Categories: Kuliah

Kegiatan Asrama PPKU IPB

Share

Banyak dari kamu yang mungkin penasaran dengan kegiatan asrama di IPB. Asrama yang dimaksud adalah asrama PPKU IPB. Asrama ini wajib bagi mahasiswa baru atau mahasiswa tingkat pertama di IPB. Asrama PPKU IPB terdiri dari asrama laki-laki dan perempuan.

Asrama laki-laki dan perempuan letaknya berjauhan, namun masih dalam satu area kampus IPB Dramaga. Asrama perempuan terdiri dari asrama A1, A2, A3, A4, dan A5. Sedangkan asrama laki-laki terdiri dari asrama C1, C2, C3, dan C4. Lalu, apa saja kegiatan mahasiswa baru di asrama PPKU IPB? Yuk simak informasi berikut !

Kegiatan Asrama PPKU IPB

1. Welcome party asrama

Mahasiswa baru di IPB tidak hanya disambut dengan kegiatan ospek, tetapi juga dengan acara welcome party asrama. Acara ini diadakan oleh pihak Asrama PPKU IPB. Pesta sambutan ini bertujuan untuk saling mengeratkan mahasiswa baru yang masuk ke asrama yang berbeda namun masih satu lingkungan kampus. Terdapat berbagai macam acara, mulai dari acara sambutan hingga hiburan berupa pentas kesenian dari berbagai daerah yang ditampilkan oleh mahasiswa baru.

2. Pemilihan Ketua RT dan Lurah

Setiap asrama di IPB mempunyai ketua RT dan juga lurah. Lurah adalah kepala masing-masing gedung asrama. Baik gedung asrama putra maupun gedung asrama putri mempunyai lurah masing-masing. Lurah dipilih dari beberapa ketua RT masing-masing lorong. Setiap gedung terdiri dari beberapa lorong yang masing-masing mempunyai ketua RT. Satu lorong terdiri dari sepuluh sampai dua belas kamar. Jika kamu menjadi ketua RT atau lurah, kamu dapat melatih kepemimpinanmu disini. Selain itu, kamu juga harus menjaga kerukunan dan kebersamaan antar warga asrama.

3. Apel pagi

Seperti asrama pada umumnya, asrama PPKU IPB juga mengadakan apel pagi. Apel pagi biasanya diadakan pada hari tertentu setiap minggu. Apel pagi dimulai sekitar jam lima pagi atau setelah Sholat Shubuh. Agendanya yaitu pemberian materi singkat dan pengumuman serta menyanyikan mars asrama agar semakin bersemangat.

4. Social gathering (Soga) Gedung dan Lorong

Social gathering (Soga) adalah suatu pertemuan yang dihadiri oleh warga asrama dalam satu gedung atau satu lorong. Pertemuan ini bertujuan untuk mengeratkan sesame mahasiswa baru serta menambah pengetahuan. Soga dibedakan menjadi dua, yaitu soga gedung dan soga lorong.

Soga gedung dilaksanakan dua minggu atau sebulan sekali. Soga gedung dihadiri oleh warga asrama dalam satu gedung. Biasanya jadwal soga gedung antar masing-masing gedung asrama berbeda. Pada umumnya, soga gedung dilaksanakan setelah Sholat Isya’. Selain berkumpul bersama, dalam acara soga gedung biasanya juga menghadirkan pembicara dari mahasiswa berprestasi atau aktifis kampus untuk memberikan pengetahuan seputar dunia kampus kepada warga asrama.

Sedangkan soga lorong dilaksanakan seminggu sekali. Soga lorong dihardiri oleh warga asrama dalam satu lorong atau satu RT. Soga lorong juga dilaksanakan setelah Sholat Maghrib atau Sholat Isya’. Soga lorong dipimpin oleh pembimbing asrama atau yang disebut dengan Senior Resident (SR).

5. Ngaji Gedung dan Lorong

Selain soga, ada kegiatan lainnya pada masing-masing gedung dan lorong yaitu mengaji bersama atau yang disebut ngaji gedung dan ngaji lorong. Sama seperti soga, ngaji gedung dihadiri oleh warga asrama dalam satu gedung sedangkan ngaji lorong dihadiri oleh warga asrama satu lorong atau satu RT. Biasanya ngaji gedung dilaksanakan di lobi asrama. Sedangkan ngaji lorong dilaksanakan di musholla masing-masing lorong atau ruang bersama masing-masing lorong.

6. Club-club asrama

Di asrama PPKU IPB, juga terdapat beberapa club yang dapat kamu ikuti sesuai bakat dan minatmu. Mulai dari club pecinta desain, club bagi yang suka dunia wirausaha, dan masih banyak lagi. Tentu saja dengan adanya club asrama ini, kamu dapat mengasah kemampuanmu selagi masih di asrama serta menambah teman atau relasi dari mahasiswa yang ada di asrama lainnya.

7. Bersih-bersih bersama

Sebagai warga asrama, mahasiswa baru juga wajib menjaga kebersihan. Walaupun setiap seminggu sekali ada petugas yang membersihkan asrama, namun warga asrama juga diwajibkan mengikuti bersih-bersih bersama sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan asrama yang mereka tinggali.

8. Perlombaan antar RT di asrama

Tidak melulu belajar, mahasiswa baru di IPB juga diajak oleh pihak asrama untuk mengikuti berbagai perlombaan. Lomba-lomba yang diadakan bermacam-macam. ada lomba-lomba tradisional, lomba mengaji, lomba baca puisi, dan masih banyak lagi. Perlombaan antar RT di asrama ini akan membantu kamu sebagai mahasiswa baru untuk lebih erat lagi dalam menjalin kebersamaan dan kekeluargaan di asrama.

9. Food fair dan pameran budaya

Bagi kamu yang suka kuliner dan ingin mencoba kuliner atau jajanan dari berbagai daerah di Indonesia, kamu bisa mencobanya di acara food fair yang diadakan oleh pihak asrama. Warga asrama yang telah pulang kampung untuk liburan semester atau jika ada liburan lainnya, diwajibkan membawa beberapa makanan atau jajanan khas daerahnya masing-masing untuk dibagikan atau dicoba oleh mahasiswa lainnya di acara food fair.

10. Farewell party asrama

Setelah satu tahun menempati asrama, tentu saja mahasiswa baru harus pindah dari asrama sehingga calon mahasiswa yang akan masuk bisa menempati asrama. Sebelum pindahan ke kostan atau kontrakan, mahasiswa di asrama mengikuti acara farewell party.

Acara ini diikuti oleh semua mahasiswa yang tinggal di asrama. Ada kegiatan-kegiatan yang harus diikuti. Pada umumnya, mahasiswa tiap gedung akan mempunyai baju khas sehingga dapat menjadi kenang-kenangan setelah mereka keluar dari asrama.

Itulah informasi mengenai kegiatan asrama PPKU IPB. Jika kamu ingin masuk ke IPB, tentu saja informasi ini sangat penting agar kamu mengetahui apa saja yang akan kamu lakukan di asrama nanti. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang juga ingin masuk ke IPB. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on July 27, 2020 8:55 am

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Film “Bad Genius”

Film tentang remaja nggak melulu soal cinta-cintaan lho. Ada juga film yang berfokus pada permasalahan… Read More

September 25, 2020

Selain Perangko, Benda-Benda Ini Juga Dikoleksi Oleh Filatelis Lho!

Masih ingatkan siapa itu filatelis? Sebelumnya sudah ada artikel yang membahas seputar kegiatan filateli, siapa… Read More

September 25, 2020

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skripsi kita ke depannya.… Read More

September 25, 2020

Resensi Buku Aku Ahli Gizi

Buat kamu yang sedang berpikir untuk masuk kuliah ilmu gizi dan bingung mencari referensi, kamu… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu ICY

Lagu yang fresh dan menyenangkan memang asyik di dengar. Tidak hanya untuk didengarkan saja, tetapi… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Bisa Kamu Ambil Dari Film A Long Visit

Salah satu film yang asyik untuk ditonton selama masa pandemic adalah film yang berjudul “My… Read More

September 25, 2020