Yuk, Simak 5 Keuntungan Ikut OSIS di Bawah ini!

Kamu yang baru masuk SMP dan baru mengenal apa yang namanya OSIS mungkin bertanya-tanya, “ngapain sih masuk OSIS?”Apa nih untungnya buat aku?” OSIS merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah dan menjadi salah satu organisasi yang berperan penting di dalam sekolah. Dengan menjadi seorang anggota kepengurusan OSIS tentunya akan membawa banyak manfaat bagi kamu.

Apa aja Sih Keuntungan Ikut OSIS?

1. Merasakan pengalaman berorganisasi

Sesuai dengan namanya, OSIS adalah sebuah organisasi yang ada di dalam sekolah. Di beberapa sekolah OSIS menjadi satu-satunya organisasi yang diakui oleh sekolah. Dengan menjadi anggota OSIS, kamu akan merasakan bagaimana rasanya menjadi bagian dari suatu organisasi.

Organisasi merupakan kumpulan banyak orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Di dalam OSIS, kamu bekerja dengan anggota lainnya untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah disusun. Kamu akan mengambil peran dan saling membantu dengan anggota lainnya dalam mewujudkan tujuan bersama tersebut.

Pengalaman berorganisasi ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat yang akan kamu jalani di masa depan. Dengan terbiasa saling membantu dan bekerja sama di dalam suatu organisasi, kamu dapat menjadi lebih berperan dan berarti di dalam masyarakat.

2. Bekal untuk berorganisasi di SMA dan kuliah

Jika di SMP ada organisasi OSIS, di SMA, dan kuliah terdapat lebih banyak jenis organisasi. Tentunya setiap tugas dan peran yang dijalankan menjadi lebih berat ketika kamu ikut organisasi di jenjang pendidikan SMA dan kuliah.

Baca Juga:  Sejarah Terbentuknya OSIS

Dengan menjadi anggota OSIS sejak SMP kamu akan lebih mengerti dan terbiasa mengenai tugas dan peranmu di dalam suatu organisasi, sehingga hal ini akan memudahkanmu menjalankan tugas sebagai anggota suatu organisasi di SMA dan kuliah.

Biasanya, ketika mendaftarkan diri menjadi anggota suatu organisasi di SMA, siswa yang berpengalaman mengikuti OSIS di SMP memiliki nilai tambahan untuk dapat masuk. Hal ini karena dengan kamu menjadi OSIS berarti kamu dianggap memiliki poin plus dalam hal tanggung jawab.

3. Mengasah skill-skill yang dapat digunakan dalam kehidupan.

Di dalam OSIS kamu pasti akan bersosialisasi dengan lebih banyak orang. Berteman dengan siswa dari kelas lain, dengan kakak kelas sampai adik kelas. Kamu akan dituntut dapat berhubungan baik dengan semua anggota serta dapat menjalin kerjasama yang baik pula. Skill bersosialisasi ini menjadi salah satu kemampuan yang penting bagi kehidupan kamu.

Tak hanya bersosialisasi, kamu juga akan belajar bagaimana menyusun jadwal, merencanakan suatu acara, tata cara mengadakan rapat, dan menyuarakan pendapat. Organisasi OSIS menjadi organisasi yang banyak berperan dalam kegiatan-kegiatan sekolah, bahkan terdapat beberapa acara yang disusun dan diselenggarakan oleh OSIS sendiri.

Dengan kesempatan ini, kamu dapat terbiasa merencanakan suatu kegiatan dan bertanggung jawab atas apa yang sudah kamu kerjakan. Hal ini tentunya akan sangat kamu butuhkan di kehidupan kamu, terutama di dalam dunia kerja.

4. Mempunyai banyak teman.

Menjadi anggota OSIS berarti kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak siswa lainnya. Siswa yang berbeda kelas hingga kakak kelas ataupun adik kelas. Kamu dapat lebih banyak mengenal teman lain selain dari teman satu kelas. Melakukan banyak interaksi dengan mereka serta perlahan membentuk suatu hubungan baik antar anggotanya.

Baca Juga:  Contoh Proposal Kelas Meeting OSIS

Tak hanya dari satu sekolah, terkadang terdapat acara dengan sekolah lain yang akan melibatkan anggota OSIS. Dengan menjadi anggota OSIS, kamu dapat mengikuti acara atau kegiatan tersebut sehingga memiliki kesempatan berkenalan dengan siswa dari sekolah lain. Beinteraksi dan menjalin hubungan pertemanan dengan mereka tentunya akan memperluas hubungan relasimu.

5. Lebih dikenal guru dan teman lainnya.

Dengan menjadi anggota OSIS akan membuat kamu lebih aktif berperan dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Di dalam kegiatan sekolah tentunya akan terdapat guru-guru yang ikut berperan. Melalui kesempatan tersebut, biasanya kamu dapat menjalin lebih banyak interaksi dan lebih dikenal oleh para guru.

Menjadi pengurus suatu acara atau kegiatan sekolah juga membuatmu lebih terlihat oleh teman-teman lain yang bukan pengurus OSIS. Kamu akan menjadi lebih diingat dan dikenal oleh warga sekolah. Namun, jangan jadikan ini motivasi utama untuk gabung dalam OSIS. Anggap saja hal ini sebagai bonus untukmu yang menjadi anggota OSIS.

Ternyata bergabung menjadi anggota OSIS sejak SMP memiliki banyak manfaat guys! Manfaat yang didapat tak hanya jangka pendek, melainkan juga jangka panjang! Jadi, jangan ragu lagi untuk gabung ke dalam OSIS ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…