4 Kecakapan Berkomunikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

Salah satu syarat yang biasanya dicari saat bekerja adalah punya kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik mampu membantu jalannya sebuah kegiatan atau aktivitas sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan, khususnya sebuah organisasi atau perusahaan.

Giveaway

Oleh karena itu, setiap orang dalam sebuah organisasi juga harus mempunyai kecakapan komunikasi yang baik, khususnya seorang manajer. Lalu apa saja kecakapan berkomunikasi yang dimaksud? Yuk simak informasi berikut!

4 Kecakapan Berkomunikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

1. Kemampuan dalam mentransformasi ide ke dalam kata-kata dan tindakan

Seorang manajer memegang sebuah posisi penting dalam organisasi atau perusahaan. Tentu saja seorang manajer harus mampu untuk menuangkan ide dengan baik untuk menciptakan inovasi-inovasi atau penyelesaian masalah. Kemampuan menuangkan ide ini penting lho, khususnya dalam mentransformasikan ide tersebut ke dalam kata-kata dan tindakan.

Sebuah ide akan menjadi luar biasa ketika dapat direalisasikan. Sehingga transformasi ide ke dalam kata-kata yang dapat dipahami dan dimengerti oleh semua pihak sangat diperlukan. Setelah itu, ide yang telah dituangkan dalam kata-kata harus diterapkan dalam sebuah tindakan. Kemampuan inilah yang harus dimiliki oleh seorang manajer.

2. Dapat dipercaya di antara kolega, teman karib, dan bawahan

Dalam kehidupan sehari-hari, menjadi seseorang yang dapat dipercaya adalah suatu keharusan, Kejujuran selalu diutamakan. Begitu juga dalam sebuah organisasi atau perusahaan, seorang manajer harus mempunyai kredibilitas atau dapat dipercaya oleh kolega, teman karib, serta bawahan. Seorang manajer yang mempunyai kredibilitas tentu akan mempunyai nilai tambah yang mendukung kinerja seorang manajer.

Baca Juga:  Tips Belajar di Bulan Puasa Agar Tetap Semangat

3. Mampu mendengarkan dan bertanya sesuatu

Kemampuan berkomunikasi tidak hanya soal menyampaikan sebuah informasi kepada satu pihak. Karena inti dari komunikasi adalah adanya hubungan timbal balik antara kedua belah pihak. Oleh karena itu, seorang manajer tidak hanya harus pandai berbicara tetapi juga mampu untuk mendengarkan dan bertanya sesuatu.

Kemampuan mendengarkan ini akan membantu manajer memahami apa yang dibutuhkan atasan, bawahan, kolega, dan juga kebutuhan pasar. Selain itu, seorang manajer juga harus mampu untuk mengutarakan suatu pertanyaan. Ini bisa terkait dengan kinerja, keluhan, saran, kritik, dan sebagainya.

4. Memiliki kecakapan dalam presentasi

Memiliki kecakapan dalam presentasi pada umumnya memang dibutuhkan oleh semua orang. Namun, hal ini sangat penting bagi seorang manajer. Seorang manajer yang mempunyai ide atau penyelesaian solusi masalah harus mampu untuk mempresentasikannya dalam segala format, mulai dari ucapan, tulisan, dan grafik.

Kemampuan manajer dalam presentasi menggunakan format ucapan harus dimengerti oleh banyak pihak. Bagaimana suatu informasi bisa dipahami dan tidak sampai salah tafsir. Kemudian penyampaian dalam bentuk tulisan yang baik juga harus dimiliki. Bagaimana sebuah tulisan itu bisa menarik dan memudahkan pembaca mengerti apa yang disampaikan. Serta dalam bentuk grafik yang mampu menyajikan data-data dengan baik dan akurat.

Nah itulah, empat kecakapan berkomunikasi yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Jika kamu kelak bercita-cita untuk menjadi manajer, kamu dapat mulai mengasahnya dari sekarang. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…