16 Jenis Kepribadian Menurut Tes MBTI yang Wajib Kamu Ketahui! (Part 1)

Ada sekitar 16 kepribadian menurut tes MBTI guys! Apakah kamu masih asing dengan tes ini? Oke, secara sederhana tes MBTI adalah sebuah tes kepribadian yang akan mengetahui tipe apa sebenarnya kamu. Apakah kamu termasuk sebagai introvert atau ekstrovert? Perasa atau pemikir? Sampai intuisi atau logika?

Bahkan tes ini akan mengkategorikan kepribadianmu secara lebih rinci guys. Tes MBTI sendiri akan menghasilkan 4 jenis domain dari 8 yang ada. Domain tersebut antara lain introvert, ekstrovert, penginderaan, intuisi, pemahaman, pemikir, perasaan, dan pemikir. Nah, penasaraan kamu masuk jenis kepribadian yang mana? Yuk, kepoin ulasannya di bawah ya guys!

Daftar Isi

Jenis Kepribadian Menurut Tes MBTI

1. Kepribadian INFP

kepribadian menurut tes MBTI
Sumber: shakespeare.org.uk

Pertama ada jenis kepribadian INFP yang terdiri dari introvert, intuisi, perasaan, dan pemahaman. Kepribadian satu ini terkenal sebagai seseorang yang memiliki pemikiran kuat dalam menjalankan suatu hal. Hal paling sederhana untuk mengetahui apakah kamu seorang INFP atau tidak yaitu berdasarkan prinsip dan kegigihan yang dimiliki.

Oh iya, INFP juga menyukai segala sesuatu tentang keindahan, hal yang praktis, maupun perasaan tertentu sesuai pengalaman yang ia alami lho. Hal ini membuatnya memiliki komunikasi yang cenderung berdasarkan perasaan daripada logika semata guys. Salah satu INFP terkenal ialah Willian Shakespeare.

2. INTP

Yup, INTP atau kepribadian menurut tes MBTI tersusun dari introvert, intuisi, pemikir, dan pemahaman. INTP bisa disebut sebagai seorang yang jenius atau cerdas dalam suatu disiplin ilmu gengs. Umumnya nih para pemilik kepribadian ini ialah seorang filsuf, profesor, atau bahkan pakar tertentu.

Kepribadian satu ini memiliki logika yang kuat dan senang berdiskusi seputar materi atau ilmu pengetahuan guys. Mereka senang melakukan eksperimen, menulis berbagai kemungkinan, maupun mencari kejanggalan tentang fenomena juga. Menariknya, INTP bisa penulis sebut sebagai seorang dengan rasa ingin tahu super besar.

Baca Juga:  4 Cara Menemukan Passion dengan Mudah! Kamu Wajib Banget Coba nih Guys!

Beberapa contoh pemilik kepribadian INTP ialah Albert Einstein, Isaac Newton, Blaise Pascal, dan mungkin saja kamu yang membaca artikel ini! Hehehe

3. INFJ

kepribadian menurut tes MBTI
Sumber: cg.amoredo.org

Berikutnya, apakah kamu seorang yang memiliki kemauan kuat dan membungkus argumen dengan bahasa yang lebih dekat daripada berbicara tentang logika di kepala? Mungkin kepribadian ini terdengar manipulatif guys, tetapi bisa jadi kamu adalah seorang INFJ lho.

INFJ sendiri tergabung dari introvert, intuisi, perasaan, dan penilai. Kabarnya pemilik kepribadian ini tak sampai 1% dari populasi dunia. Biasanya INFJ memiliki logika yang kuat, pemahaman yang sangat cerdas, tetapi cenderung mengatakannya dengan menggunakan perasaan daripada logika.

Pemilik INFJ juga memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi dan lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri. Salah satu contoh INFJ yang terkenal ialah Nelson Mandela ataupun Mother Teresa.

4. INTJ

Next, kepribadian menurut tes MBTI yang kedua ialah INTJ. Pribadi satu ini merupakan gabungan dari introvert, intuisi, pemikir, dan penilai. Ciri khas unik yang dimiliki seorang INTJ ialah pengetahuan yang luas karena kegemarannya akan ilmu pengetahuan guys.

Umumnya nih seorang INTJ adalah pembaca buku yang paling ulung lho. Ga hanya itu, ia juga memiliki banyak sekali ide-ide menarik tentang suatu hal sesuai dengan minat yang dimiliki. Karena hal inilah, kebanyakan INTJ berdiri sebagai seorang pemikir di balik layar maupun seorang observer yang handal.

Siapa sih contoh seorang INTJ? Kamu kenal filsuf terkenal sekaligus penulis Nietzsche? Yap, beliau adalah seorang INTJ guys. Ga hanya itu, Christopher Nolan sutradara legendaris sampai Elon Musk juga seorang INTJ lho!

5. ISFJ

kepribadian menurut tes MBTI
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Siapa nih di antara kamu yang sering mengikuti berbagai acara amal, acara sosial, dan merasa bahwa membantu orang lain adalah hal yang harus dilakukan kapanpun? Apabila kamu merasa demikian, bisa jadi nih guys kamu seorang ISFJ. Kepribadian ini terdiri dari introvert, penginderaan, perasaan, dan penilai.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Dominasi Otak Kanan, Apakah Kamu Termasuk?

Kamu yang memiliki kepribadian seperti ini akan sangat senang untuk membantu atau bermanfaat di hadapan orang lain. Biasanya kamu juga memiliki ketelitian yang tinggi sekaligus kepekaan dalam melihat lingkungan guys. Oh iya, walaupun ISFJ adalah seorang introvert tetapi mereka bisa bergaul dengan baik dalam suatu komunitas.

Salah satu public figure yang memiliki kepribadian ISFJ adalah Anne Hathway, Queen Elizabeth II, sampai Dr Watson dalam serie Sherlock Holmes lho!

6. ISTP

Salah satu kepribadian menurut tes MBTI yang terdiri dari introvert, penginderaan, pemikir, dan pemahaman yang disebut sebagai ISTP. Walaupun seorang introvert, di beberapa situasi tertentu yang mendesak justru seorang ISTP maju lebih dulu dibandingkan pemilik kepribadian ekstrovert.

Hal ini dikarenakan ciri utama dari kepribadian ini ialah sikap berani dan mengeksplorasi dunia baru walaupun ia tetap berada dalam circle yang lama. Kamu yang termasuk ke dalam kepribadian ISTP cenderung senang menyelesaikan masalah sampai menguasai berbagai peralatan mekanis.

Siapa sih contoh pemilik kepribadian ISTP? FYI guys, menurut penelitian pemilik gender ini sebagian besar adalah laki-laki. So, kalau kamu perempuan dan termasuk sebagai ISTP maka selamat! Kamu super unik! Contoh pemilik kepribadian ini adalah Olivia Wilde, Tom Cruise, sampai Michael Jordan!

7. ISTJ

kepribadian menurut tes MBTI
Sumber: britannica.com

Yup, di posisi ke-7 terdapat kepribadian yang terdiri dari introvert, penginderaan, pemikir, dan penilai. Seorang dengan kepribadian ISTJ selalu mengutamakan kebenaran di atas segala peristiwa dan merasa gelisah apabila melanggar suatu peraturan guys. Biasanya mereka juga memiliki kepekaan terhadap lingkungan serta kesabaran.

ISTJ juga seorang analisis yang pandai, menyukai detail, dan selalu tepat waktu dalam menjalankan suatu pekerjaan. Menariknya, ISTJ yang masuk dalam kategori introvert memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga circle pertemanan. Sehingga ia memiliki lingkup pergaulan yang sesuai dengan kepribadiannya.

Baca Juga:  Kenali Bakat dan Minat Kamu dengan Tes Online, Gratis Guys!

Beberapa tokoh terkenal dengan kepribadian ISTJ adalah Anthony Hopkins, Natalie Portman, sampai George Washington. Melihat ciri-ciri di atas, apakah kamu termasuk kepribadian satu ini guys?

8. ISFP

Last di part pertama ini, ada kepribadian menurut tes MBTI yang terdiri dari introvert, penginderaan, perasaan, dan pemahaman sering disebut sebagai ISFP. Kepribadian satu ini adalah seniman keren yang memiliki bakat sejak lahir guys! Eits, seniman yang penulis maksud bukan berarti seorang pelukis aja ya.

Jauh lebih itu guys, ISFP adalah seorang yang bebas dan tidak ingin dikendalikan orang siapapun. Biasanya hidup seorang ISFP ialah berpetualang, mencari hal-hal baru, dan mencoba hal seru. Menariknya karena kepribadian ini termasuk kategori introvert, segala kebebasan senang dilakukan ISFP seorang diri.

Seorang dengan kepribadian ISFP biasanya memilih pekerjaan yang fleksibel dan sesuai dengan keinginannya sejak kecil. Pemilik kepribadian ini seperti Lana Del Rey, Michael Jackson, atau artis asal Korea Jungkook.

Nah, itu tadi 8 jenis kepribadian menurut tes MBTI di part 1 guys. Yap, semuanya memang termasuk sebagai kategori introvert, tetapi tenang aja guys! Dalam part berikutnya penulis akan membagikan berbagai jenis kepribadian dari kategori ekstrovert nih.

By the way, komen di bawah yuk apakah kamu termasuk dalam kepribadian di atas??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Hai teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online maupun …