Categories: Kuliah

10 Alasan Kenapa Perlu Lanjut Kuliah S2

Share

Satu semester lagi sudah mau tahun ajaran baru lho. Bagi kamu yang sudah mau lulus, selamat ya, kamu akan selangkah lebih maju untuk mendapatkan gelar sarjana. Beberapa di antara kamu mungkin sudah punya rencana setelah lulus kuliah mau ngapain, tapi beberapa masih mengambang atau tidak tahu harus bekerja di mana dan ngapain.

Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di pascasarjana atau S2. Kenapa harus S2? Berikut adalah 10 alasan kenapa perlu lanjut kuliah S2. Simak baik-baik ya informasi berikut.

10 Alasan Kenapa Perlu Lanjut Kuliah S2

Photo by Armin Rimoldi on Pexels.com

1. Bingung mau ngapain setelah lulus S1

Seperti yang disebutkan tadi, mungkin sebagian dari kamu masih bingung setelah lulus S1 mau langsung kerja atau ngapain dulu. Jika kamu masih bingung, mungkin alangkah lebih baik jika kamu mengambil pilihan untuk lanjut kuliah S2. Kamu bisa menggunakan biaya sendiri maupun beasiswa. Terdapat banyak beasiswa bagi lulusan baru tidak hanya sampai S2 tapi juga bisa sampai S3.

2. Masih muda dan ada kesempatan besar

Saat kamu baru lulus S1, usiamu masih tergolong muda. Kamu masih punya kesempatan besar untuk melanjutkan kuliah lagi. Selain itu, pikiranmu juga masih fresh sehingga kamu bisa lebih mudah untuk memahami materi jika langsung lanjut kuliah S2.

Selain itu, ada beberapa beasiswa dengan persyaratan usia tertentu. Gunakan masa mudamu dan kesempatan emas ini untuk bisa melanjutkan kuliah dan mendapatkan beasiswa.

3. Merasa bahwa pendidikan S1 masih belum cukup

Beberapa orang mungkin sudah puas dengan ilmu yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan sarjana atau S1. Namun, ada juga yang suka belajar dan haus akan ilmu sehingga mereka merasa bahwa pendidikan S1 saja masih belum cukup sehingga perlu untuk ditingkatkan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika kamu salah satunya, maka inilah alasan kenapa kamu perlu untuk lanjut kuliah S2.

4. Bisa mendalami ilmu dan peminatan tertentu

Walaupun di perkuliahan sarjana atau S1 kamu sudah ada peminatan, tapi masih belum sedalam saat kamu mengambil kuliah S2. Saat kamu mengambil peminatan atau konsentrasi tertentu saat S2, kamu bisa mendalami lebih jauh dan fokus pada bidang tersebut. Hal ini akan membuatmu lebih menguasai bidang tertentu sehingga lebih terarah minat dan apa yang menjadi fokusmu selama ini.

5. Membuka wawasan dan pengetahuan menjadi lebih luas

Selain beberapa alasan diatas, hal yang perlu kamu perhatikan kenapa kamu perlu untuk melanjutkan kuliah S2 adalah untuk membuka wawasan dan pengetahuanmu lebih luas lagi. Saat belajar di S2 kamu akan menguasai ilmu lebih mendalam, jaringan yang luas, dan pengetahuan lain yang sangat berguna bagi kehidupanmu kelak. Kamu juga bisa berkesempatan bergabung dengan jaringan atau relasi yang lebih luas lagi dan profesional.

6. Mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik

Beberapa pekerjaan yang kini ada di dunia kerja kadang membutuhkan lulusan S2. Dengan kamu lanjut kuliah S2, kamu bisa mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik. Beberapa karir tertentu menuntut calon pelamarnya untuk menguasai dan fokus pada bidang tertentu dan hal ini biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang lulusan S2.

7. Berkarir pada bidang dengan syarat lulusan S2

Selain mempunyai kesempatan untuk mendapatkan karir yang lebih baik, lulusan S2 juga bisa melamar pada bidang pekerjaan yang mensyaratkan pelamarnya dengan minimal gelar S2. Hal ini tentu menguntungkan bagi beberapa orang karena persaingannya tidak seketat ketika melamar pekerjaan dengan gelar sarjana atau diploma.

8. Berpeluang menjadi dosen

Salah satu pekerjaan yang dapat kamu impikan ketika lulus S2 adalah menjadi dosen. Saat ini untuk menjadi dosen kalian tidak bisa hanya bermodal pendidikan S1 saja, tapi minimal S2. Jika kamu bercita-cita untuk menjadi dosen, maka inilah alasan yang tepat kenapa kamu perlu untuk lanjut kuliah S2. Selain itu, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan beasiswa khusus dosen jika kamu masih belum mengenyam pendidikan S3.

9. Menambah gelar

Hal yang mungkin dipikirkan beberapa orang ketika ingin lanjut kuliah S2 adalah untuk menambah gelar. Gelar yang kita dapatkan pada umumnya akan membawa sebuah dampak yang baik karena orang akan lebih segan. Bukan berarti manfaat dari gelar hanya untuk disegani, hanya saja beberapa orang akan menghargai kita karena merasa kita punya ilmu yang lebih baik dan luas ketika mendapatkan gelar setelah lulus kuliah S2.

10. Membuat bangga orang tua

Siapa sih yang tidak bangga kalau anaknya bisa lanjut kuliah S2? Pasti semua orang tua ingin anaknya bisa mengenyam pendidikan yang baik dan lebih tinggi. Dengan lanjut S2, kamu bisa membanggakan orang tuamu. Terlebih jika kamu bisa mendapatkan beasiswa. Selain membuat bangga, kamu juga meringankan biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh orang tua.

Itulah sepuluh alasan kenapa kamu perlu lanjut kuliah S2. Jika kamu ingin lanjut kuliah S2 tapi tidak ada dana, kamu bisa mencari beasiswa dari sekarang. Jangan jadikan dana atau biaya sebagai hambatan untuk mengejar impian ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat. 

This post was last modified on Februari 20, 2021 10:20 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi ini… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 1 Apresiasi Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya. Oh… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 16 Pementasan Teater Tradisional

Wah ga terasa ya guys, kita sudah sampai nih di penghujung pembelajaran seni budaya di… Read More

September 23, 2021

Cek Yuk, 5 Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bawah Ini

Halo! Bagi kamu yang saat ini sedang mencari buku panduan, buku tes, kisi-kisi, dan bingung… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat mengikuti pembelajaran baik melalui… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan semangat untuk… Read More

September 23, 2021