Tertarik Masuk MIPA? Yuk, Simak Dulu 6 Keunggulan dan Kelemahan Jurusan MIPA di SMA!

Hayoo, siapa nih di antara kamu yang masih bingung untuk nentuin jurusan di SMA? Yuk, mulai riset lagi gengs berbagai keunggulan, kelemahan, sampai skill yang mungkin dibutuhkan di jurusan tersebut. Hal ini tentunya akan membantu kamu memutuskan jurusan dengan tepat!

Nah, kali ini penulis mau share nih tentang keunggulan dan kelemahan jurusan MIPA gengs! Ga hanya itu penulis juga mau sedikit cerita tentang masa SMA penulis di kelas MIPA. Suka-duka sampai berbagai kenangan seru di dalamnya! So, yuk langsung aja kepoin ulasan di bawah ya!

Daftar Isi

Masuk MIPA? Salah Jurusan?!

Keunggulan dan kelemahan jurusan MIPA
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Sebelum masuk ke berbagai keunggulan dan kelemahan jurusan MIPA, penulis mau sedikit share ya kalau dulu penulis salah jurusan gengs. Wah, kok bisa? Yap, semua bermula dari SMP nih gengs.

Dulu, sistem penerimaan SMA di tahun penulis berdasarkan zonasi. Kebetulan penulis masuk ke zona 2 untuk SMA favorit yang penulis incar gengs. Dikarenakan masuk ke zona 2, otomatis penulis masuk ke jurusan IPS. Padahal kakak penulis sendiri adalah anak MIPA yang cukup berprestasi di SMA tersebut.

Dari sinilah gengs, semangat penulis terasa dibakar. Penulis merasa bahwa bisa kok masuk jurusan MIPA di SMA. Walaupun track record lomba yang diikuti penulis yaitu di bidang IPS dan juga bahasa. Namun, gimana lagi karena merasa dibandingkan dan terbakar semangatnya maka penulis mengambil SMA jurusan MIPA di luar kota.

Selain itu penulis juga engga riset dulu nih tentang keunggulan dan kelemahan jurusan MIPA. Padahal hal itu penting banget gengs! Eh ternyata oh ternyata, semangat saja engga cukup lho!

Tahun pertama penulis di kelas MIPA saja sudah berjalan kurang baik guys. FYI, penulis ini tipe yang tidak bisa diam di kelas dan pelajaran biasa. Sehingga semester 1, penulis sudah mengikuti lomba story telling gengs. Ga hanya itu, dengan nekat penulis mendaftar sebagai anggota OSIS.

Baca Juga:  Serba-Serbi Jurusan Hubungan Internasional! Ada 3 Fakta Menarik yang Wajib Diketahui!

Tentu saja dong, karena keasyikan lomba dan juga keseruan di organisasi OSIS maka penulis sampai lalai nih terhadap mata pelajaran. Kamu perlu tahu juga gengs, kalau sekali ketinggalan mata pelajaran dan kamu tunda untuk mempelajari maka percaya deh di ujian nanti kamu hanya bisa pasrah.

Yap, hal itulah yang terjadi di penulis. Hampir setiap hari pulang pukul setengah 7 malam karena mengikuti ekstrakurikuler, latihan lomba, dan juga berbagai rapat OSIS akhirnya pelajaran sekolah tidak diperhatikan sama sekali.

Di kelas dua, penulis baru menyadari bahwa passionnya bukan di MIPA. Penulis lebih menyukai IPS atau kelas bahasa. Namun, bagaimana lagi? Nasi sudah menjadi bubur gengs. Sehingga penulis mencoba nih untuk kembali ke jalur passion dengan mengambil jurusan hukum di perkuliahan.

Hasilnya sungguh berat gengs! Penulis harus mengulang kembali pelajaran di kelas IPS demi mengikuti SBMPTN. So, penulis harap kamu yang mau masuk ke jurusan apapun yuk pertimbangkan gengs!

Pikirkan juga jurusan kuliah kamu di masa depan! Jangan lupa untuk melakukan riset tentang keunggulan dan kelemahan jurusan MIPA juga. Supaya kamu ga salah langkah seperti penulis ya!

Keunggulan dan Kelemahan Jurusan MIPA

unemotional black man with backpack standing on yellow background
Photo by Gabby K on Pexels.com

1. Melatih logika dan nalar

Yup, keunggulan jurusan MIPA yang pertama adalah mampu melatih logika dan nalar. Kamu perlu tahu nih guys, mata pelajaran yang pasti kamu temui di kelas MIPA ialah fisika. Menurut penulis sendiri, fisika inilah mapel utama yang melatih logika dan nalar.

Di fisika, kamu akan bertemu hitung-hitungan sekaligus soal cerita. Bahkan setiap materi atau konsep yang dibawakan pun mengharuskan kamu untuk melogika di dalam kepala, sembari membayangkan angka yang diberikan.

Baca Juga:  8 Daftar Sertifikat untuk SNMPTN, Penting Guys, Jangan Lupa Dicatat ya!

2. Banyak pilihan jurusan di kuliah

Next, keunggulan jurusan MIPA yang kedua adalah banyaknya pilihan untuk jurusan kuliah. FYI, jurusan yang bersinggungan dengan MIPA nih ada banyak banget guys. Mulai dari kedokteran, keperawatan, sampai teknik yang ada buanyak banget! Teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, dan masih banyak lagi.

Belum lagi, ilmu murni seperti fisika murni, biologi murni, sampai biologi atau fisika pendidikan. Yap, memang banyak banget pilihan jurusan MIPA di perkuliahan nanti gengs.

Selain itu, kamu juga masih bisa mengejar beberapa jurusan seperti bisnis manajemen, administrasi negara, bahkan sastra atau hukum. Namun, umumnya kamu yang linjur memang harus mati-matian banget nih untuk mengejar materi.

3. Ilmu masa depan

Keunggulan jurusan MIPA yang terakhir ialah disiplin ilmu yang dipelajari termasuk ilmu masa depan. Penulis sendiri mendapatkan kalimat ini dari beberapa orang dan juga kakak sendiri. Kenapa? Karena fisika, biologi, sampai kimia adalah disiplin ilmu yang terus mengalami perkembangan di masa depan.

Seperti pembuatan roket, penemuan berbagai vaksin untuk virus, sampai hal sederhana tentang tanaman tanpa biji, dan masih banyak lagi. Sementara itu, berbagai ilmu bahasa sampai SOSHUM bisa dikatakatan sebagai ilmu masa kini.

SOSHUM memperbaiki dan mengatadi masalah di masa sekarang, sedangkan SAINTEK lebih mengembangkan berbagai inovasi di masa depan.

4. Banyak hitung-hitungan

Oke, kita masuk ke sesi kelemahan jurusan MIPA. FYI, penulis sendiri engga suka hitung-hitungan. So, ketika masuk kelas MIPA memang menyesal banget karena bertemu berbagai pelajaran yang berhubungan dengan hitung-hitungan.

Mulai dari matematika minat dan wajib, fisika, biologi, kimia, bahkan untuk lintas minat IPS, penulis mendapatkan pelajaran ekonomi. Memang, hitung-hitungan menjadi basic dasar di kelas MIPA gengs.

Jadi, penulis kasih saran nih, semisal kamu memang ga memiliki kemampuan kuat di bidang hitung-hitungan maka kamu bisa pertimbangkan lagi untuk masuk kelas ini. Karena sekalinya masuk, seterusnya akan sulit gengs!

5. Tugas yang banyak

Next, kelemahan jurusan MIPA selanjutnya adalah tugas yang banyak. Yap, karena kamu bertemu kombinasi antara hitung-hitungan dan juga teori maka selamat! Kamu akan diminta membuat makalah sekaligus latihan soal tentang hitung-hitungan juga!

Baca Juga:  Rangkuman Materi Cahaya dan Alat Optik

Ga hanya itu, nantinya ketika kelas 3 pastinya kamu akan melakukan UPRAK atau ujian praktek. Kelas MIPA lah yang mendapatkan mapel UPRAK (ujian praktik) paling banyak. Mulai dari fisika, kimia, biologi, olahraga, kewirausahaan, dan kesenian (umumnya).

Sementara kelas IPS hanya olahraga, kesenian, dan kewirausahaan. Hal ini dikarenakan mapel utama di kelas IPS memang tak ada yang menjadi ujian praktik gengs. Belum lagi berbagai pratikum yang mungkin kamu hadapi di hari biasa.

6. Jam sekolah yang padat

Terakhir di kelemahan jurusan MIPA ialah jam sekolah yang padat. Yap, menurut penulis sendiri sih jam kelas MIPA memang padat gengs. Mulai dari segi pelajaran sampai tugas yang membuat jam sekolah hingga sore hari.

Belum lagi apabila kamu mengikuti ekstrakurikuler yang berhubungan dengan MIPA, organisasi sekolah, sampai les mata pelajaran. Penulis bisa jamin, di malam hari kamu baru bisa sampai rumah.

Nah, itu tadi beberapa keunggulan dan kelemahan jurusan MIPA gengs! Gimana? Apakah kamu siap dengan risiko dan keuntungan di atas? Penulis kembalikan lagi kepadamu ya! Kalau kamu memang passion dan siap dengan berbagai tantangan baru maka jangan ragu masuk ke kelas MIPA guys!

Akan tetapi, kalau kamu memang tidak passion di hitung-hitungan maka lebih baik masuk ke jurusan IPS saja. Toh, ketiga jurusan di SMA yakni MIPA, IPS, dan Bahasa memiliki keunggulannya masing-masing gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…