Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang paling ditunggu oleh siswa. Hal ini dikarenakan, jalur masuk SNMPTN hanya menggunakan nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5. Hanya beberapa jurusan saja yang memberikan persyaratan lain yaitu melampirkan porftofolio. Jalur masuk tanpa tes ini tentu saja banyak diminati oleh siswa.

Namun, tidak semua bisa menggunakan jalur ini. Hanya mereka yang lolos pemeringkatan sekolah saja yang bisa mendaftar SNMPTN. Lantas, jika lolos jalur SNMPTN, apa yang harus segera kamu lakukan? Yuk simak tips berikut! Kamu juga harus baca artikel Tips Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah.

Daftar Isi

Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN

1. Bersyukur kepada Tuhan

Hal yang pertama kali setelah kamu mendapatkan pengumuman lolos SNMPTN adalah bersyukur kepada Tuhan. Atas kehendak dan kuasa-Nya, kamu berhasil lolos SNMPTN. Setelah kamu berusaha mendapatkan nilai yang baik selama lima semester dan berdo’a agar kamu lolos, akhirnya penantian itu berbuah hasil yang baik. Sudah sepantasnya kamu bersyukur kepada-Nya.

Rasa syukur itu dapat kamu ucapkan atau kamu tuangkan dalam perbuatan. Misalnya, kamu bersyukur bisa lolos SNMPTN kemudian kamu mengadakan syukuran atau bersedekah kepada orang yang kurang mampu. Bersedekah juga bisa berupa sumbangan kepada pihak yang membutuhkan. Ini akan sangat bermanfaat dan dapat menambah pahala.

2. Mengecek website admisi universitas

Setelah kamu lolos SNMPTN, kamu akan diarahkan untuk mengunjungi website admisi universitas tempat kamu lolos SNMPTN. Disana akan ada informasi mengenai apa saja yang harus kamu lakukan. Misalnya kamu harus men-download berkas-berkas yang harus kamu isi, informasi mengenai besaran UKT, dan berkas apa saja yang harus kamu siapkan.

Baca Juga:  Mata Kuliah Ilmu Gizi IPB, Maba Wajib Tahun Nih!

Jika berkas yang harus disiapkan banyak, jangan lupa membuat catatan agar tidak ada berkas yang terlewat. Jangan ragu untuk menghubungi contact person pihak admisi universitas yang kamu tuju jika kamu masih ragu dan bingung terhadap berkas yang mereka minta.  

3. Menyiapkan berkas-berkas

Kamu yang sudah melihat daftar berkas apa saja yang harus kamu persiapkan, segeralah untuk mempersiapkannya. Jangan menunda-nunda agar tidak membuang waktu. Jika kamu diminta beberapa berkas yang harus diisi, maka isilah berkas tersebut dengan hati-hati dan jujur. Jangan sampai ada informasi yang salah dalam mengisi berkas. Persiapkan berkas-berkas lainnya dengan teliti. Jangan sampai ada yang terlewat atau lupa kamu siapkan.

4. Persiapan daftar ulang

Setelah mempersiapkan berkas-berkas, kini saatnya kamu daftar ulang. Persiapan yang harus kamu lakukan saat daftar ulang adalah persiapan dokumen atau berkas-berkas yang harus dibawa. Buatlah daftar untuk mengecek ulang dokumen atau berkas yang harus kamu bawa agar tidak ketinggalan. Jika masih ada berkas yang terlupa, segera lengkapi sebelum batas waktu menuju daftar ulang.

Jika kamu harus daftar ulang secara langsung di universitas, maka kamu juga harus mempersiapkan pakaian yang harus kamu kenakan. Sebaiknya kamu menggunakan pakaian semi formal yang rapi. Jangan lupa untuk menyisir rapi rambutmu atau menggunakan kerudung yang rapi. Ikuti arahan saat daftar ulang dengan baik. Jangan meninggalkan tempat daftar ulang sebelum semua proses daftar ulang selesai.

Itulah beberapa tips mengenai apa saja yang harus kamu lakukan setelah kamu lolos SNMPTN. Selamat bagi kamu yang sudah lolos SNMPTN, bagi kamu yang belum lolos jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan di jalur masuk yang lain. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…