Kelas Seleksi PPG | Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan): Apa dan Mengapa?

PPG Prajabatan merupakan inisiatif pendidikan profesi yang bertujuan mencetak generasi baru guru Indonesia yang memiliki dedikasi dan profesionalisme tinggi. Program ini dikhususkan bagi lulusan S-1 Kependidikan dan S-1 atau D-IV Nonkependidikan yang bercita-cita menjadi guru profesional.

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan)

Keunggulan Mengikuti PPG Prajabatan:

  1. Sertifikat dan Gelar Guru Profesional:
    • Peserta program berkesempatan mendapatkan sertifikat guru atau sertifikat pendidik (serdik), serta gelar guru profesional (Gr.) yang akan melengkapi gelar sarjana mereka.
  2. Gaji dan Tunjangan:
    • Lulusan PPG Prajabatan memiliki hak atas gaji dan tunjangan profesi guru, sejajar dengan gaji pokok untuk PNS, serta tunjangan sebesar Rp1.500.000,00/bulan untuk guru swasta.
  3. Potensi Menjadi ASN:
    • Sukses menyelesaikan program ini membuka peluang besar untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), memberikan stabilitas karir di sektor pendidikan.
  4. Kompetensi Unggul:
    • Guru yang telah mengikuti PPG memiliki kompetensi lebih tinggi dibandingkan mereka yang belum mengikuti program, menjadikan mereka lebih siap menghadapi tuntutan dunia pendidikan.
  5. Adaptasi Terhadap Perubahan Zaman:
    • Keikutsertaan dalam program membuat guru lebih melek terhadap perubahan zaman, khususnya dalam aspek digital, dan meningkatkan kemampuan mengelola kelas dengan efektif.
  6. Penerapan Model Pembelajaran Modern:
    • Guru lulusan PPG memiliki kemampuan menerapkan berbagai model pembelajaran abad ke-21, seperti problem based learning, project based learning, hingga STEM dan inquiry.
  7. Kompetensi Kebinekaan Global:
    • Program ini membekali guru dengan kompetensi kebinekaan global, memberikan wawasan baru seputar pendidikan dan menghadirkan kemampuan mengajar yang inklusif.
  8. Jaringan Profesional dan Persaudaraan:
    • Selain pengetahuan dan keterampilan, peserta juga mendapatkan keuntungan dalam bentuk jaringan profesional dan saudara baru dari berbagai daerah di Indonesia.

Persyaratan Pendaftaran:

Untuk menjadi peserta PPG Prajabatan, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Tidak atau belum pernah terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah di DAPODIK dan Simpatika.
  3. Ijazah S-1 atau D-4 yang terdaftar di PD-Dikti.
  4. IPK minimal 3,0 saat lulus dari perguruan tinggi.
  5. Usia maksimal 32 tahun pada tanggal 31 Desember saat tahun pendaftaran.
  6. Menandatangani pakta integritas yang disediakan oleh Kemendikbud RI.
  7. Menunjukkan surat keterangan sehat, surat berkelakuan baik (SKCK), dan surat bebas dari penggunaan narkoba pada tahap seleksi tahap akhir.

Proses Seleksi Pendaftaran:

Seleksi untuk mengikuti program PPG Prajabatan terdiri dari tiga jenis, yaitu seleksi administrasi dan esai, seleksi substantif dengan tes berbasis komputer (CAT), dan seleksi wawancara. Tahap-tahap ini dirancang untuk memastikan bahwa peserta yang berhasil memenuhi syarat memiliki dedikasi dan kualifikasi yang diperlukan sebagai calon guru profesional.

Rekomendasi Kelas Seleksi PPG


Program PPG Prajabatan memberikan peluang emas bagi calon guru untuk mengasah keterampilan dan memperoleh pengetahuan mendalam, sambil berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Indonesia. Bergabunglah dan jadilah bagian dari perubahan positif dalam dunia pendidikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Belajar Online untuk Mahasiswa

Belajar Online untuk Mahasiswa – Seorang mahasiswa dituntut untuk memiliki skill aga…