Kuliah Ilmu Gizi di IPB, Apakah Hanya Belajar Gizi?

Prodi Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) terkenal sebagai salah satu prodi yang paling diminati di Indonesia. Prodi ini menjadi prodi favorit dengan jumlah pendaftar terbanyak di IPB selama bertahun-tahun. Lantas, apakah di prodi Ilmu Gizi IPB hanya belajar tentang gizi saja? Berikut mata kuliah lain yang juga dipelajari jika kamu kuliah gizi di IPB.

Mata kuliah yang dipelajari di ilmu gizi

  1. Mata Kuliah Dasar PPKU
  2. Metode Statistika
  3. Dasar-Dasar Komunikasi
  4. Pengantar Manajemen
  5. Manajemen Sumberdaya Keluarga
  6. Ekologi Manusia
  7. Antropologi Sosial

1. Mata Kuliah Dasar PPKU

PPKU adalah Program Pendidikan Kompetensi Umum. Program ini berlaku untuk semua mahasiswa baru S1 di IPB pada tahun pertama. Disini kamu akan belajar mata kuliah yang sudah kamu pelajari saat SMA, namun tentu saja akan diperdalam lagi. 

Mata kuliah dasar PPKU yang dipelajari oleh mahasiswa Ilmu Gizi antara lain Landasan Matematika, Biologi Dasar, Kimia, Fisika, Sosiologi Umum, Ekonomi Umum, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, serta Olahraga dan Seni. 

Mata kuliah lainnya yang juga dipelajari yaitu Pengantar Kewirausahaan dan Pengantar Ilmu Pertanian. Melalui mata kuliah Pengantar Kewirausahaan, kamu akan belajar bagaimana dasar-dasar kewirausahaan dan seputar dunia wirausaha. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk terjun langsung mewawancarai wirausahawan untuk belajar bagaimana mereka mendirikan usaha mereka dari nol hingga sukses.

Sedangkan mata kuliah Pengantar Ilmu Pertanian, mengajarkan bagaimana luasnya bidang ilmu pertanian itu sendiri. Selama ini, mungkin kamu berpikir bahwa pertanian itu hanya soal sawah-menanam padi-cangkul mencangkul saja. Padahal, pertanian itu luas, dari pertanian on farm hingga off farm. Kamu akan mempelajarinya lebih dalam disini.

2. Metode Statistika

Mata kuliah ini tidak hanya diajarkan kepada mahasiswa Statistika saja lho. Semua mahasiswa IPB akan belajar Metode Statistika. Mata kuliah ini mempelajari tentang statistika lebih dalam dibandingkan statistika yang kamu pelajari saat SMA. Kamu juga akan belajar mengenai berbagai macam rancangan percobaan yang menjadi dasar untuk penelitianmu kelak.

3. Dasar-Dasar Komunikasi

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa ilmu gizi kelak adalah memberikan konsultasi gizi. Tentu saja dalam memberikan konsultasi gizi harus dilandasi dengan kemampuan komunikasi yang baik. Oleh karena itu, mahasiswa Ilmu Gizi IPB harus mempelajari mata kuliah Dasar-Dasar Komunikasi untuk belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dan lancar.

Baik komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal, maupun komunikasi publik. Selain itu, ilmu komunikasi ini juga akan membantumu untuk meningkatkan kemampuan softskill-mu.

4. Pengantar Manajemen

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa mahasiswa ilmu gizi belajar tentang manajemen? Bukankah seharusnya mata kuliah ini dipelajari oleh mahasiswa manajemen di Fakultas Ekonomi dan Manajemen? Bagi mahasiswa Ilmu Gizi IPB, mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah Manajemen Jasa Makanan dan Gizi. 

Sebelum kamu mempelajari lebih jauh bagaimana manajemen dalam bidang makanan dan gizi, kamu harus mempelajari bagaimana dasar-dasar menjadi manajer, bagaimana dasar mengatur waktu, mengatur organisasi, dll. Ilmu-ilmu tersebut juga dapat menambah softskill-mu untuk menjadi pemimpin yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Manajemen Sumberdaya Keluarga

Ilmu gizi berkaitan dengan kesejahteraan keluarga, melalui status gizi, kesehatan, konsumsi pangan, dan faktor-faktor lainnya yang berkaitan dengan gizi keluarga. Melalui mata kuliah ini, kamu akan belajar bagaimana manajemen dalam keluarga, belajar mengelola kebutuhan dan keinginan perorangan, belajar mengatur waktu, dan sebagainya. Tentu saja ilmu ini bermanfaat untuk membimbing keluarga masa depanmu kelak.

6. Ekologi Manusia

Apakah kamu tahu bahwa Ilmu Gizi di IPB dibawah naungan Fakultas Ekologi Manusia? Lantas apa itu ekologi manusia? Ekologi manusia adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Melalui mata kuliah ini, kamu akan belajar bagaimana lingkungan akan mempengaruhi hidup manusia dan sebaliknya.

Bisa dari lingkungan alam, budaya, maupun sumberdaya lainnya yang ada disekitar manusia. Terlebih di Indonesia dengan macam suku dan budaya membuat kamu akan belajar banyak hal terkait ekologi manusia.

7. Antropologi Sosial

Antropologi sosial adalah salah satu cabang ilmu antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dan kelompok. Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar bagaimana perilaku manusia dan hubungannya dengan manusia lainnya. 

Lalu apa hubungannya dengan prodi ilmu gizi? Antropologi sosial yang akan kamu pelajari, tidak hanya mempelajari ilmu antropologi sosial itu sendiri, melainkan juga kaitannya dengan gizi. Bagaimana pola hidup manusia yang akan mempengaruhi keadaan gizi, pengaruh budaya terhadap konsumsi makanan, dan sebagainya.

Nah, apakah info tersebut sudah membuka wawasanmu lebih luas mengenai prodi Ilmu Gizi di IPB? Yuk, bagikan info ini ke teman-teman kamu juga. Berbagi itu indah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Kamu punya rencana masuk STIS? Tapi masih bingung buat nyari contoh soalnya? Berikut ini b…