Kenalan Yuk Dengan Kompetisi Sains Nasional (KSN)! Ajang Paling Bergengsi Bagi Pelajar!

Sebagai seorang pelajar mungkin kamu sudah pernah mendengar kata KSN atau kamu sendiri belum pernah mendengar sama sekali tentang KSN? KSN sangat dekat dengan kehidupan sekolah kamu loh, pastinya kamu sering mendengarnya tetapi belum tahu kepanjangan atau bahkan arti dari KSN.

Penting untuk kamu tahu mengenai KSN, karena mungkin kamu bisa ikut serta dalam KSN. Tentu saja jika kamu ikut serta dalam KSN maka akan ada banyak keuntungan yang kamu dapat. Salah satunya berupa prestasi yang dapat kamu gunakan ketika kamu akan pergi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk mengetahui lebih dalam Penulis akan kasih tahu kamu hal-hal mengenai KSN.

kompetisi sains nasional
Exam with school student having a educational test, thinking hard, writing answer in classroom for university education admission and world literacy day concept

Pengertian KSN

KSN merupakan singkatan dari Kompetisi Sains Nasional. Seperti namanya, KSN merupakan kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa baik dalam jenjang SD, SMP, maupun SMA berskala nasional. Biasanya para siswa yang ikut berkompetisi merupakan perwakilan dari sekolah masing-masing. Sehingga sebenarnya dari SD kamu sudah berkesempatan untuk mengikuti kompetisi yang bergengsi ini.

Sebelumnya, KSN dikenal dengan istilah OSN, yang mungkin lebih sering kamu dengar. OSN sendiri merupakan singkatan dari Olimpiade Sains Nasional. Perubahan nama ini terjadi setelah berdirinya Pusat Prestasi Nasional yang membawahi segala pelaksanaan kompetisi, lomba, maupun festival di Indonesia. Pusat Prestasi Nasional didirikan pada 2020 oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Siswa yang dapat mengikuti KSN merupakan siswa pilihan dari masing-masing sekolah. Sehingga jika kamu tertarik untuk mengikuti KSN cobalah untuk lebih aktif dan cari tahu mengenai seleksi pemilihannya. Pastikan juga kamu mampu dan siap untuk mengikuti kompetisi ini, karena kamu akan membawa nama sekolah ke jenjang nasional. Jika kamu ikut serta dalam KSN kamu sudah dapat mencatat prestasi yang cukup besar.

Baca Juga:  Olimpiade Tingkat SMP/MTs di SMA Negeri 1 Aikmel

Sejarah pelaksanaan KSN

KSN sebagai OSN sejak 2002 hingga saat ini telak dilaksanakan sebanyak enam belas kali. Pelaksanaan OSN pada tahun 2002 yang pertama kalinya bertempat di Yogyakarta. OSN maupun KSN dilaksanakan setiap tahunnya di kota yang berbeda-beda. Semua jenjang dilaksanakan di kota yang sama, namun terkadang juga terlaksana di kota yang berbeda-beda.

Hingga saat ini terdapat dua provinsi yang pernah mendapatkan juara umum dalam OSN. Jawa Tengah merupakan provinsi yang mendapat juara umum paling banyak, kemudian terdapat Jakarta di posisi kedua. Pemenang KSN, bisa masuk dalam Tim Olimpiade Indonesia atau TOMI. TOMI sendiri terdiri dari 8 bidang yang berbeda. TOMI merupakan tim yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi sains di skala internasional.

Tujuan KSN

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diadakan dengan harapan dapat menjadi wadah peserta didik untuk lebih menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan diadakannya sebuah kompetisi berskala nasional, kamu sebagai siswa diharapkan dapat lebih bersemangat mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan melalui kesempatan ini kamu mampu mengeksplorasi kemampuan yang kamu miliki khususnya dibidang sains.

Selain itu, KSN juga merupakan program dengan tujuan pemerataan prestasi bagi seluruh siswa di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini juga diharapkan membantu kamu sebagai siswa Indonesia untuk memaksimalkan potensi, talenta, serta karakter yang kamu miliki. Bisa dikatakan, kompetisi sains nasional ini merupakan strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Hasil yang didapat dari pelaksanaan KSN juga menjadi referensi untuk mengirim siswa mengikuti kompetisi sains dalam skala internasional sebagai perwakilan Indonesia. Kompetisi sains merupakan salah satu kompetisi bergengsi secara internasional. Sehingga jika peserta didik mampu menguasai bidang sains dengan maksimal, maka Indonesia dapat mencapai juara dan prestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga:  Juara III Olimpiade Geografi di SMANEL

Tahapan pelaksanaan KSN

Sebelum kamu ikut serta dalam kompetisi sains nasional, ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui terlebih dahulu dalam pelaksanaannya. Peserta didik yang mengikuti KSN merupakan peserta didik yang telah lolos dalam seleksi-seleksi sebelumnya. Seleksi KSN sendiri terdiri dari beberapa macam atau tahapan. Sehingga peserta didik yang dapat ikut serta dalam KSN merupakan siswa terbaik dan berkualitas tinggi.

Tahapan yang pertama yang harus kamu lalui agar kamu dapat ikut serta dalam KSN adalah KSN-S. KSN-S merupakan Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah. KSN-S dilakukan untuk menyeleksi siswa terbaik dari sekolahnya yang kemudian dipilih untuk mewakili sekolah ke tahap selanjutnya.

Tahapan selanjutnya adalah KSN-K yaitu tahapan seleksi di tingkat kabupaten atau kota. Kemudian KSN-P seleksi tingkat provinsi. Baru kemudian kamu dapat ikut serta dalam KSN tingkat nasional jika kamu lolos dalam berbagai tahapan seleksi tersebut. Sehingga jika kamu ikut serta dalam KSN, kamu tidak hanya akan mewakili sekolah, namun juga kota atau kabupaten kamu hingga provinsi tempat kamu tinggal.

Bidang yang dilombakan dalam KSN

Tidak semua bidang sains dilombakan dalam KSN. Karena hal itu, kamu tidak perlu menguasai berbagai bidang lain yang tidak masuk dalam KSN jika kamu ingin mengikuti KSN. Terdapat beberapa bidang yang bisa kamu tekuni jika kamu ingin ikut serta dalam KSN. Meski begitu, kamu tidak bisa bersantai dan tetap harus berusaha untuk dapat mengikuti KSN mewakili sekolah kamu.

Jenjang SD, SMP, dan SMA memiliki subjek bidang yang berbeda. Pada jenjang SD terdapat bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam. Kemudian terdapat bidang matematika, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan sosial untuk kamu yang merupakan siswa SMP. Dan untuk SMA terdapat bidang matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, komputer, ekonomi, kebumian, serta geografi.

Baca Juga:  Juara III Olimpiade Geografi di SMANEL

KSN dengan versi sebelumnya yaitu OSN memang memiliki beberapa perbedaan, seperti pada tahap seleksi dan penyebutannya. Namun dalam bidang yang dilombakan, hingga saat ini belum ada yang berubah sejak KSN masih disebut OSN. Baik dalam jenjang SD, SMP, maupun SMA bidang yang dilombakan dalam KSN sama persis seperti yang dilombakan pada OSN.

Apakah setelah membaca rangkuman serta penjelasan dari penulis kamu merasa tertarik mewakili sekolah untuk ikut dalam KSN? Jika kamu merasa tertarik, maka yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi mengenai pelaksanaan seleksi KSN di sekolah kamu, dan jika sudah mendapat infonya kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi sains berskala nasional ini dan kamu dapat meraih prestasi yang cukup besar.

Sekarang kamu pasti sudah cukup mengetahui atau mungkin sudah memahami apa yang dimaksud dengan KSN. KSN saat ini sudah bukan lagi menjadi kata asing atau kata yang tidak kamu ketahui artinya lagi. Sehingga jika guru atau teman kamu mungkin membahas mengenai KSN, kamu dapat memahami dan mungkin menanggapi pernyataan guru kamu tersebut.

Semangat selalu kamu sebagai pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

Setelah lulus SMP tentu kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi…