Categories: Bahasa Inggris

6 Keuntungan Memiliki Skor TOEFL Tinggi, Intip juga Panduan TOEFL di Bawah Ini!

Share

Hai guys! Pasti di antara kalian sudah tidak asing lagi dengan kata TOEFL. Ya, TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah test proficiency untuk uji kemampuan Bahasa Inggris seseorang yang paling di kenal di Indonesia. Di era globlisasi yang saat ini, salah satu bahasa yang paling banyak digunakan adalah Bahasa Inggris.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mempelajari Bahasa Inggris. Kamu bisa belajar dari sekolah ataupun dari kursus di luar sekolah, kemudian kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggrismu melalui tes TOEFL akan mendapatkan skor tinggi atau rendah. Jika skor TOEFL kamu tinggi, maka kamu akan mendapat keuntungan seperti berikut.

Keuntungan Memiliki Skor TOEFL Tinggi

Test of English as a Foreign Language, TOEFL Test sheets. TOEFL exam. TOEFL practice questions. Learning English. English as a second language. Student and Do You Speak English concept. USA College and university education and testing system.

1. Berkesempatan Diterima di Universitas Luar Negeri

Jika kamu memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai yang tinggi, kamu akan berkesempaan untuk diterima di lebih dari 8.500 universitas dari 130 negara, sangat menguntungkan bukan? Selain itu, kamu juga bisa membuka les atau jasa privat Bahasa Inggris di rumah maupun secara daring. Mendapat pengalaman, keuntungan, dan juga relasi tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan. 

2. Mengevaluasi Kemampuan Bahasa Inggris Secara Pribadi

Ketika kamu berhasil mendapatkan nilai skor di atas rata-rata, kamu akan dengan mudah mengevaluasi diri sebagai seorang yang memiliki skill Bahasa Inggris. Selain itu, kamu bisa mengoptimalkan kemampuan berbicara, menulis, serta kemampuan memberikan pembelajaran tentang berbahasa Inggris.

Menganalisis itu sendiri berarti dapat menilai, mengingat, memahami, dan mengolah data yang ada dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk belajar lebih lagi. Sangat berguna bukan? Kamu akan merasakannya setelah mendapatkan skor memuaskan dari TOEFL yang kamu ikuti.

3. Melengkapi Syarat Menjadi Mahasiswa

Jangan berpikir bahwa menjadi mahasiswa tidak terlalu diperlukan memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Tentu sangat penting memiliki kemampuan berbahasa Inggris bagi seorang mahasiswa. Nyatanya beberapa universitas di Indonesia menggunakan sertifikat TOEFL menjadi persyaratan bagi para calon mahasiswanya.

Meski tidak semua univeristas di Indonesia menjadikan sertifikat TOEFL sebagai syarat untuk memasuki universitas, tetapi tidak ada salahnya jika kita mempunyai sertifikat tersebut. Toh, hal tersebut dapat dijadikan nilai plus tersendiri untukmu.

4. Mempermudah Kenaikan Jabatan dan Promosi Jabatan

Untuk kamu yang sudah bekerja atau yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja, sertifikat TOEFL sangat membantumu untuk naik jabatan. Terlebih jika sertifikat tersebut memiliki skor yang tinggi, karena suka atau tidak suka, dunia kerja sangat memerlukan seseorang yang menguasai skill berbahasa Inggris dan lacar dalam penyampaian komunikasi. 

5. Melengkapi Persyaratan Untuk tes CPNS

Jika kamu memilki kerinduan untuk menjadi pegawai negeri sipil, tentu kamu harus memiliki sertifikat lulus tes TOEFL dengan skor yang tinggi. Tes TOEFL tersebut nantinya akan berguna bagi mereka yang bekeja di instansi yag berhubungan dengan Telekomunikasi dan Informatika. Namun, tidak menutup kemungkinan pekerjaan di instansi lain akan memerlukan TOEFL.

6. Menghemat Waktu

Ketika kamu megikuti tes TOEFL, tetapi ternyata skor TOEFL milikmu kurang maksimal, tentu kau perlu mengulang tes dan itu akan memakan banyak waktu. Tidak sehari dua hari, tetapi bisa mencapai dua atau tiga bulan. Sebaliknya, jika kamu memiliki nilai yang tinggi, maka kamu tidak perlu repot untuk mengulang dan tentu akan menghemat waktumu dalam belajar dan fokus untuk tujuanmu ke depan. 

Demikian beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat ketika kamu mendapatkan skor tinggi TOEFL. Semua hal di atas tidak akan terjadi padamu jika kamu malas, kurang berusaha, dan tidak memiliki motivasi untuk maju. Sebaliknya, jika kamu rajin, berusaha, dan memiliki motivasi yang tinggi dibantu dengan doa maka semua pekerjaan dan usahamu akan di mudahkan. Semangat dan jangan mudah menyerah ya guys. 

This post was last modified on Oktober 26, 2021 8:27 pm

Kairos Melistya

Saya suka menuangkan apa yang saya pikirkan dan bayangkan ke dalam bentuk tulisan.

Leave a Comment
Published by
Kairos Melistya

Recent Posts

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap, buku… Read More

Agustus 15, 2022

Kepoin Yuk 8 Rekomendasi Beasiswa S1 di Kampus Terbaik Dalam dan Luar Negeri!

Siapa sih di antara kamu yang tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yap, beasiswa menjadi salah… Read More

Agustus 14, 2022

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni peran… Read More

Agustus 11, 2022

7 Perjanjian Hindia Belanda dengan Indonesia, dari Masa VOC Hingga Pasca Kemerdekaan

Kamu tentu tidak asing bukan dengan sejarah mengenai Hindia-Belanda di Indonesia? Yap, Indonesia dan Belanda… Read More

Agustus 2, 2022

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sebelum Belajar, Dijamin Ampuh!

Halo guys, gimana kabarnya? Kabar baik disini. Semoga disana juga ya! Siapa sih yang nggak… Read More

Agustus 2, 2022

Ketahui Yuk 4 Jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

Halo guys, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Kamu tahu… Read More

Agustus 1, 2022