Categories: Ruangguru

Kisah Sukses Pendiri Ruangguru, Iman Usman

Share

Muhammad Iman Usman (lahir di Padang, 21 Desember 1991) adalah seorang aktivis sosial, penulis, dan pembicara publik di berbagai forum nasional maupun internasional. Ia juga dikenal sebagai Duta Muda ASEAN untuk Indonesia dan pendiri Indonesian Future Leaders, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada pemberdayaan pemuda di Indonesia. Saat ini, ia aktif memimpin perusahan startup di bidang pendidikan dan teknologi, Ruangguru.

Kisah Masa Kecil

Pada usia sepuluh tahun, ia telah memulai aktivitas sosial dengan membuka perpustakaan gratis bagi anak-anak tidak mampu yang bermodalkan menaruh rak buku di teras rumahnya.

Hal ini bermula dari keprihatinannya melihat anak-anak dari keluarga mampu yang menyia-nyiakan buku yang mereka miliki, sementara banyak anak dari keluarga tidak mampu yang ingin membaca buku namun tidak memiliki buku.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif.  Lambat laun, ia menerima beberapa sumbangan buku untuk dibaca anak-anak lainnya.

Berawal dari aktivitas sosialnya sejak kecil, ia diganjar beberapa penghargaan bergengsi terutama dalam aktivitasnya memperjuangkan hak-hak anak dan dialog antarbudaya.

Selain itu, ia sendiri adalah penggemar Harry Potter “garis keras”. Dia betah menghabiskan waktu berselancar di dunia maya, chatting dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia lain di komunitas pecinta Harry Potter, dan memainkan gim dari adaptasi novelnya.

Karena tidak sabar menunggu novel versi terjemahan, ia memaksakan diri untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak demi bisa membaca novel Harry Potter versi bahasa Inggris.

Hal itu pula yang memunculkan passion mengajar dalam diri Iman. Ia juga tidak menyangkal bahwa Harry Potter berpengaruh besar terhadap dirinya ketika ia beranjak dewasa.

Mendirikan Ruangguru

Sekembalinya dari Amerika Serikat, ia menggandeng rekannya, Adamas Belva Devera, untuk membangun sebuah platform daring yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi.

Sudah sejak lama ia prihatin dengan kondisi pendidikan Indonesia yang masih rendah performanya dalam peringkat pendidikan global, contohnya dalam studi PISA (Programme for International Student Assassment).

Selain itu, ia melihat bahwa kualitas guru yang tidak merata di Indonesia menjadi penyebab sebagian besar orang tua memberikan bimbingan belajar tambahan di luar sekolah bagi anak-anak mereka.

Guru privat pun lebih banyak diminati oleh siswa karena mereka merasa lebih nyaman untuk berdiskusi dengan guru yang lebih muda daripada guru yang biasa mengajar mereka di sekolah.

Iman dan Belva sendiri memiliki pengalaman pribadi ketika ingin belajar TOEFL secara privat, mereka masih kesulitan harus mencari dimana guru privat yang berkualitas dan fleksibel dengan jadwal kegiatan sehari-hari.

Berangkat dari permasalahan itu, pemuda yang pernah mendapat penghargaan 30 Under 30 Forbes Asia 2017 ini, akhirnya meluncurkan sebuah startup di sektor pendidikan yang ditujukan untuk individu.

Perusahaan tersebut diberi nama Ruangguru.com yang memberi layanan bimbingan belajar daring bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di Indonesia.

Menulis Buku Berjudul “Masih Belajar”

Tentang Buku ‘Masih Belajar’

Lewat berbagai prestasi dan karyanya, Iman membuktikan bahwa kesuksesan karir dan berdampak sosial bisa berjalan beriringan. Di usianya yang baru 27 tahun, Iman sudah mendirikan perusahaan teknologi pendidikan yang kini mempekerjakan ribuan pegawai.

Menjalankan berbagai organisasi dan inisiatif sosial, menjadi pembicara dan pengajar di berbagai penjuru dunia, dan meraih gelar master di salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Prestasi dan pola pikirnya memang jauh melampaui usianya.

Tapi itu semua tidak diraih dengan mudah dan hingga hari ini pun ia masih belajar. Lewat buku ini, Iman berbagi cerita perjalanan hidupnya – menemui berbagai hambatan dan penolakan – dan bagaimana proses belajar tanpa putusnya membawa ia pada posisinya saat ini.

Buku ini bisa kamu pesan langsung di web resminya Iman Usman klik Beli Buku

Penulis: Iman Usman, Co-Founder Ruangguru

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video berikut!

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Iman_Usman
  • https://www.kenangan.com/biografi/muhammad-iman-usman

This post was last modified on Oktober 9, 2019 9:26 am

Admin

Temukan informasi seputar dunia pendidikan, tips belajar, tips memilih jurusan, persiapan UN, dan SBMPTN.

Leave a Comment
Published by
Admin

Recent Posts

15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik - Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang penting untuk diperhatikan adalah… Read More

November 25, 2020

Tips Konsisten Belajar Agar Dapat Nilai Bagus

Tips Konsisten Belajar - Hai, Readers! Di tengah pandemi ini, banyak pelajar tidak bisa konsisten… Read More

November 25, 2020

Keselamatan Kerja di Laboratorium

Haii Readers! Dalam melakukan kegiatan penelitian atau observasi IPA, seringkali kita harus bekerja di laboratorium.… Read More

November 23, 2020

Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terdapat banyak faktor… Read More

November 23, 2020

10 Lagu Lawas Indonesia Untuk Menambah Semangat Mengejar Mimpi

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita mengalami rasa lelah dan letih dalam mengejar mimpi yang ingin… Read More

November 23, 2020

5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi atau Sistem Informasi Akuntansi adalah salah satu jurusan bidang teknologi yang berfokus pada… Read More

November 23, 2020