Categories: Skill AcademyPrakerja

5 Keuntungan Kartu Prakerja, Bisa Dapat Insentif Jutaan!

Share

Disaat musim pandemi seperti saat ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan disebabkan oleh perusahaan yang tutup karena binis atau perusahaan tidak bisa berjalan karena rusak roda perekonomian masyarakat. Dan berdampak pada banyaknya karywanan yang kena PHK.

Bagi yang sulit mendapatkan pekerjaan pemerintah telah meluncurkan kartu prakerja yang bertujuan untuk membekali calon karyawan yang siap bekerja dengan diberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi.

Pemerintah telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pelatihan baik pelatihan online dan offline. Untuk pelatihan online pemerintah telah bekerjasama dengan Skill Academy, sebuah platform belajar online untuk meningkatkan keahlian dalam berbagai bidang.

Skill Academy kini merupakan murni lembaga pelatihan Prakerja sehingga bisa berfokus memberikan layanan pendidikan dan pelatihan Prakerja. Ketika menjadi Mitra Resmi Platform Digital, Skill Academy bekerja sama langsung dengan pemerintah menyelenggarakan program Kartu Prakerja  sebagai marketplace bagi peserta Prakerja.

Kelas Prakerja Skill Academy dapat dibeli di Mitra Platform Digital seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Berikut beberapa keuntungan dari kartu prakerja yang penting untuk kamu ketahui.

5 Keuntungan Kartu Prakerja

1. Kartu Prakerja Gratis

Program Kartu Prakerja diadakan secara gratis oleh pemerintah dan terbuka untuk semua. Untuk bisa mendapatkannya kamu harus minimal berusia 18 tahun dan menjadi WNI dan tidak sedang menempuh pendidikan formal (kamu tidak sedang sekolah/kuliah).

Karena banyaknya peminat kartu prakerja (dilansir dari kompas.com, hanya 21 jam sejak pendaftaran dibuka, sudah ada 1,4 juta orang yang melakukan pendaftaran), kamu harus bersaing dengan orang-orang lain. Bisa jadi kamu tidak langsung mendapat gelombang pertama dan harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkannya, karena harus antri.

2. Insentif Biaya Pelatihan

Dengan memiliki Kartu Prakerja, salah satu keuntungannya adalah kamu akan diberikan insentif untuk mengikuti pelatihan online maupun offline sebesar 1 juta rupiah. Uang ini nanti akan masuk ke saldo dompet digital dan dapat digunakan untuk membeli kelas-kelas pelatihan online yang ada di situs skillacademy.com/prakerja.

Mulai dari kelas belajar untuk kompetensi personal ataupun untuk mengembangkan UMKM, hingga tips dan trik dalam membuka usaha untuk pemula di masa padnemi covid-19. Kelas-kelas pelatihan ini nanti bisa kamu akses selamanya, setelah lulus, kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk kebutuhan CV kamu.

3. Mengetahui Kondisi Pekerjaan Profesional Secara Nyata

Agar kamu terbiasa dengan jenis pekerjaan yang akan kamu kerjakan jika sudah bekerja, tentu kamu perlu tahu terlebih dahulu kondisi aslinya di lapangan. Apakah betul profesi “Konten Writer”, misalnya, yang bekerja di kantor adalah seperti yang kamu pikir selama ini?

Untuk itu, mengikuti kelas-kelas pelatihan sangat disarankan. Sehingga. ketika kamu terjun langsung di dunia kerja profesional, kamu tidak merasa kaget dengan tantangan dan hambatan yang ada. Kamu sudah mempunyai bekal dan persiapan untuk bersaing di dunia kerja. Di sisi lain, perusahaan akan senang karena tahu bahwa kamu dengan serius dan punya motivasi yang tinggi untuk bekerja.

4. Mendapatkan Informasi Lintas Keterampilan

Jika kamu merasa salah jurusan kamu diharuskan berpindah haluan untuk meniti karir di bidang yang baru, tentu kamu butuh pengetahuan yang memadai. Dengan mempunyai Kartu Prakerja kamu akan diberikan akses penuh untuk memilih sendiri kelas pelatihan mana yang akan kamu ambil. Sehingga, kamu bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan meski lintas keterampilan.

5. Mendapatkan Insentif Senilai 2,55 Juta

Siapa sih yang gak mau dapat insentif jutaan? Pasti kamu senang kan jika dapat insentif? Kartu Prakerja tidak hanya memberikan biaya pelatihan, di samping itu, juga memberikan biaya insentif senilai total Rp2,55 juta. Untuk rinciannya sebagai berikut: 600 ribu rupiah setiap bulan, selama 4 bulan. Jika kamu mengisi survei, kamu akan diberikan tambahan uang senilai 150 ribu rupiah.

Itulah 5 keuntungan yang bakal kamu dapatkan jika memiliki kartu prakerja. Mari tingkatkan keahlian kamu dengan mengikuti pelatihan dari Program Kartu Prakerja, melalui Skill Academy. #SiapDariSekarang menuju karir yang gemilang!

Informasi lengkap mengenai Kartu Prakerja dapat dicek di www.daftarprakerja.com

This post was last modified on Oktober 8, 2020 10:46 pm

Admin

Temukan informasi seputar dunia pendidikan, tips belajar, tips memilih jurusan, persiapan UN, dan SBMPTN.

Leave a Comment
Published by
Admin

Recent Posts

7 Keuntungan Jadi Kpopers, Gak Selalu Merugikan Kok!

Anyyeonghaseyo! Hi Readers! Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata tersebut, baik yang kpopes… Read More

November 21, 2020

Kisi – Kisi Soal PAS IPA Kelas 8 Semester 1 Tahun 2020/2021

Buat kamu yang sedang mencari kisi - kisi soal PAS IPA kelas 8 semester 1,… Read More

November 19, 2020

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-susah gampang.… Read More

November 18, 2020

Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Kadang kita semangat, kadang juga muncul rasa lelah dan bosan.… Read More

November 18, 2020

6 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik untuk Pelajar

Di tengah pandemi ini, banyak pelajar jadi bersikap acuh tak acuh terhadap tugas yang menumpuk… Read More

November 18, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Berikut rangkuman lengkap materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. Rangkuman… Read More

November 16, 2020