Categories: OSIS

Yuk, Ketahui 5 Manfaat Ikut Organisasi di Sekolah!

Share

Untuk kalian para pelajar SMP hingga perguruan tinggi, pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan nama ‘organisasi’. Yaps! Benar sekali! Organisasi merupakan perkumpulan sekelompok orang yang bekerja sama untuk mendapatkan suatu tujuan tertentu. Kini, terdapat beragam jenis organisasi dan terus mengalami perkembangan.

Nah, kali ini aku akan berbagi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti organisasi. Sebelumnya, kamu harus menentukan dahulu organisasi apa yang cocok menurut bakat dan minatmu! Jika kamu pelajar SMP atau SMA maka kamu bisa mengikuti OSIS, ROHIS, dan sebagainya. Namun jika kamu seorang mahasiswa, kamu bisa mengikuti BEM atau UKM.

Manfaat Ikut Organisasi di Sekolah

Photo by Ron Lach on Pexels.com

Walaupun terlihat sederhana, tetapi yakin deh hal positif ini bermanfaat bagi kamu. Aku akan beri kamu gambaran apa aja yang bisa kamu dapat dari berorganisasi, berikut beberapa hal yang bisa kamu dapatkan

1. Melatih untuk berpikir kritis.

Mengapa demikian? Jika kamu mengikuti organisasi, kamu akan dihadapkan dengan berbagai persoalan mengenai sekolah maupun di luar pelajaran. Dengan hal tersebut kamu akan ditantang untuk menyelesaikan sebuah persoalan menggunakan jalan pikiranmu sendiri. Maka dari itu, berorganisasi bisa dijadikan sebagai tempat untuk melatih kemampuan berpikir kritismu.

2. Melancarkan skill public speaking.

Public speaking merupakan salah satu skill yang penting guys! Dengan kamu mengikuti organisasi maka secara tidak langsung akan membantumu melatih public speaking. Hal ini dikarenakan para anggota suatu organisasi akan dituntut untuk bisa berpidato dan berbicara di depan umum.

Selain itu, suatu organisasi pastinya sering mengadakan event-event tertentu yang membutuhkan banyak sponsor. Nah, tentunya sebagai anggota akan dimintai promosi sebuah produk. Kesempatan seperti inilah yang menjadikanmu lebih mahir dalam hal public speaking.

3. Potensi mewakili lomba di sekolah

Hal ini memang jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kamu mempunyai bakat dan potensi dalam suatu bidang.Terlebih lagi jika kamu lihai dalam hal debat maupun pidato maka sekolah akan merekrutmu untuk menjadi ketua seminar sampai mengikuti berbagai lomba. Jadi, jangan menyia-nyiakan kesempatanmu ya!

4. Melatih leadership atau kepemimpinan

Manfaat yang kamu peroleh dari berorganisasi selanjutnya adalah menjadi seorang pemimpin. Tentunya sebuah organisasi membutuhkan seorang pemimpin bukan? Tenang saja, tidak sesulit itu kok. Pertama-tama, kamu akan dibekali materi kepemimpinan dari acara-acara seminar ataupun LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).

Setelah mendapat materi kepemimpinan, kamu juga bisa terseleksi untuk menjadi jajaran pengurus inti seperti ketua, wakil, bendahara dan jajarannya. Dari hal tersebut, kamu sudah mempunyai bekal untuk menjadi seorang pemimpin yang nantinya akan bermanfaat di masa depan.

5. Mendapat banyak teman

Bagi sebagian orang sepertinya terdengar sangat klasik bukan? Eitss, tunggu dulu! Mungkin beberapa orang tidak mempermasalahkan dengan mempunyai teman yang banyak ataupun sedikit. Namun alangkah baiknya, di masa remaja ini kamu memperluas koneksi temanmu!

Karena sejatinya manusia juga mahluk sosial, tidak bisa hidup sendiri. Maka dari itu, bergaul dengan banyak orang sangat diperlukan pada usia sekarang. Apalagi saat usia remaja, karena kita dalam keadaan mencari jati diri. Oh iya, jangan lupa tetap selektif dalam memilih pertemanan ya!

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari berorganisasi. Bagaimana? Masih tidak tertarik mengikuti organisasi? Padahal sangat banyak manfaat dan kegiatan positif lainnya yang bisa kamu dapatkan dari ikut organisasi. Tunggu apalagi? Yuk, kembangkan karakter dan bakat kamu sedari sekarang! Jangan lupa manfaatkan waktumu sebaik-baiknya ya!

Ditulis oleh: Happy Riezqya

This post was last modified on April 18, 2021 1:51 am

Happy Riezqya

Happy Riezqya Dzunnurain lahir di Malang. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMAN 1 Singosari.

Leave a Comment
Published by
Happy Riezqya

Recent Posts

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi ini… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 1 Apresiasi Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya. Oh… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 16 Pementasan Teater Tradisional

Wah ga terasa ya guys, kita sudah sampai nih di penghujung pembelajaran seni budaya di… Read More

September 23, 2021

Cek Yuk, 5 Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bawah Ini

Halo! Bagi kamu yang saat ini sedang mencari buku panduan, buku tes, kisi-kisi, dan bingung… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat mengikuti pembelajaran baik melalui… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan semangat untuk… Read More

September 23, 2021