Categories: Tips

4 Kecakapan Berkomunikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

Share

Salah satu syarat yang biasanya dicari saat bekerja adalah punya kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik mampu membantu jalannya sebuah kegiatan atau aktivitas sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan, khususnya sebuah organisasi atau perusahaan.

Oleh karena itu, setiap orang dalam sebuah organisasi juga harus mempunyai kecakapan komunikasi yang baik, khususnya seorang manajer. Lalu apa saja kecakapan berkomunikasi yang dimaksud? Yuk simak informasi berikut!

4 Kecakapan Berkomunikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

1. Kemampuan dalam mentransformasi ide ke dalam kata-kata dan tindakan

Seorang manajer memegang sebuah posisi penting dalam organisasi atau perusahaan. Tentu saja seorang manajer harus mampu untuk menuangkan ide dengan baik untuk menciptakan inovasi-inovasi atau penyelesaian masalah. Kemampuan menuangkan ide ini penting lho, khususnya dalam mentransformasikan ide tersebut ke dalam kata-kata dan tindakan.

Sebuah ide akan menjadi luar biasa ketika dapat direalisasikan. Sehingga transformasi ide ke dalam kata-kata yang dapat dipahami dan dimengerti oleh semua pihak sangat diperlukan. Setelah itu, ide yang telah dituangkan dalam kata-kata harus diterapkan dalam sebuah tindakan. Kemampuan inilah yang harus dimiliki oleh seorang manajer.

2. Dapat dipercaya di antara kolega, teman karib, dan bawahan

Dalam kehidupan sehari-hari, menjadi seseorang yang dapat dipercaya adalah suatu keharusan, Kejujuran selalu diutamakan. Begitu juga dalam sebuah organisasi atau perusahaan, seorang manajer harus mempunyai kredibilitas atau dapat dipercaya oleh kolega, teman karib, serta bawahan. Seorang manajer yang mempunyai kredibilitas tentu akan mempunyai nilai tambah yang mendukung kinerja seorang manajer.

3. Mampu mendengarkan dan bertanya sesuatu

Kemampuan berkomunikasi tidak hanya soal menyampaikan sebuah informasi kepada satu pihak. Karena inti dari komunikasi adalah adanya hubungan timbal balik antara kedua belah pihak. Oleh karena itu, seorang manajer tidak hanya harus pandai berbicara tetapi juga mampu untuk mendengarkan dan bertanya sesuatu.

Kemampuan mendengarkan ini akan membantu manajer memahami apa yang dibutuhkan atasan, bawahan, kolega, dan juga kebutuhan pasar. Selain itu, seorang manajer juga harus mampu untuk mengutarakan suatu pertanyaan. Ini bisa terkait dengan kinerja, keluhan, saran, kritik, dan sebagainya.

4. Memiliki kecakapan dalam presentasi

Memiliki kecakapan dalam presentasi pada umumnya memang dibutuhkan oleh semua orang. Namun, hal ini sangat penting bagi seorang manajer. Seorang manajer yang mempunyai ide atau penyelesaian solusi masalah harus mampu untuk mempresentasikannya dalam segala format, mulai dari ucapan, tulisan, dan grafik.

Kemampuan manajer dalam presentasi menggunakan format ucapan harus dimengerti oleh banyak pihak. Bagaimana suatu informasi bisa dipahami dan tidak sampai salah tafsir. Kemudian penyampaian dalam bentuk tulisan yang baik juga harus dimiliki. Bagaimana sebuah tulisan itu bisa menarik dan memudahkan pembaca mengerti apa yang disampaikan. Serta dalam bentuk grafik yang mampu menyajikan data-data dengan baik dan akurat.

Nah itulah, empat kecakapan berkomunikasi yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Jika kamu kelak bercita-cita untuk menjadi manajer, kamu dapat mulai mengasahnya dari sekarang. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on September 12, 2020 7:13 am

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Film “Bad Genius”

Film tentang remaja nggak melulu soal cinta-cintaan lho. Ada juga film yang berfokus pada permasalahan… Read More

September 25, 2020

Selain Perangko, Benda-Benda Ini Juga Dikoleksi Oleh Filatelis Lho!

Masih ingatkan siapa itu filatelis? Sebelumnya sudah ada artikel yang membahas seputar kegiatan filateli, siapa… Read More

September 25, 2020

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skripsi kita ke depannya.… Read More

September 25, 2020

Resensi Buku Aku Ahli Gizi

Buat kamu yang sedang berpikir untuk masuk kuliah ilmu gizi dan bingung mencari referensi, kamu… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu ICY

Lagu yang fresh dan menyenangkan memang asyik di dengar. Tidak hanya untuk didengarkan saja, tetapi… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Bisa Kamu Ambil Dari Film A Long Visit

Salah satu film yang asyik untuk ditonton selama masa pandemic adalah film yang berjudul “My… Read More

September 25, 2020