kiat membaca

Kiat-Kiat Membaca Cepat dan Efektif!

Tau kan guys, kalau dengan membaca maka wawasan yang kita miliki akan semakin luas. Dengan membaca aja Kamu bisa pergi ke luar negeri walaupun cuma di kamar! Emang super magic banget guys membaca buku itu!

Wait, tapi banyak dari kita yang suka banget baca buku eh tapi, engga ada waktu untuk membaca. Mungkin ada yang harus les, belajar untuk SMBPTN, sekolah, dan lain-lain, sampai ga punya waktu untuk sekedar membaca? Pernah ga sih Kamu ngalamin kejadian di atas?

Oke, tenang guys, kali ini ada beberapa tips buat Kamu yang pengen baca buku dalam waktu singkat, tetap efektif, dan dijamin seru!

Kuy, langsung simak tips di bawah ini ya..

Kiat-Kiat Membaca Cepat dan Efektif!

1. Pilih dan tetapkan

Langkah pertama adalah memilih dan menetapkan buku yang akan Kamu baca Sobat! Jangan sampai Kamu baru baca setengah tapi, udah bosen duluan. Jadi, pastikan Kamu membaca buku yang disukai dan Kamu bisa baca sinopsisnya dulu guys.

2. Sediakan waktu

Nah, gimana sih menyediakan waktu di tengah padatnya jam sekolah? Saranku setiap pagi Kamu bisa bangun lebih awal. Sekitar pukul 5 pagi dan menyediakan waktu 45 menit sampai 1 jam untuk membaca. Setelah itu, Kamu bisa lanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasa guys!

3. Tempat yang kondusif

Membaca buku pun tak bisa sembarangan. Apabila buat Kamu hendak membaca buku dengan cepat, maka usahakan mencari tempat yang sepi dan kondusif. Misalnya seperti perpustakaan, kamar tidur, dan lain-lain. 

Baca Juga:  Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah untuk MaBa!

Namun, hal ini tidak bisa diterapkan apabila Kamu merasa kurang nyaman karena menyebabkan kantuk. Sehingga, jika hal ini terjadi pada Kamu maka Kamu bisa menggunakan instumen musik klasik atau alunan musik chill agar tidak mengantuk.

4. Fokuskan mata

Selanjutnya, Kamu harus memastikan bahwa mata terarah dengan fokus pada bacaan. Untuk membantu meningkatkan fokus maka Kamu bisa menggunakan jari telunjuk untuk menunjuk tiap huruf, kata, maupun kalimat yang sedang Kamu baca. 

Selain itu, hal ini dapat membantu Kamu untuk menangkap makna bacaan dengan tepat dan cermat. Sehingga Kamu akan lebih mudah memahami isi buku tersebut.

5. Posisi tubuh

Ga kalah penting Sobat! Selain tempat yang nyaman dan tenang, posisi tubuh Kamu dalam membaca juga sangat berpengaruh lho. Apabila Kamu membaca buku dengan posisi tidur, maka dapat dipastikan dalam 5 menit ke depan Kamu sudah bablas ke alam mimpi.

Sedangkan, apabila posisi duduk Kamu terlalu condong ke kanan atau kiri maka akan membuat tubuh menjadi lebih mudah pegal, kram maupun kesemutan. Oleh karena itu guys, penting sekali posisi duduk yang tegap atau bersandar.

Jarak baca juga perlu diperhatikan ya. Pastikan jarak mata dengan buku yaitu 30 cm agar Kamu tetap fokus dan yang paling utama adalah tetap menjaga kesehatan mata Sobat!

6. Baca dengan utuh

Next, dalam membaca buku secara efektif usahakan kalimat dibaca dalam satu kalimat yang utuh. Jangan tergoda untuk mengulang kalimat-kalimat sebelumnya atau memilih membaca per kata. Hal ini tentu akan menghabiskan waktu yang lebih lama guys!

Oh, iya tak hanya membaca secara cepat saja ya sobat, melainkan tepat dan seru. Oleh karenanya, pastikan dalam setiap paragraf Kamu dapat mengambil sebuah ide pokok agar alur di dalamnya tidak semata-mata hilang tetapi, tetap tertanam dalam pikiran.

Baca Juga:  Tips Memilih SMA yang Tepat Agar Prestasi Maksimal

Hal ini juga membantu Kamu untuk memahami alur selanjutnya sehingga membaca dijamin super seru!

7. Baca dalam hati

Tau ga sih tips gimana Kamu bisa selesein buku dengan cepat? Kuncinya adalah baca dalam hati guys. Kenapa? Karena kalau Kamu baca sambil ngomong akan lebih lama dan membuat pemborosan waktu guys

Jadi, lebih baik Kamu membaca dalam hati dikarenakan seringnya kehilangan batas baca apabila membaca dilakukan dengan berbicara sehingga mengharuskan Kamu mengulangi bacaan.

8. Rajin dan tekun

Tak hanya tips di atas saja guys, kembali lagi Kamu juga harus menerapkannya dengan rajin dan tekun dalam membaca. Membaca dapat dilakukan di mana saja, kapanpun, sesuai dengan keinginan Kamu. 

Satu hal yang sangat diperlukan adalah menyediakan waktu khusus untuk tetap membaca. Selain itu, sekarang Kamu dapat dengan mudah membaca buku melalui smartphone. E-book, koran, dan artikel online tersedia secara luas di dunia maya.

9. Mengukur kemampuan membaca

Terakhir, hal ini sekedar untuk seru-seruan saja guys. Kamu tahu tidak bahwa membaca yang efektif tidak hanya berdasarkan kecepatan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kemampuan daya serap juga perlu dipertimbangkan guys!

Oleh karenanya, terdapat sebuah metode untuk mengukur daya serap dan kemampuan membaca. Caranya sangat mudah, pertama Kamu memasang alarm selama 1 menit. Kemudian bacalah buku dengan cermat dan senyaman mungkin. Ketika timer berbunyi hitunglah berapa banyak paragraf atau kalimat yang Kamu baca.

Setelah itu, uraikan juga ide pokok atau makna yang Kamu dapat ketika membaca selama 1 menit. Kamu dapat mengulangi cara ini untuk mengetahui kemampuan membaca yang dimiliki.

Oke guys, di atas adalah beberapa tips untuk Kamu yang ingin membaca tetapi, tak memiliki waktu yang cukup. Guys, perlu Kamu sadari bahwa membaca juga melatih otak layaknya bermain musik atau olahraga. Untuk menjadi seorang musisi atau atlet, diperlukan usaha dan ketekunan secara terus menerus. Sama seperti membaca, untuk terbiasa membaca cepat diperlukan juga latihan dan ketekunan secara terus-menerus.

Baca Juga:  Cara Menyusun Novel Remaja

Salam Literasi!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat – Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk …