Categories: Tips

7 Kegiatan Produktif Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Share

Selama masa pandemi, banyak pekerjaan yang tidak bisa kita lakukan seperti biasanya. Sekolah yang biasanya tatap muka harus dilakukan secara online, bekerja yang biasanya dilakukan di kantor atau perusahaan ada yang harus dilakukan di rumah atau work from home.

Kadang, ada banyak waktu luang yang membuat kamu merasa gabut selama masa pandemi ini. Tapi, ada banyak kegiatan yang bisa membuatmu produktif lho. Apa saja? Yuk simak informasi berikut!

7 Kegiatan Produktif Yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Menulis

Tidak semua orang suka menulis, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Selama masa pandemi ini, kamu bisa menulis untuk mengisi waktu luang yang ada.

Mulai dari menulis puisi, prosa, pantun, cerpen, novel, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar menulis, bahkan menulis proposal, essay beasiswa dan masih banyak lagi.

Sekarang sudah banyak penerbit dan komunitas yang membuat event menulis bersama maupun lomba-lomba. Ada lomba menulis cerpen, puisi, opini, essay, bahkan novel lho.

Kamu bisa mengasah kemampuanmu sekaligus mengisi kegiatanmu agar tetap produktif. Siapa tahu kamu beruntung dan bisa menang bukan? Bahkan jika kamu bisa menulis novel dengan baik, ada kesempatan untuk menerbitkan buku. Sungguh menarik dan produktif bukan?

2. Membaca buku

Membaca buku memang tidak harus menunggu masa pandemi, karena jika ada waktu luang atau memang ada waktu yang khusus kamu gunakan untuk membaca buku maka akan lebih baik lagi.

Namun, disaat kamu merasa gabut tapi ingin produktif, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah membaca buku. Saat ini, membaca buku tidak harus buku dalam bentuk cetak lho.

Kamu juga bisa membaca buku online atau e-book, membaca buku di internet, atau platform membaca lainnya.

Kamu bisa mulai membaca genre buku-buku yang mungkin selama ini tidak pernah kamu baca. Hal ini dapat menambah pengetahuanmu.

Membaca buku tidak harus buku yang berat, mulailah membaca apa yang kamu suka, atau yang ringan seperti kumpulan cerpen. Sejatinya, semua buku pasti akan memberikan manfaat dan moral value yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

3. Mengikuti webinar

Di masa pandemi ini, kamu mungkin ingin sekali mengikuti berbagai seminar yang biasanya diadakan di kampus atau sekolah. Namun, karena harus jaga jarak, maka seminar yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini dilakukan secara online atau yang kita kenal dengan webinar.

Ada banyak webinar yang bisa kamu ikuti lho. Berbagai kampus, perusahaan, dan organisasi sering mengadakan webinar yang bisa menambah pengetahuan sekaligus mengisi waktu luangmu agar tetap produktif.

Tentu saja webinar ini memberikan e-sertifikat yang bisa menambah daftar panjang seminar yang telah kamu ikuti. Ada yang berbayar dan ada yang gratis. Webinar ini ada juga yang dilakukan oleh perorangan lho, biasanya mereka memberikan materi seperti kepenulisan, membuat essay, beasiswa, toefl, dan masih banyak lagi.

4. Mengikuti kursus atau pelatihan online

Jangan sampai selama masa pandemi ini menghalangi kamu untuk mengasah dan meningkatkan kemampuanmu. Kamu bisa melakukan kegiatan produktif satu ini, yaitu dengan mengikuti kursus atau pelatihan secara online. Ada banyak tempat kursus online gratis dan bersertifikat lho. Jangan sampai ketinggalan ya.

5. Membuat kerajinan tangan

Jika kamu bosan dengan kegiatan yang berhubungan dengan gadget atau internet, kamu bisa memilih alternatif satu ini. Yaitu membuat kerajinan tangan. Kamu bisa membuat pernak-pernik seperti kalung dan gelang, belajar merajut, membuat ikat rambut dari kain perca, atau membuat kerajinan tangan lainnya.

Tidak hanya sekedar mengisi waktu luang agar produktif, kamu juga bisa mulai membuka usaha di bidang kerajinan tangan lho. Misalnya, membuat paket kado, doodle, dan masih banyak lagi. Sangat asyik dan menguntungkan bukan?

6. Belajar memasak

Bagi cewek-cewek, kegiatan produktif satu ini juga bisa menjadi pilihan lho. Apalagi kalau bukan belajar memasak. Tidak hanya untuk cewek, cowok-cowok juga bisa belajar memasak lho.

Siapa tahu nanti ingin menjadi chef atau membuka usaha di bidang kuliner. Belajar memasak tidak harus masakan untuk menu utama saja, tapi juga bisa membuat kue, jajanan, dan lainnya.

Akan lebih menyenangkan jika kamu bisa belajar memasak dan tidak menikmatinya sendiri, tetapi juga untuk dijual di sekitar atau usaha kecil-kecilan terlebih dahulu.

7. Bekerja sambilan

Banyak yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi ini. Ada juga yang penghasilannya mulai berkurang. Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk bekerja sambilan.

Salah satu kegiatan produktif ini dapat membantu mengembalikan uangmu yang mulai tipis di masa pandemi ini. Kamu bisa membuka usaha seperti usaha kuliner siap antar, menjadi freelancer, tutor, dan masih banyak lagi. 

Itulah tujuh kegiatan yang bisa kamu lakukan di masa pandemi ini agar tetap produktif. Manfaatkan waktu luang yang ada dengan baik ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Desember 2, 2020 3:19 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang… Read More

Juli 27, 2021

5 Rekomendasi Tempat Magang Jurusan Administrasi Perkantoran SMK! Super Worth It Untuk Dicoba!

Halo guys! Apa kamu adalah seorang siswa/siswi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran? Di artikel kali ini… Read More

Juli 26, 2021

5 Rekomendasi Website untuk Pelajar Selama Belajar Online! Yuk, Cobain Guys!

Hai guys! Buat kamu yang masih suka malas buat buka buku, pada artikel kali ini… Read More

Juli 26, 2021

Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

Setelah lulus SMP tentu kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi yaitu… Read More

Juli 25, 2021

7 Tips Mengingat Materi Super Cepat Sekaligus Mudah!

Hai gengs! Siapa sih disini yang kadang suka jengkel karena lupa materi terutama saat mengerjakan… Read More

Juli 25, 2021

Ini Dia 8 Jurusan MIPA yang Sepi Peminat tetapi Peluang Kerja Besar! Yakin Ga Tertarik?

Hai guys! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu sehat dan bersemangat dalam menjalani hari ya!… Read More

Juli 24, 2021