Categories: SMA

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan IPS di SMA

Share

Hai guys! Sebentar lagi udah mau memasuki 2021 aja nih. Tentunya kamu harus kembali bersiap untuk semester 2 guys! Nah, ga lupa nih buat kamu yang kini duduk di bangku akhir SMP pastinya lagi sibuk banget untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi kalau bukan dunia SMA, yang katanya adalah masa terindah selama sekolah. 

Eits, kira-kira kamu udah pada tahu belum kalau di SMA sendiri dibagi menjadi 3 jenis kelas. Ada MIPA, IPS, dan Bahasa guys. Penjurusan ini dilakukan untuk memfokuskan bakat dan minatmu juga nih.

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan IPS

Nah, buat kamu yang masih bingung mau masuk jurusan apa, maka kamu engga salah artikel nih. Kali ini aku mau kasih tahu kekurangan dan kelebihan dari jurusan IPS guys. So, langsung simak ulasan di bawah ini ya!

Kelebihan jurusan IPS

1. Jaringan pertemanan yang solid

Wah, kalau yang satu ini pastinya udah ga asing untuk kamu denger kan guys? Banyak banget nih yang bilang kalau jaringan pertemanan anak IPS memang lebih solid daripada anak MIPA. Umumnya sih demikian guys

Anak-anak di kelas IPS cenderung memiliki solidaritas yang lebih tinggi satu sama lain. Entah itu dalam segi pertemanan antar perempuan sampai laki-laki lho guys. Bahkan, engga jarang nih pertemanan yang erat antara laki-laki dengan perempuan lho, eits tanpa embel-embel perasaan cinta monyet guys.

Emang erat banget jalinan pertemanan anak IPS. Ibarat kata nih, kalau satu orang kena hukuman maka satu kelas yang menemani!

2. Mudah mencetak prestasi

Selain itu, anak-anak IPS juga banyak banget nih guys mencetak prestasi. Mulai dari olimpiade yang tersedia khusus untuk mata pelajaran IPS seperti sosiologi, ekonomi, sejarah, geografi, sampai beberapa prestasi di FLS2N yang dominasi berasal dari anak IPS juga guys

Oh iya, anak IPS juga biasanya lebih sering mencetak prestasi non-akademik guys. Hal ini dikarenakan peluang untuk berprestasi di non-akademik lebih besar, daripada bidang akademik yang kemungkinan didominasi sama anak MIPA. So, nanti kalau kamu masuk SMA jangan lupa nabung prestasi ya guys!

3. Prospek bekerja di pemerintahan

Siapa nih di antara kamu yang ingin bekerja di pemerintahan? Bisa menjadi PNS, mungkin di pemerintahan dalam negeri, dan beberapa prospek kerja yang berkaitan dengan pemerintahan? Umumnya nih guys, anak-anak IPS juga memiliki cita-cita demikian. 

Ga hanya itu, hal ini juga didukung dengan mata pelajaran mereka yang umumnya membicarakan hal sosial dan tentu berkaitan erat dengan sektor pemerintahan dong. Buat kamu yang ingin menjadi akuntan sampai diplomat, yuk sini bisa banget masuk IPS! Jadi, kamu bisa dijuruskan sedini mungkin guys.

4. Meningkatkan kemampuan sosial

Kata siapa nih kemampuan sosial itu ga penting? Eits, jangan salah lho guys. Kemampuan sosial seperti menghargai manusia, critical thinking, sampai problem solving akan kamu dapatkan di kelas IPS ini. 

Dilihat dari pelajarannya sendiri, pastinya kamu juga bisa menduga value apa yang diambil dari tiap pelajaran. Ga hanya pengetahuan aja guys, bisa juga rasa kemanusiaan yang semakin tinggi sampai problem solving ketika dihadapkan dalam suatu studi kasus.

Kekurangan Jurusan IPS

Kalau tadi, kamu udah membaca beberapa poin mengenai kelebihan di jurusan IPS, maka kini kamu juga harus mengetahui guys beberapa hal berkaitan dengan kekurangan jurusan IPS. Hal ini bisa menjadi tolak ukur kamu mengenai kemampuan pribadi sampai bahan pertimbangan untuk kedepannya ya guys!

1. Hafalan yang banyak

Ga bisa dipungkiri lagi nih kalau jurusan IPS memiliki hafalan yang super banyak. Mulai dari sejarah Indonesia sampai sejarah peminatan, geografi, sosiologi, ekonomi yang dipadukan dengan hitung-hitungan. Belum lagi beberapa mata pelajaran wajib seperti PKN atau Pendidikan Kewarganegaraan dan juga ilmu bahasa.

Pastinya kamu bisa membayangkan guys, apabila dalam sehari terdapat dua mata pelajaran yang ulangan. Misalnya sejarah dan geografi. Maka sebanyak apakah kamu akan menghafal? Memang berat guys, tetapi kalau kamu memang menyukai ilmu di atas maka tidak ada salahnya untuk masuk jurusan IPS.

2. Sulit lintas jurusan

Pastinya kamu juga engga asing dengan anak-anak MIPA yang sering banget linjur alias lintas jurusan. Bisa aja nih anak MIPA yang ingin lintas jurusan mengambil jurusan hukum, hubungan internasional, akuntansi, dan lain-lain yang harusnya menjadi jurusan bagi anak IPS.

Memang anak IPS juga bisa kok untuk linjur mengambil teknik, kedokteran, dan cabang ilmu sains lainnya. Namun, realitanya hal ini bisa dibilang langka banget guys! Kebanyakan anak MIPA yang linjur karena merasa cabang ilmu IPS lebih bisa dipelajari dalam waktu cepat daripada ilmu sains yang butuh pemahaman lebih. 

Jadi, memang agak sulit bagi jurusan IPS untuk linjur ke jurusan MIPA. Apalagi di kelas IPS kamu terbiasa menghafal dan lebih memahami suatu pelajaran daripada kelas sains yang cenderung menggunakan logika dan hitung-hitungan secara bersamaan. 

3. Prospek masuk kuliah cukup ketat

Berkat poin nomor dua ini, maka dihasilkan prospek kuliah yang cukup ketat. Banyaknya siswa dari jurusan IPS yang umumnya memang memiliki kelas lebih banyak daripada anak MIPA sampai cukup banyak anak MIPA yang ingin masuk jurusan IPS, membuat anak IPS sendiri yang merasa kesulitan. 

Hal ini dikarenakan prospek kuliah menjadi lebih ketat karena pesaingnya lebih banyak guys. So, kamu juga harus mengeluarkan effort yang lebih keras nih guys! Apalagi nanti ketika hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

4. Sering dipandang sebelah mata

Tau ga sih guys, kalau menjadi anak IPS itu memang sering dipandang sebelah mata? Entah oleh keluarga, orang tua, sampai tetangga, hehehe. Hal ini dikarenakan anak IPS sering dicap sebagai anak buangan yang ga mampu masuk kelas MIPA. Padahal nggak semuanya demikian guys

Ada juga anak yang ingin masuk kelas IPS karena mengetahui bakatnya di bidang IPS lebih kuat daripada MIPA. Ga hanya itu, anak IPS juga sering dikaitkan sebagai anak nakal yang cukup urakan. Padahal engga semuanya demikian juga guys.

Tentunya menjadi hal yang wajar dong kalau paling tidak ada satu anak di kelas yang memang cukup bandel.  Setidaknya, stigma seperti ini yang pasti sering kamu temui apabila masuk kelas IPS nantinya guys.

Nah, di atas adalah beberapa kelebihan dan kekurangan anak IPS yang harus kamu ketahui nih. Untuk memiliki penjurusan kelas pun kamu ga boleh sembarangan guys.

Tentunya hal ini akan berdampak pada pendidikanmu di jenjang selanjutnya sampai pengetahuan yang kamu miliki. So, saran dariku adalah ikuti kata hati dan kamu harus benar-benar mengetahui bakat dan minatmu sesungguhnya ya!

Semangat!

This post was last modified on Desember 11, 2020 4:38 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

6 Persiapan untuk Lanjut Studi S2 dengan Beasiswa

Belajar memang tidak terbatas sampai kapan dan dimana. Belajar bisa sampai umur berapapun dan ke… Read More

Januari 21, 2021

5 Persiapan Sebelum Belajar di Luar Negeri

Belajar atau menempuh studi di luar negeri kini sudah banyak dijalani oleh sebagian orang. Banyak… Read More

Januari 21, 2021

9 Alasan Penting Harus Membaca Buku

Banyak diantara kamu yang mungkin sudah terbiasa membaca buku. Membaca buku bagi sebagian orang memang… Read More

Januari 21, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 13 Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf

Hidup jadi lebih damai dengan ikhlas, sabar, dan pemaaf tentunya sangat penting untuk kita ketahui,… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 12 Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw

Penerus perjuangan Nabi Muhammad saw tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang bersifat spontanitas… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 11 Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan

Hijrah ke Madinah, sebuah kisah yang membanggakan tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang… Read More

Januari 17, 2021