Categories: Kuliah

Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Lingkungan

Share

Bidang lingkungan hidup merupakan salah satu bidang yang menjadi ranah suatu organisasi termasuk BEM yang ada di dalam kampus. Menerapkan karakter peduli lingkungan sangatlah penting. Peduli lingkungan tidak hanya dengan perilaku membuang sampah di tempatnya saja. Tetapi masih banyak yang lainnya. Berikut adalah beberapa kegiatan BEM yang menarik di bidang lingkungan yang dapat diterapkan di kampusmu.

Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Lingkungan

1. Pemilihan duta lingkungan

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak media promosi melalui platform digital. Banyak akun maupun influencer yang memberi pengaruh pada anak muda maupun masyarakat.

Kamu dapat membuat program pemilihan duta lingkungan yang bertindak sebagai influencer di bidang lingkungan untuk membantu menggerakkan dan mengedukasi warga kampus agar lebih peduli terhadap lingkungan. Pemilihan duta lingkungan dapat dipilih melalui seleksi pengetahuan di bidang lingkungan, campaign yang dilakukan, dan cara mereka mengajak warga kampus untuk lebih mencintai lingkungan.

2. Penanaman pohon

Program penghijauan sudah digalakkan sejak lama. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengadakan kegaitan penanaman pohon di area kampus maupun lingkungan sekitar kampus. Kamu dapat bekerja sama dengan penyedia bibit pohon dan pihak kampus untuk menanam pohon di beberapa area kampus. Buat juga program pengawasan atau monitoring dari pohon yang telah kamu tanam nanti.

3. Bersih-bersih lingkungan kampus

Sebagai aktivis yang peduli lingkungan, kamu dapat mengajak warga kampus untuk peduli terhadap lingkungan kampus. Kegiatan yang dapat kamu lakukan salah satunya adalah bersih-bersih lingkungan kampus. Kegiatan ini dapat kamu adakan pada hari libur atau saat peringatan hari lingkungan tertentu. Bersih-bersih lingkungan kampus juga tidak hanya di dalam kampus saja, tetapi juga lingkungan sekitar luar kampus. Kamu dapat mengajak masyarakat sekitar untuk bahu membahu menjaga lingkungan bersama.

4. Program Green Campus

Hampir setiap kampus ingin mendapatkan gelar green campus. Gelar ini tentu saja tidak bisa didapatkan dengan mudah. Harus ada program yang terintegrasi baik dari pihak kampus juga dengan warga kampus. Sebagai anggota BEM, kamu dapat mengajukan untuk membantu penyelenggaraan program ini dengan pihak kampus dengan membuat beberapa kegiatan yang dapat membantu output program ini.

5. Program fakultas terbersih

Setiap bagian dari lingkungan kampus pasti dijaga kebersihannya. Namun, akan sangat membanggakan bagi pihak fakultas jika dinobatkan sebagai fakultas terbersih. Hal ini merupakan bentuk apresiasi kepada warga kampus yang turut serta menjaga lingkungan fakultas masing-masing.

Kamu dapat mengkoordinasikan program ini dengan BEM Fakultas masing-masing dan juga pihak kampus untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Aspek yang dapat dinilai antara lain kebersihan kelas, kantin, musholla, toilet, dan lingkungan sekitar fakultas.

6. Festival lingkungan

Acara festival lingkungan dapat kamu tambahkan sebagai salah satu kegiatan BEM di bidang lingkungan. Acara festival lingkungan ini dapat diadakan secara terbuka di lapangan atau kawasan kampus yang dapat dijangkau banyak orang. Kamu dapat mengadakan talk show singkat, acara pameran karya daur ulang, kerja sama dengan perusahaan atau NGO di bidang lingkungan, dan mengajak warga kampus untuk gowes bersama atau mengadakan kegiatan peduli lingkungan bersama.

7. Majalah edukasi lingkungan

Kamu dapat memberikan edukasi lingkungan melalui banyak hal, salah satunya melalui majalah. Edukasi yang dikemas dengan menarik dapat membantu warga kampus serta masyarakat untuk mengenal lingkungan lebih baik.

Kamu dapat membuat beberapa rubrik mulai dari rubrik tentang pengetahuan lingkungan, rubrik tentang kegiatan-kegiatan lingkungan di kampusmu, liputan tentang kegiatan peduli lingkungan di sekitar maupun yang ada di Indonesia, rubrik opini masyarakat tentang lingkungan, serta tanya jawab seputar lingkungan. Masih banyak rubrik lainnya yang bisa kamu tambahkan untuk membuat edukasi lingkungan lebih baik.

Untuk artikel tentang kegiatan BEM di bidang pendidikan silahkan baca di halaman Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Pendidikan.

Itulah beberapa kegiatan BEM yang mungkin dapat kamu jadikan patokan dalam membuat program kerja di bidang lingkungan. Peduli lingkungan tidak hanya ditanamkan pada diri sendiri tetapi juga disebarluaskan sebagai karakter yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

This post was last modified on July 27, 2020 12:23 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Sistem Ekskresi Manusia

Manusia menghasilkan zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh seperti urine, keringat, gas CO2, urea,… Read More

September 28, 2020

Sistem Pernapasan Manusia

Makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa menghirup udara. Begitupula dengan manusia, manusia menghirup udara dan… Read More

September 28, 2020

Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah kamu melihat mobil yang diangkat menggunakan sebuah alat di tempat pencucian mobil? Mengapa mobil… Read More

September 28, 2020

Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Film Bad Genius

Film tentang remaja nggak melulu soal cinta-cintaan lho. Ada juga film yang berfokus pada permasalahan… Read More

September 25, 2020

Selain Perangko, Benda-Benda Ini Juga Dikoleksi Oleh Filatelis Lho!

Masih ingatkan siapa itu filatelis? Sebelumnya sudah ada artikel yang membahas seputar kegiatan filateli, siapa… Read More

September 25, 2020

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skripsi kita ke depannya.… Read More

September 25, 2020