. Tentunya hal ini tidak lepas dari teknik-teknik yang akan diajarkan untuk bermain peran guys!

Nah, di atas adalah 10 jurusan untuk anak ekstrovert yang mungkin saja bisa menjadi referensi kamu untuk masuk kuliah nantinya. Oh iya, setelah ini juga ada beberapa jurusan dan apa sih introvert itu? Oke, jangan sampai ketinggalan ya guys! Stay Tunned!

This post was last modified on Oktober 4, 2020 7:52 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

Harga Paket UTBK Pahamify

Harga Paket UTBK Pahamify - Tahukah kamu bahwa rasio tingkat kegagalan siswa saat seleksi masuk… Read More

Oktober 18, 2020

5 Keunggulan Try Out UTBK di Pahamify

Try out merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif, baik untuk persiapan ujian semester,… Read More

Oktober 17, 2020

Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy yang Wajib Kamu Coba!

Rekomendasi Kelas Prakerja - Gimana rasanya udah 7 bulan kalian selama di rumah aja? Apakah… Read More

Oktober 15, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester 1 K13 Revisi!

Buat kamu yang sedang mencari rangkuman materi IPS kelas 7 sebagai bahan belajar atau persiapan… Read More

Oktober 14, 2020

Daftar KI dan KD IPA SMP Kelas 7, 8, dan 9 K13 Revisi Terbaru!

Bagi Bapak/Ibu guru IPA yang sedang mencari daftar Kompetensi Intin (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)… Read More

Oktober 14, 2020

Soal Semester Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 10

Sebagai bahan persiapan kamu menghadapi ujian semester ganjil pada mata pelajaran Ekonomi, berikut ini saya… Read More

Oktober 13, 2020