Manfaat Magang Bagi Anak SMK

Ilmu tidak hanya didapatkan melalui bangku sekolah saja. Perlu kamu tahu, bahwa ilmu juga bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari atau lapangan kerja. Hal ini sangat penting untuk anak SMK lho.

Biasanya pada tahun kedua atau semester 4, siswa SMK harus mengikuti magang. Sebenarnya apa sih manfaat magang bagi anak SMK? Yuk simak informasi berikut ini!

Daftar Isi

Manfaat Magang Bagi Anak SMK

Manfaat Magang Bagi Anak SMK
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

1. Memberi gambaran nyata tentang lingkungan kerja

Walaupun siswa SMK banyak yang melanjutkan kuliah, namun pada umumnya siswa SMK memang ditujukan untuk langsung bekerja setelah lulus kelak. Dengan adanya program magang bagi siswa SMK, akan memberikan gambaran nyata bagaimana lingkungan kerja yang sebenarnya.

Hal ini tentu saja sangat baik untuk siswa SMK karena bisa mempelajari dengan nyata dunia kerja yang selama ini akan mereka hadapi. Walaupun sudah ada praktek dalam sekolah, namun ini akan berbeda dengan langsung menghadapinya di dunia kerja.

2. Menyiapkan diri menghadapi lingkungan kerja

Dengan adanya magang bagi siswa SMK, kamu bisa menyiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja kelak. Persiapan yang dibutuhkan tidak cuma soal pengetahuan saja, tapi juga kesehatan fisik dan persiapan mental. Karena menghadapi dunia kerja dibutuhkan persiapan yang baik terutama mental agar tidak kaget saat terjun di dunia kerja kelak.

3. Menerapkan teori yang sudah dipelajari

Selama ini, di sekolah kamu sudah belajar banyak hal mulai hal dasar untuk praktek maupun teori-teori bagaimana praktek berlangsung. Saat magang, kini saatnya kamu belajar untuk menerapkan teori yang sudah kamu pelajari di dunia kerja.

Baca Juga:  Kamu Harus Tahu Nih 5 Materi Pelajaran Wajib Jurusan Akutansi di SMK!

Hal ini mungkin akan membuatmu sedikit kaget karena terkadang tak selamanya teori kerja sama dengan apa yang terjadi di dunia kerja secara nyata. Dengan ini, kamu akan belajar bagaimana penerapan teori dengan lebih baik.

4. Mempelajari etos kerja

Selama kamu sekolah, kamu juga belajar bagaimana cara bersikap yang baik dan sopan. Ketika kamu magang, kamu akan mempelajari etos kerja yang baik dan benar.

Hal ini sangat penting bagimu kelak agar kamu bisa bekerja dengan baik. Bekerja tidak hanya soal mengerjakan apa yang harus dilakukan, tetapi juga bagaimana kamu bersikap terhadap atasan kerja, rekan kerja, maupun customer.

5. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa

Magang bagi siswa SMK akan membantu siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa. Selama sekolah mungkin siswa hanya mengetahui suatu materi berdasarkan teorinya saja.

Namun, ketika melakukan magang, siswa akan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam bidang yang ditekuni, ilmu-ilmu lainnya yang tidak didapatkan di sekolah, bagaimana cara bekerja dan bersikap, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa manfaat magang bagi siswa SMK. Jika kamu salah satu siswa SMK yang sedang magang, tetap semangat ya. Ingat bahwa semua ini demi kebaikanmu di masa depan kelak. Jika kamu berencana masuk SMK, kamu bisa cek dulu berapa biayanya, silahkan lihat di halaman Rincian Biaya Masuk SMK.

Jangan patah semangat dan malas-malasan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…