Categories: KuliahBimbel

5 Situs Kuliah dan Kursus Online Gratis untuk Mahasiswa

Share

Kuliah online kini menjadi alternatif di masa pandemi. Kuliah online juga menjadi salah satu pilihan bagi orang yang ingin kuliah jarak jauh atau mengisi kekosongan waktu agar bermanfaat.

Walaupun kuliah berbasis online, banyak universitas ternama maupun situs kuliah online dari Indonesia maupun luar negeri yang menyediakan kuliah secara gratis. Apa saja? Yuk simak informasi berikut !

Kuliah dan Kursus Online Gratis

1. IndonesiaX

IndonesiaX merupakan salah satu platform untuk kuliah online dan kursus online yang berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh banyak instruktur terbaik dari Indonesia yang dapat diakses secara gratis di seluruh Indonesia. Instruktur yang mengajar merupakan profesor terbaik dari universitas atau manajemen puncak dari perusahaan mitra IndonesiaX.

IndonesiaX menyediakan kursus diberbagai bidang. Diantaranya yaitu ekonomi dan keuangan, bisnis dan manajemen, kemanusiaan, lingkungan hidup, kesehatan, ilmu komputer, ilmu kemasyarakatan, hukum, komunikasi, dan teknik.

Universitas yang menjadi mitra adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Terbuka, dan Universitas Gadjah Mada. Sedangkan perusahaan yang menjadi mitra adalah NET.

Materi kursus terdiri dari video, transkrip, tes, dan ujian akhir yang dapat diunduh kapan saja dan dimana saja. Kamu juga berkesempatan untuk mengikuti tes mingguan dan ujian akhir. Sertifikat yang telah disediakan dapat kamu beli dengan syarat kamu harus memperoleh nilai kelulusan lebih dari 50% atas tes mingguan dan ujian akhir.

Dapatkan juga promo tebus sertifikat IndonesiaX pada periode tertentu. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi website ini https://www.indonesiax.co.id/.

2. edX

edX merupakan salah satu tempat kuliah online dan kursus online yang terkenal di berbagai belahan dunia. edX menyediakan berbagai macam mata kuliah atau pelajaran yang dapat kamu ikuti di situs ini.

Berikut beberapa pilihan seperti arsitektur, seni dan budaya, biologi, bisnis dan manajemen, kimia, komunikasi ilmu komputer, analisis data dan statistik, desain, ekonomi dan keuangan, pendidikan dan pelatihan guru, elektronik, ilmu energi dan bumi, dll.

Kursus di edX tersedia dalam beberapa bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Belanda, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Hindi, dll. Selain kursus online, edX juga menyediakan beberapa program, seperti program profesional untuk memperoleh sertifikat hingga kuliah magister online.

Beberapa universitas dan perusahaan yang menyediakan kursus online di edX antara lain Massachusetts Intitute of Technology, Harvard University, Boston University, University of Adelaide, The University of Queensland, Arizona State University, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik, kamu dapat mendaftar dengan mengunjungi website ini https://www.edx.org/.

3. Harvard University

Harvard University adalah salah satu kampus bergengsi di dunia yang menjadi impian banyak orang untuk kuliah disana. Jika kamu salah satunya yang ingin kuliah disana namun tidak bisa, jangan berkecil hati. Kamu masih ada kesempatan mendapatkan kursus gratis secara online dari Harvard University. Kamu dapat memilih level kursus mulai dari pemula, menengah, dan mahir.

Beberapa kategori mata kuliah yang dapat kamu pilih antara lain seni dan desain, bisnis, ilmu komputer, ilmu data, pendidikan dan mengajar, kesehatan dan obat, kemanusiaan, matematika, ilmu sains, dan ilmu sosial. Kamu bisa mengikuti kelas secara gratis.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan sertifikat, kamu dapat membayar sesuai ketentuan dan harganya cukup terjangkau. Jika kamu berminat kamu bisa mengunjungi website ini https://online-learning.harvard.edu/catalog/free.

4. Coursera

Coursera adalah platform kursus online yang disediakan secara gratis. Kamu dapat mengikuti berbagai macam kursus di beberapa bidang, seperti teknologi, kesehatan, ilmu komputer, bahasa, pengembangan diri, dan masih banyak lagi.

Coursera menyediakan kursus online dalam berbagai bahasa. Selain itu, terdapat sertifikat yang diberikan di akhir dengan membayar biaya yang cukup terjangkau. Jika kamu tidak mampu untuk membayar, kamu dapat mengajukan dukungan biaya agar kamu mendapatkan bantuan.

Kamu dapat mendaftar secara gratis. Setelah pendaftaran akan ada verifikasi email dan pengisian data diri. Setelah itu kamu bisa mengikuti kursus yang kamu mau. Cousera bekerja sama dengan beberapa universitas dan perusahaan seperti University of Leeds, The University of Hongkong, Stanford University, New York University, dll. Jika kamu tertarik kamu dapat mengunjungi website ini https://www.coursera.org/.

5. Future Learn

Future Learn adalah salah satu situs kursus online secara gratis yang diperuntukkan untuk umum, baik pelajar, pegawai, dan masyarakat biasa yang ingin menambah kemampuan. Selain kursus singkat, Future Learn juga menyediakan program online degrees.

Future learn menyediakan berbagai macam kategori materi yang dapat kamu pelajari, yaitu bisnis dan manajemen, seni kreatif dan media, kesehatan, sejarah, IT dan ilmu komputer, bahasa, hukum, sastra, lingkungan, sosial dan politik, psikologi dan kesehatan mental, matematika, teknik mengajar, dan masih banyak lagi.

Future Learn bekerja sama dengan beberapa universitas dan perusahaan top dunia. Seperti The University of Auckland, University of Birmingham, Bond University, University of Cape Town, The University of Edinburgh, Hanyang University, dll. Jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus online di Future Learn, kamu dapat mengunjungi website ini https://www.futurelearn.com/.

Itulah beberapa tempat kuliah dan kursus online secara gratis. Gunakan waktu luangmu untuk mengikuti beberapa kursusnya agar kamu bisa menambah kemampuan baru atau lebih meningkatkan lagi kemampuan yang sudah kamu punya.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu agar mereka juga tidak ketinggalan informasi penting ini. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on November 18, 2020 5:28 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

7 Keuntungan Jadi Kpopers, Gak Selalu Merugikan Kok!

Anyyeonghaseyo! Hi Readers! Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata tersebut, baik yang kpopes… Read More

November 21, 2020

Kisi – Kisi Soal PAS IPA Kelas 8 Semester 1 Tahun 2020/2021

Buat kamu yang sedang mencari kisi - kisi soal PAS IPA kelas 8 semester 1,… Read More

November 19, 2020

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-susah gampang.… Read More

November 18, 2020

Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Kadang kita semangat, kadang juga muncul rasa lelah dan bosan.… Read More

November 18, 2020

6 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik untuk Pelajar

Di tengah pandemi ini, banyak pelajar jadi bersikap acuh tak acuh terhadap tugas yang menumpuk… Read More

November 18, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Berikut rangkuman lengkap materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. Rangkuman… Read More

November 16, 2020