5 Keunggulan Sekolah Kedinasan Dibanding PTN atau PTS!

Keunggulan Sekolah Kedinasan – Hello guys! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik-baik saja di manapun kamu berada ya! Guys, buat kamu yang kini udah kelas 12 atau  bahkan ada yang masih kelas 11, kira-kira udah punya tujuan untuk melanjutkan perguruan tinggi di mana nih? Apakah kamu memilih perguruan tinggi negeri, swasta, atau bahkan sekolah kedinasan?

Nah, buat kamu yang masih dilematis atau mungkin sudah punya tujuan untuk masuk ke sekolah kedinasan, kamu engga salah artikel guys. Kali ini aku mau share ke kamu tentang apa aja sih keunggulan sekolah kedinasan? Lalu kira-kira syarat untuk masuk ke sekolah kedinasan apa aja ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini guys!

Keunggulan Sekolah Kedinasan Dibanding PTN atau PTS!

pkn stan - Keunggulan Sekolah Kedinasan

1. Dinaungi langsung oleh lembaga negara

Pertama, kamu harus tahu nih kalau sekolah kedinasan itu dinaungi langsung oleh beberapa lembaga negara di Indonesia. Misalnya, Kementerian Keuangan yang membawahi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), AKPOL atau AKMIL yang dibawahi oleh Kementerian Pertahanan.

Jadi, secara materi dan pendidikan kamu akan mendapatkan pengawasan langsung dari lembaga negara tersebut. Materi yang dirancangkan juga dibuat agar sesuai atau dapat diterapkan di lembaga negara tersebut.

2. Biaya yang terjangkau

Kedua, apabila kamu memilih sekolah kedinasan maka biaya yang diraup nyaris lebih terjangkau daripada perguruan tinggi negeri atau bahkan perguruan swasta. Beberapa lembaga pemerintah juga menyediakan potongan biaya sekolah sampai beasiswa bagi para muridnya. Kebanyakan beasiswa tersebut bersifat full scholarship atau bisa dibilang mendekati gratis-tis!

Baca Juga:  7 Penyebab Gagal Masuk STAN, Nomor 6 Sering Terjadi!

Kalau kamu masuk sekolah kedinasan, semua biaya pendidikan sampai tempat tinggal biasanya lebih terjangkau. Sekolah tersebut biasanya memiliki asrama pribadi dan beberapa fasilitas lainnya yang disediakan untuk setiap siswa-siswinya.

3. Prospek kerja yang terjamin

Selanjutnya, ada prospek kerja yang terjamin. Kalau kamu lihat tingkat pengangguran di Indonesia khususnya bagi fresh graduate maka kamu akan menemukan angka yang cukup tinggi. Namun, hal ini ga berlaku guys bagi siswa-siswa di sekolah kedinasan. 

Kebanyakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan lembaga pemerintahan memiliki jaminan atau prospek kerja yang terjamin di lembaga pemerintahan yang menaunginya.

Misalnya, STAN yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan memiliki prospek kerja yang tinggi untuk bekerja di berbagai sektor keuangan atau di bawah lembaga perpajakan. Hal ini sama dengan berbagai sekolah di bawah naungan lembaga lainnya guys!

4. Kaya akan relasi dan pertemanan

Yup, tak hanya soal materi saja, tetapi di lingkup pertemanan sendiri kamu akan berjumpa dengan berbagai siswa dari seluruh Indonesia. Siswa tersebut berkumpul dan belajar bersama kamu yang artinya dapat menambah relasi pertemanan kamu. Bisa saja kamu berkumpul di sekolah atau perguruan tinggi di Magelang atau Jakarta, tetapi memiliki teman dari Nusa Tenggara dan lain sebagainya.

5. Adanya pelatihan skill khusus

Setelah materi dan lingkup sosial yang mendukung, sekolah kedinasan juga memberikan pelatihan bagi beberapa skill khusus. Misalnya, seperti kedisiplinan yang tinggi, komitmen, dan cinta tanah air. Selain itu, beberapa skill yang mampu diterapkan langsung di lingkungan masyarakat juga dilatih oleh sekolah atau perguruan tinggi kedinasan.

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan

Untuk syarat masuk ke perguruan tinggi kedinasan, biasanya ada persyaratan khusus yang berasal dari sekolah tersebut. Namun, kali ini aku akan share secara garis besarnya ya guys!

  1. Warga negara Indonesia
  2. Sehat secara jasmani dan rohani
  3. Bebas dari narkoba
  4. Tidak buta warna (beberapa sekolah kedinasan memasukkanya ke dalam persyaratan yang harus dipenuhi)
  5. Lulusan SMA/SMK/MA (Peminatan IPA dan IPS) dengan nilai berada di atas rata-rata. (Beberapa sekolah kedinasan memberikan penjurusan bagi lulusan SMA/MA/SMK, tidak semuanya memperbolehkan lulusan di atas untuk secara bebas mengambil program studi)
  6. Minimal berumur 16 tahun dan maksimal 22 tahun 
  7. Belum pernah menikah dan siap untuk tidak menikah selama melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan.
  8. Tidak terikat dengan kedinasan lainnya.
  9. Siap mengikuti pembelajaran di kedinasan dengan tertib.
  10. Setelah lulus nanti siap bekerja di bawah lembaga yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.
Baca Juga:  Cara Daftar Calon Taruna di STPN Yogyakarta

Nah, di atas adalah beberapa keunggulan sekolah kedinasan sampai beberapa syarat untuk masuk sekolah kedinasan secara umumnya guys! Biasanya sekolah kedinasan menerapkan beberapa persyaratan khusus juga, kamu bisa langsung mengunjungi laman website resminya ya! Semangat selalu!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia, Tertarik Masuk?

Sekolah Kedinasan Terbaik – Guys, kamu pasti udah ga asing dong mendengar beberapa s…