Categories: BimbelKuliah

5 Situs Kuliah dan Kursus Online Gratis untuk Mahasiswa

Share

Kuliah online kini menjadi alternatif di masa pandemi. Kuliah online juga menjadi salah satu pilihan bagi orang yang ingin kuliah jarak jauh atau mengisi kekosongan waktu agar bermanfaat. Walaupun kuliah berbasis online, banyak universitas ternama maupun situs kuliah online dari Indonesia maupun luar negeri yang menyediakan kuliah secara gratis. Apa saja? Yuk simak informasi berikut !

Kuliah dan Kursus Online Gratis

1. IndonesiaX

IndonesiaX merupakan salah satu platform untuk kuliah online dan kursus online yang berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh banyak instruktur terbaik dari Indonesia yang dapat diakses secara gratis di seluruh Indonesia. Instruktur yang mengajar merupakan profesor terbaik dari universitas atau manajemen puncak dari perusahaan mitra IndonesiaX.

IndonesiaX menyediakan kursus diberbagai bidang. Diantaranya yaitu ekonomi dan keuangan, bisnis dan manajemen, kemanusiaan, lingkungan hidup, kesehatan, ilmu komputer, ilmu kemasyarakatan, hukum, komunikasi, dan teknik.

Universitas yang menjadi mitra adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Terbuka, dan Universitas Gadjah Mada. Sedangkan perusahaan yang menjadi mitra adalah NET., edX, Rumah Perubahan, Agung Concern, SuperPro, BNI. FPSB Indonesia, BNPB, Markplus Inc, Maybank, Personal Growth, LPS, KM & Partners, serta Creative Center Indonesia.

Jika kamu ingin kursus gratis di IndonesiaX, kamu dapat mendaftar dan membuat akun pribadi dengan melengkapi informasi data diri kamu secara lengkap. Selanjutnya akan ada proses verifikasi dan proses aktivasi melalui alamat email sehingga proses pendaftaran selesai. Setelah itu kamu dapat memilih kursus apa yang ingin kamu pelajari. Pilih di bagian kursus untuk melihat daftar kursus yang dapat kamu ikuti atau pilih berdasarkan kategori.

Materi kursus terdiri dari video, transkrip, tes, dan ujian akhir yang dapat diunduh kapan saja dan dimana saja. Kamu juga berkesempatan untuk mengikuti tes mingguan dan ujian akhir. Sertifikat yang telah disediakan dapat kamu beli dengan syarat kamu harus memperoleh nilai kelulusan lebih dari 50% atas tes mingguan dan ujian akhir.

Dapatkan juga promo tebus sertifikat IndonesiaX pada periode tertentu. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi website ini https://www.indonesiax.co.id/.

2. edX

edX merupakan salah satu tempat kuliah online dan kursus online yang terkenal di berbagai belahan dunia. edX menyediakan berbagai macam mata kuliah atau pelajaran yang dapat kamu ikuti di situs ini.

Berikut beberapa pilihan seperti arsitektur, seni dan budaya, biologi, bisnis dan manajemen, kimia, komunikasi ilmu komputer, analisis data dan statistik, desain, ekonomi dan keuangan, pendidikan dan pelatihan guru, elektronik, ilmu energi dan bumi, teknik, studi lingkungan, etik, makanan dan gizi, kesehatan dan keselamatan, sejarah, kemanusiaan, bahasa, hukum, sastra, matematika, pengobatan, musik, filantropi, etik dan filosofi, fisika, ilmu sains, dan ilmu sosial dengan tiga tingkatan dari pemula, sedang, hingga mahir.

Kursus di edX tersedia dalam beberapa bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Belanda, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Hindi, Bahasa Hungaria, Bahasa Italia, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Portugis, Bahasa Rusia, Bahasa Spanyol, Bahasa Tibet, Bahasa Turki, Bahasa Urdu, dan Bahasa Vietnam. Selain kursus online, edX juga menyediakan beberapa program, seperti program profesional untuk memperoleh sertifikat hingga kuliah magister online.

Beberapa universitas dan perusahaan yang menyediakan kursus online di edX antara lain Massachusetts Intitute of Technology, Harvard University, Boston University, University of Adelaide, The University of Queensland, Arizona State University, Columbia University, Kyoto University, Seoul National University, Stanford University, The National University of Singapore, University of Oxford, IBM, Microsoft, Fullbridge, Amazon Web Services, Inter-American Development Bank, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik, kamu dapat mendaftar dengan mengunjungi website ini https://www.edx.org/.

3. Harvard University

Harvard University adalah salah satu kampus bergengsi di dunia yang menjadi impian banyak orang untuk kuliah disana. Jika kamu salah satunya yang ingin kuliah disana namun tidak bisa, jangan berkecil hati. Kamu masih ada kesempatan mendapatkan kursus gratis secara online dari Harvard University. Kamu dapat memilih level kursus mulai dari pemula, menengah, dan mahir.

Beberapa kategori mata kuliah yang dapat kamu pilih antara lain seni dan desain, bisnis, ilmu komputer, ilmu data, pendidikan dan mengajar, kesehatan dan obat, kemanusiaan, matematika, ilmu sains, dan ilmu sosial. Kamu bisa mengikuti kelas secara gratis.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan sertifikat, kamu dapat membayar sesuai ketentuan dan harganya cukup terjangkau. Jika kamu berminat kamu bisa mengunjungi website ini https://online-learning.harvard.edu/catalog/free.

4. Cousera

Coursera adalah platform kursus online yang disediakan secara gratis. Kamu dapat mengikuti berbagai macam kursus di beberapa bidang, seperti teknologi, kesehatan, ilmu komputer, bahasa, pengembangan diri, dan masih banyak lagi.

Coursera menyediakan kursus online dalam berbagai bahasa. Selain itu, terdapat sertifikat yang diberikan di akhir dengan membayar biaya yang cukup terjangkau. Jika kamu tidak mampu untuk membayar, kamu dapat mengajukan dukungan biaya agar kamu mendapatkan bantuan.

Kamu dapat mendaftar secara gratis. Setelah pendaftaran akan ada verifikasi email dan pengisian data diri. Setelah itu kamu bisa mengikuti kursus yang kamu mau. Cousera bekerja sama dengan beberapa universitas dan perusahaan seperti University of Leeds, The University of Hongkong, Stanford University, New York University, National Taiwan University, Korea Advanced Institutr of Science and Technology (KAIST), Yale University, Yonsei University, Utrecht University, Intel, IBM, Google, Autodesk, Alibaba Cloud Academy, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik kamu dapat mengunjungi website ini https://www.coursera.org/.

5. Future Learn

Future Learn adalah salah satu situs kursus online secara gratis yang diperuntukkan untuk umum, baik pelajar, pegawai, dan masyarakat biasa yang ingin menambah kemampuan. Selain kursus singkat, Future Learn juga menyediakan program online degrees.

Future learn menyediakan berbagai macam kategori materi yang dapat kamu pelajari, yaitu bisnis dan manajemen, seni kreatif dan media, kesehatan, sejarah, IT dan ilmu komputer, bahasa, hukum, sastra, lingkungan, sosial dan politik, psikologi dan kesehatan mental, matematika, teknik mengajar, dan masih banyak lagi.

Future Learn bekerja sama dengan beberapa universitas dan perusahaan top dunia. Seperti The University of Auckland, University of Birmingham, Bond University, University of Cape Town, The University of Edinburgh, Hanyang University, Johns Hopkins University, University of Leeds, Leiden University, Monash University, British Council, Cambridge Assessment English, Cancer Research UK, Institute of Coding, BGI, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus online di Future Learn, kamu dapat mengunjungi website ini https://www.futurelearn.com/.

Itulah beberapa tempat kuliah dan kursus online secara gratis. Gunakan waktu luangmu untuk mengikuti beberapa kursusnya agar kamu bisa menambah kemampuan baru atau lebih meningkatkan lagi kemampuan yang sudah kamu punya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu agar mereka juga tidak ketinggalan informasi penting ini. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on July 12, 2020 11:12 am

Mirna Rahmasari

Alumni Gizi Masyarakat IPB angkatan 49. Konselor ahli gizi dan hobi menulis. Follow Instagram : @mirna__r

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Ringkasan Materi IPA Kelas 9 Bab 2 | Teknologi Reproduksi

Kita sering mendengar bahwa hewan dan tumbuhan melakukan adaptasi. Namun, tahukah kamu bagaiman adaptasi bagaimana… Read More

August 1, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 9 Bab 2 | Reproduksi Aseksual pada Hewan

Apakah kamu tahu bahwa hewan juga ada yang bereproduksi secara aseksual loh? Kira – kira,… Read More

August 1, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 9 Bab 2| Sistem Reproduksi pada Tumbuhan Gymnospermae

Bagaimanakah reproduksi tumbuhan Gymnospermae? Bagaimanakah reproduksi tumbuhan Lumut dan tumbuhan Paku? Sudah membaca buku tapi… Read More

August 1, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 9 Bab 2 | Sistem Reproduksi pada Tumbuhan

Sistem Reproduksi tidak hanya terdapat pada manusia, hewan dan tumbuhan pun memiliki sistem reproduksi. Sistem… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 8 Bab 2 | Usaha dan Pesawat Sederhana

Apa yang kamu ketahui tentang pesawat sederhana? Apakah sebuah pesawat terbang? Apa sajakah jenis –… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 6 | Transformasi Energi, Metabolisme, Sistem Pencernaan

Energi bisa bertransformasi kedalam sel? Apakah yang disebut anabolisme dan katabolisme? Jawabannya adalah... ada didalam… Read More

July 31, 2020

Website ini menggunakan Cookie