Categories: Bahasa IndonesiaSMA

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Bahasa di SMA

Share

Halo guys! Siapa nih di antara kamu yang suka banget buat baca buku? Atau mungkin yang tertarik banget untuk menjadi penulis. Mulai dari penulis cerpen, puisi, esai, atau bahkan novel?

Buat kamu yang udah mengetahui ketertarikan ini sejak dini, selamat! Kamu beruntung sudah mengetahui bakat sedari dini. Nah, kalau kamu udah mengetahui bakat dan minat kamu di bidang kepenulisan maka jangan sampai disia-siakan ya guys!

Apalagi kalau kini kamu masih duduk di bangku akhir dari SMP dan bersiap masuk SMA. Bisa banget nih untuk masuk jurusan bahasa di kelas menengah atas.

Kalau kamu belum kenal sama apa sih jurusan bahasa itu? Tepat banget nih, kali ini aku sedikit share tentang jurusan bahasa beserta kekurangan dan kelebihannya guys! Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Kenalan Sekilas Dengan Jurusan Bahasa

Yap, berbeda nih dengan pelajaran yang kamu temui semasa SMP. Di jenjang sekolah menengah atas, kamu akan lebih dijuruskan sesuai dengan bakat dan minat yang kamu sukai guys. Lalu, kira-kira apa aja sih yang akan kamu pelajari di jurusan bahasa ini? Tentunya komponen utama ialah bahasa dan sastra guys

Mulai dari bahasa Indonesia, sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Inggris, sebagai mata pelajaran penjurusan di kelas bahasa. Biasanya juga ada tambahan mata pelajaran bahasa lain seperti Bahasa Jepang, Perancis, maupun Arab di beberapa sekolah menengah atas.

Oh iya, jangan lupa guys walaupun kamu berada di kelas bahasa, tetapi mata pelajaran wajib seperti PKN, agama, maupun matematika tetap ada sebagai mata pelajaran wajib. 

Kelebihan Jurusan Bahasa

Kalau di atas kamu udah mengenal sedikit mengenai jurusan bahasa, sekarang kamu juga harus tahu nih beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan apabila masuk jurusan bahasa. Simak di bawah ini ya!

1. Prospek menjadi polygot

Mungkin sebagian besar dari kamu masih asing nih dengan istilah polygot? Secara sederhana polygot diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk menguasai lebih dari 3 atau 5 bahasa berbeda di seluruh dunia. Kemampuan ini ga sembarangan lho guys! Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi polygot.

Salah satunya ialah prospek kerja yang sangat tinggi. Ada banyak perusahaan sampai kantor pemerintahan maupun kedutaan yang membutuhkan seseorang dengan kemampuan menguasai banyak bahasa. So, kalau kamu masuk jurusan bahasa ada kemungkinan besar kamu menjadi seorang polygot.

2. Ada banyak pilihan jurusan

Kamu pasti udah ga asing dong dengan berbagai jurusan di Indonesia. Akibatnya, kadang ada juga Maba alias mahasiswa baru yang sempat kebingungan untuk memilih jurusan.

Misalnya saja, kelas MIPA yang seringkali kebingungan untuk masuk jurusan teknik. Mulai dari teknik sipil, industri, kimia, dan masih banyak lagi yang apabila dilihat secara sekilas memiliki materi yang mirip-mirip. 

Beruntungnya kalau kamu masuk jurusan bahasa, maka pemilihan jurusan untuk kuliah pun sudah dijuruskan secara spesifik. Walaupun spesifik, tetapi pilihannya ada banyak lho guys.

Mulai dari sastra Indonesia yang nantinya dibagi menjadi linguistik dan khusus sastra murni. Ada juga Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra Jerman, dan masih banyak lagi. 

3. Prospek pekerjaan yang menarik

Siapa sih yang ga pengen jalan-jalan keliling Indonesia? Pastinya untuk jalan-jalan keliling Indonesia secara gratis bahkan, menjadi idaman setiap orang. Apa jadinya guys, kalau kamu bisa jalan-jalan dengan gratis sekaligus bekerja. Ibarat kata, kamu jalan-jalan plus dibayar juga. Bukannya membayar malah dibayar. 

Buat kamu yang tertarik dengan ide di atas, maka ga ada salahnya lho bercita-cita sebagai tour guide. Tour guide nantinya akan membantu para turis domestik maupun mancanegara untuk berkeliling wisata di Indonesia. Selain paham dengan wilayah pariwisata, kamu juga wajib menguasai bahasa asing guys

Menariknya lagi, biasanya jurusan pariwisata menjadi salah satu tujuan utama dari siswa kelas bahasa. Di SMA kamu akan mendapatkan basic tentang bahasa yang nantinya bisa semakin dikembangkan apabila masuk jurusan pariwisata.

So, masuk ke kelas bahasa akan sangat membantu kamu untuk mencapai cita-cita tersebut. 

4. Banyak teman dari luar negeri

Pastinya memiliki banyak teman, apalagi yang berasal dari luar negeri menjadi keinginan setiap siswa nih. Ga hanya belajar bahasa maupun bertukar pikiran tentang kebudayaan aja guys, kamu juga bisa banget mendapat kesempatan untuk menuntut pendidikan di luar negeri lho

Salah satu keuntungan dari kelas bahasa ini dapat membuatmu mempermudah mencari teman dari luar negeri guys. Hal ini dikarenakan kamu memiliki kemampuan lebih dalam bahasa maupun kesempatan lebih banyak untuk mengikuti pertukaran pelajar. Asik banget deh!

Kekurangan Jurusan Bahasa

Nah, setelah mengetahui beberapa kelebihan jurusan bahasa ada baiknya kamu juga mengetahui beberapa kekurangan dari jurusan ini guys. Hitung-hitung sebagai sebuah pertimbangan untuk memilih jurusan di SMA. 

1. Sulit linjur

Yap, kesulitan pertama yang akan kamu temui ketika menjadi anak bahasa ialah kesulitan dalam lintas jurusan. Kenapa? Buat kamu yang mungkin ingin masuk fakultas hukum maupun kedokteran sampai teknik, harus banyak bekerja keras dari siswa lainnya guys.

Hal ini dikarenakan untuk mempelajari mata pelajaran SAINTEK diperlukan effort yang lebih keras dari biasanya.

Kamu yang terbiasa mempelajari bahasa dengan mata pelajaran yang lebih menjurus ke IPS, tentunya akan sedikit kesulitan untuk memahami berbagai Soal hitungan yang rumit dari SAINTEK. Apalagi waktu yang dibutuhkan pun akan lebih banyak, sedangkan waktu ujian semakin dekat guys

2. Tingginya persaingan

Selanjutnya nih, apabila kamu masuk kelas bahasa tentunya tujuan untuk kuliah pun semakin spesifik di depan mata. Namun, jangan lupa guys kemungkinan anak IPS atau bahkan MIPA untuk linjur pun semakin besar. Biasanya anak-anak bahasa akan bersaing dengan ketat dengan anak-anak dari kelas IPS. 

Umumnya mereka memperebutkan kursi untuk fakultas sastra atau bahkan pariwisata yang umumnya menjadi salah satu fakultas yang diperuntukkan bagi siswa dari kelas bahasa. Hal ini semakin jelas ketika kamu mengikuti UTBK dan SBMPTN untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. 

3. Bidang yang sempit

Kalau kamu sudah yakin dengan kemampuan berbahasa sebagai bakat dan minat yang kelak menjadi pekerjaanmu juga maka memilih jurusan bahasa di SMA menjadi pilihan yang tepat.

Namun, apa jadinya kalau kamu hanya menyukai saja tanpa berpikir secara jangka panjang guys? Tentunya suatu waktu kamu akan mengalami kesulitan tersendiri. 

Hal ini dikarenakan kelas bahasa sangat spesifik dalam mempelajari ilmu. Kamu hanya diberikan mata pelajaran utama seputar bahasa. Jadi, kalau ternyata kamu merasa kurang cocok dengan pelajaran bahasa maka sangat tidak disarankan untuk masuk kelas ini. 

Nah, di atas adalah beberapa kelebihan dan kekurangan jurusan bahasa guys. Untuk masuk jurusan di SMA sendiri kamu harus mengetahui dengan benar apa bakat dan minat yang kamu miliki sampai cita-citamu di kemudian hari ya guys!

This post was last modified on April 14, 2021 10:44 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga… Read More

Oktober 13, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 13 Naskah Lakon Teater Modern

Hai teman-teman semua! Masih semangat ya mengikuti pembelajaran Seni Budaya kelas 11? Nah, hari ini… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 12 Konsep Teater Modern

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap bersemangat mengikuti berbagai aktivitas belajar,… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 11 Menerapkan Gerak Tari Kreasi

Halo semua! Selamat datang di materi Seni Budaya kelas 11 bab 11. Bagaimana pelajaran kemarin?… Read More

Oktober 10, 2021

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekaligus berbagai aktivitas sehari-hari?… Read More

Oktober 10, 2021

8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran… Read More

Oktober 7, 2021