Mohon maaf, untuk saat ini lowongan sudah ditutup!

Lowongan Kerja

Buat kamu yang hobi nulis atau punya bakat menulis, aku mau kasi lowongan nih, kamu mau gak? Jika kamu berminat dan tertarik yuk baca syarat dan ketentuannya ya. Mudahan kamu cocok. 🙂

Lowongan ini berlaku untuk siswa SMP, SMA, anak kuliah dan alumni juga bisa, asalkan kamu punya keahlian dalam menulis artikel ya. Kalaupun belum ahli setidaknya kamu mau belajar, kami akan membimbing kamu.

Kamu bisa kirim tulisan tentang pengalaman kamu saat sekolah maupun kuliah atau hal lain yang bersifat positif, bisa tips belajar dari kamu, kisah kesuksesan kamu dan hal lainnya yang bisa bermanfaat untuk pembaca.

Siapa yang baca tulisan kamu? Kami memiliki lebih dari 200 ribu pembaca perbulan. Dan kebanyakan pembaca adalah siswa SMP, SMA dan calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Sudah pasti artikelmu sangat bermanfaat buat mereka.

Data pengunjung sejak tahun 2020

Namun sebelum mengirimkan tulisanmu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tulisanmu kamu bisa kami publikasikan. Berikut beberapa standar yang dapat Kamu pahami untuk digunakan pada semua artikel yang akan Kamu kirim.

Aturan dalam mengirim tulisan

  1. Artikel belum pernah dipublish secara online maupun offline baik di blog/website pribadi maupun orang lain atau di media cetak manapun.
  2. Artikel tidak mengandung sara, ujaran kebencian, pornografi, perjudian dan hal-hal yang melanggan norma kemanusiaan lainnya.
  3. Artikel tidak dari hasil copy paste dari manapun atau disarankan tulisan merupakan hasil dari opini/pemikiran pribadi.
  4. File yang dikirim bisa dari format *.doc/.*txt atau ditulis langsung di email kemudian dikirim ke wirahadik9@gmail.com.
  5. Pada bagian Subjek email, tulis Lamaran Kerja
  6. Tulis biodata singkat kamu, bisa dalam bentuk CV (lebih bagus)

Aturan dalam menulis

  1. Judul artikel harus singkat, padat dan menarik
    – Buatlah judul artikel yang tidak monoton/jadul.
    – Kata ganti orang pertama menggunakan Aku/Saya/Penulis jangan menggunakan kata Kami
    – Kata ganti orang kedua menggunakan Kamu biar lebih akrab dengan pembaca, hindari menggunakan kata Anda/Kalian.
    – Kamu bisa menggunakan istilah asing (Bhs. Inggris) atau bahasa gaul Indonesia yang tidak baku (harus ditulis miring)
  2. Buat paragraf pembuka yang menarik, minimal 1-2 paragraf saja.
  3. Satu Paragraf, minimal 3-5 baris. Lebih dari itu biasanya membosankan untuk dibaca. format file word jenis font Arrial ukuran 12. Format bisa dilihat atau download di sini.
  4. Paragraf isi bisa menggunakan subjudul (menulis poin-poin penting, lihat contoh) dari isi paragraf.
  5. Untuk gambar, tim kami yang akan mencarikannya. (boleh juga mengirim gambar saat sekolah atau kuliah)
  6. Paragraf penutup yang menarik dengan cara buatlah ajakan untuk “mencoba, mempraktekkan, membagikan (share), dll”. (cukup 1-2 paragraf saja).
  7. Paragraf tidak usah ditulis menjorok ke dalam
  8. Jumlah kata minimal 500 – lebih, dalam 1 artikel.
  9. Format artikel dalam bentuk file *.doc/.*txt dikirim ke email@wirahadie.com jangan lupa tulis nama dan biodata kamu di setiap artikel yang kamu kirim.

Jenis Konten yang Diterima

  1. Artikel bertemakan pendidikan, kamu bisa memilih salah satu kategori dari topik website kami, seperti kategori OSIS, Aplikasi Belajar, Tips Belajar, Pembahasan Materi. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek di bagian menu kategori.
  2. Konten artikel model Pointikel (Menjelaskan poin-poin penting dari artikel) terdiri dari judul dan sub judul yang jelas. (contoh klik disini)

Penting untuk diperhatikan!

Karena masih banyak pelamar yang mengirim konten yang diluar topik dari web kami yang berfokus pendidikan. Jadi buat kamu yang ingin mengirim artikel, pastikan artikel yang kamu kirim sesuai topik yang kami inginkan yaitu yang bertema pendidikan.

Punya pertanyaan? Langsung chat aja ya.. 🙂

Contoh artikel sebagai bahan acuan kamu

No Topik Artikel Contoh artikel
1 Aplikasi Aplikasi untuk mengerjakan soal Bahasa Inggris
2 SMA Pilihan jurusan SMA yang perlu kamu ketahui
3 Bimbel 5 Bimbel terbaik di Jakarta
4 Kedokteran Apakah masuk kedokteran harus pintar?
5 OSIS Cara membuat visi misi OSIS
6 Ruangguru Tips menggunakan Ruangguru

Contoh artikel kiriman penulis

No Penulis Contoh artikel
1 Mirna Rahmasari 1. Daftar Program Studi S1 Ilmu Gizi Terakreditasi A
2. Kuliah Ilmu Gizi di IPB, Apakah Hanya Belajar Gizi?
3. Kata Siapa Biologi Susah Dipelajari? Yuk Simak Tipsnya!
2 Abita Jovina 1. Tips Lolos UTBK Tanpa Les dan Bimbel!
2. Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Bahasa di SMA
3 Leony Panjaitan Tips Belajar Matematika dengan Mudah

Itulah beberapa contoh artikel yang kami publikasikan, kamu juga mengirim artikel tentang pengalaman kamu ya, gak mesti harus sama kayak contoh di atas.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan

1. Dapat uang saku
Kami akan memberikan imbalan atas karya kamu untuk konten artikel yang berhasil lolos untuk dipublikasikan. Rentang harga yang akan kamu dpatkan antara Rp. 15.000 – Rp. 50.000,/artikel. (harga dipengaruhi oleh kualitas isi dan jumlah kata artikel yang kamu kirimkan). Pembayaran akan diberikan melalui, pulsa, tranfer bank, OVO, dan metode pembayaran lainnya yang sesuai permintaan kamu.

Bukti pembayaran ke penulis

2. Kesempatan jadi penulis tetap
Jika kamu rutin bisa menulis/mengirim artikel berkualitas tiap minggu atau tiap bulan, kamu akan berkesempatan sebagai penulis tetap di situs ini, dan tentunya kamu bisa dapat uang bulanan lho.

3. Semakin dikenal
Jika konten artikel kamu menarik dan banyak yang baca, kamu bakal banyak dikenal oleh pembaca. Kamu bisa menyisipkan biodata atau link instagram di setiap artikel yang kamu kirim agar bisa menambah jumlah follower kamu.

4. Meningkatkan personal branding
Semakin banyak artikel kamu dibaca semakin meningkatkan personal branding kamu karena di setiap artikel yang kamu kirim akan tertera biodata, profesi, dan bidang keahlian kamu. Tentu ini bisa meningkatkan popularitas kamu dan mudah dikenal.

5. Dapat ilmu dan pengalaman
Jika kamu belum berpengalaman dalam menulis, selama kamu mau belajar kami akan bantu untuk mengarahkan kamu, dan jika penulis sudah banyak yang bergabung kami akan buatkan grup diskusi biar bisa belajar bareng.

Jika kamu sudah membaca aturan penulisan di atas, jangan ragu segera menulis dan kirim tulisan kamu. Atau kamu bisa langsung isi formulir dulu di bawah ini!

Lowongan kerja ini tidak selamanya dibuka, manfaatkan peluang ini selagi masih tersedia.

Jika ada yang masih kurang jelas bisa langsung chat aja ya.. 🙂

Open chat
Ada yang bisa dibantu kak?
Hallo,
Ada yang bisa dibantu tentang Lowongan Kerja Penulis