Categories: SMK

Sudah Yakin Mau Masuk SMK? Yuk, Intip Dulu ke-9 Jurusan yang Ada di SMK Indonesia!

Share

Kurang lebih tinggal 4 bulan lagi, siswa kelas 9 naik ke jenjang yang lebih tinggi yakni SMA. Di SMA sendiri ada banyak perubahan yang akan kamu dapatkan guys. Mulai dari pelajaran, circle pertemanan, sampai cara belajar yang harus dilakukan secara daring karena pandemi.

By the way nih, kamu udah tahu belum kira-kira mau masuk jurusan MIPA atau IPS? Buat kamu yang mungkin masih bingung kali ini penulis mau mengenalkan dengan institusi seperti SMA.

Institusi tersebut ialah SMK guys. Hampir sama dengan SMA, SMK juga memiliki beberapa jurusan lho. Bahkan jurusan yang ada di SMK jauh lebih banyak daripada yang ada di SMA. Kira-kira ada jurusan apa aja sih di SMK? Buat kamu yang penasaran, langsung cek ulasan di bawah ini ya guys! Kamu juga harus baca nih Biaya Masuk SMK.

9 Jurusan yang Ada di SMK!

Photo by 周 康 on Pexels.com

1. Teknologi dan rekayasa

Jurusan pertama yang ada di SMK ialah teknologi dan rekayasa. Jurusan ini akan dibagi menjadi sub-teknik lainnya guys. Cabang tersebut antara lain teknik listrik, konstruksi, mesin, grafitika industry, tekstil dan masih banyak lagi nih. Bahkan cabang teknologi dan rekayasa sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa kompetensi keahlian. 

Misalnya saja, kamu memilih jurusan SMK teknologi dan rekayasa. Kemudian, program keahlian yang kamu ambil ialah teknik untuk kontruksi maka kompetensi keahlian yang dapat kamu pilih terdiri dari kontruksi untuk gedung dan perawatan, kontruksi untuk jalan dan jembatan, bisnis kontruksi, dan desain model bangunan. Hal ini juga berlaku untuk bidang keahlian dan program keahlian lainnya guys

2. Kejuruan Energi dan Pertambangan

Yup, ternyata jurusan untuk energy dan pertambangan tidak hanya kamu dapatkan di jenjang perkuliahan aja guys. Melainkan dari SMK sendiri kamu bisa mengambil jurusan ini sebagai dasar. Di energy dan pertambangan sendiri terbagi menjadi 3 program keahlian. Ada teknik perminyakan, geologi untuk pertambangan, dan teknik khusus energy terbarukan. 

Nantinya kamu juga akan diberi kesempatan untuk memilih program keahlian yang akan kamu ambil. Misalnya ada, teknik untuk produksi minyak dan gas (program teknik perminyakan) maupun teknik energi angin, gas, dan biomassa (untuk program energy terbarukan). 

3. Teknologi Informasi dan Komunikasi

Beberapa di antara kamu mungkin tidak asing lagi dengan jurusan satu ini. Rata-rata SMK di Indonesia memiliki program kejuruan teknologi informasi dibandingkan 2 jenis jurusan di atas. Bahkan kabarnya, teknologi informasi dan komunikasi termasuk sebagai salah satu jurusan yang cukup ramai dan  banyak peminat di SMK. 

Selain itu, di program kejuruan ini hanya dibagi menjadi 2 jenis program keahlian. Pertama, ada teknik komputer serta informatika yang memiliki 3-4 program khusus yakni rekayasa perangkat, multimedia, sistem untuk informatika, dan teknik komputer. Kedua, ada teknik telekomunikasi yang memiliki 2 program khusus yakni teknik transmisi dan teknik untuk jaringa akses telekomunikasi. 

4. Kejuruan untuk Kesehatan dan Tenaga Sosial

Kalau jurusan satu ini juga dikategorikan sebagai salah satu jurusan paling umum yang dijumpai di berbagai SMK. Beberapa program keahliannya antara lain, keperawatan, kesehatan gigi, farmasi, laboratorium medic, dan pekerjaan sosial. Umumnya, peminat dari kejuruan ini didominasi oleh perempuan. 

Selain karena dapat langsung bekerja setelah lulus, jurusan ini juga memiliki prospek yang cukup besar di bidang pekerjaan dan masyarakat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini yang membutuhkan banyak bantuan untuk tenaga medis di lapangan. 

5. Kejuruan Agroteknologi dan Agrobisnis

Salah satu jurusan unik yang dimiliki oleh SMK ialah agroteknologi dan bisnis. Memang cukup unik, karena semenjak sekolah menengah atas kamu akan dijuruskan langsung ke berbagai bidang yang berkaitan tentang pertanian dan perkembangan tanaman untuk berbagai tujuan guys

Di kejuruan agroteknologi dan agrobisnis memuat beberapa program keahlian guys. Mulai dari khusus untuk tanaman, ternak, kesehatan pertanian, kehutanan, teknik pertanian, sampai bisnis pengolahan hasil pertanian. Kompetensi keahlian yang akan kamu dapatkan pun juga beragam. Mulai dari produksi pengolahan tanaman dan hewan, mengenai alat mesin yang digunakan, sampai manajemen agrobisnis.

6. Kejuruan untuk Maritim

Next, untuk kamu yang tertarik dengan ilmu laut maka sekolah menengah kejuruan juga menawarkan kamu jurusan yang langsung belajar mengenai laut atau maritim. Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai pelayaran kapal untuk bisnis dan penangkap ikan sampai berbagai cara pengolahan hasil perikanan. 

Selain itu, di jurusan ini kamu akan bertemu dengan manajemen dalam pengolahan bisnis ikan. Mulai dari ikan laut, air tawar, sampai berbagai jenis ikan di laut. Tak lupa, ada beberapa teknik perkapalan yang akan kamu pelajari juga di sini. 

7. Bisnis dan Manajemen

Bagi kamu yang gemar menghitung dan belajar mengenai ekonomi, maka SMK juga menawarkan jurusan bisnis dan manajemen lho. Kejuruan ini termasuk umum dan cukup banyak peminat di Indonesia. Beberapa program keahlian yang akan kamu pelajari mulai dari pemasaran, akutansi, sampai logistik. Semuanya lengkap di sini. 

Sebagai gambaran sederhana, di sini kamu akan mempelajari berbagai dasar dalam perbankan maupun tata kelola dalam perkantoran. Jadi, semisal lulus dari SMK dengan jurusan bisnis manajemen maka kamu bisa mencoba untuk melamar di berbagai bank, koperasi, maupun cabang perkantoran di bidang keuangan.

8. Pariwisata

Yup, jurusan satu ini juga menjadi favorit bagi sebagian besar pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di SMK. Kejuruan untuk pariwisata sendiri memiliki beberapa program keahlian seperti perhotelan, tata kecantikan, busana, sampai kuliner atau yang umum disebut sebagai jurusan tata boga guys

Ada banyak hal menarik nih yang akan kamu pelajari di sini. Mulai soal masak-memasak, kecantikan, sampai manajemen perhotelan. Oh iya, prospek kerja dari lulusan ini juga terhitung luas lho guys. Banyak lulusan SMK yang mengambil jurusan pariwisata khususnya perhotelan atau tata boga yang bekerja di kapal cruise dan berkeliling dunia. Wah, seru sekali bukan?!

9. Seni dan Industri Kreatif

Terakhir, kejuruan yang ada di SMK dan cukup ramai diminati oleh pelajar ialah seni dan kreatif. Jurusan satu ini bisa disebut sebagai gudangnya anak-anak seni yang berbakat. Kamu akan bertemu dengan berbagai pelajar yang berbakat dalam seni musik, tari, teater, seni kriya, pedalangan, bahkan sampai film. 

Jurusan ini juga ga kalah seru dengan pariwisata guys. Biasanya SMK dengan jurusan seni banyak melahirkan para musisi sampai seniman hebat dan terkenal di bidangnya. So, kalau kamu mulai kini sudah yakin dengan apa yang kamu suka ialah seni, maka jangan ragu untuk mendaftar di jurusan seni ya!

Nah, di atas ialah sederet jurusan yang ada di SMK guys. Oh iya guys, secara garis besar memang ada 9 jurusan yang ada di SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini sesuai dengan undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Namun, tidak semua SMK yang ada di Indonesia memiliki 9 jurusan tersebut secara utuh. So, apabila kamu ingin masuk SMK jangan lupa untuk mengecek jurusan yang tersedia ya! Jangan lupa baca juga artikel tentang 8 Rekomendasi SMK Terbaik di Indonesia.

This post was last modified on Februari 20, 2021 11:23 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi ini… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 1 Apresiasi Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya. Oh… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 16 Pementasan Teater Tradisional

Wah ga terasa ya guys, kita sudah sampai nih di penghujung pembelajaran seni budaya di… Read More

September 23, 2021

Cek Yuk, 5 Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bawah Ini

Halo! Bagi kamu yang saat ini sedang mencari buku panduan, buku tes, kisi-kisi, dan bingung… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat mengikuti pembelajaran baik melalui… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan semangat untuk… Read More

September 23, 2021