Categories: Kuliah

10 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Share

Sebelum memasuki waktu untuk mengerjakan skripsi, biasanya pihak kampus memberikan kesempatan untuk melakukan PKL atau magang bagi mahasiswa tingkat akhir.

Walaupun tidak semua kampus mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti magang, namun ada juga yang memberikan kesempatan untuk mengikuti magang untuk menambah pengalaman bagi mahasiswa.

Lalu apa sih manfaat magang bagi mahasiswa tingkat akhir? Yuk simak informasi berikut!

Manfaat Magang Bagi Mahasiswa

Photo by Buro Millennial on Pexels.com

1. Mempraktekkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan

Setelah hampir enam semester mengenyam ilmu di bangku perkuliahan, kini saatnya kamu menerapkan ilmu yang telah kamu pelajari saat magang. Ketika magang, kamu akan belajar banyak hal yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan dan dunia kerja.

Selain mempraktekkan ilmu dari kampus, kamu juga akan mendapatkan ilmu baru ketika magang. Disinilah kamu dapat belajar bagaimana penerapannya dan kegunaan ilmu yang selama ini kamu pelajari saat kuliah.

2. Meningkatkan wawasan dan keterampilan

Ketika magang, mahasiswa tingkat akhir tidak hanya mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan selama ini, tetapi mereka juga belajar ilmu baru yang bisa mereka dapatkan dari tempat magang.

Hal ini tentu saja akan menambah wawasan bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan bersiap lulus dan turun ke dunia kerja. Selain itu, kamu juga bisa mengasah keterampilanmu disini karena kamu mendapatkan kesempatan untuk menerapkan apa yang telah kamu pelajari.

3. Meningkatkan kualitas diri

Selain meningkatkan wawasan dan keterampilan, magang bagi mahasiswa tingkat akhir juga dapat meningkatkan kualitas diri. Mungkin ada beberapa dari kamu yang masih pemalu, bingung tentang dunia kerja, belum ada gambaran nanti mau bagaimana, melalui magang kamu dapat meningkatkan kualitas diri.

Kamu bisa melatih rasa percaya diri, solidaritas, kerja sama, dan masih banyak lagi.

4. Mengenal kehidupan di dunia kerja

Banyak dari mahasiswa yang belajar tentang organisasi dari kampus, tetapi itu belum cukup bagi kamu untuk mengenal kehidupan di dunia kerja. Melalui magang, mahasiswa tingkat akhir dapat mengenal bagaimana kehidupan di dunia kerja yang sesungguhnya.

Kamu yang dulu pernah belajar tentang kepemimpinan, budaya organisasi, komunikasi, manajerial, kerjasama, dan lainnya bisa membandingkan bagaimana penerapannya di kehidupan kerja yang sesungguhnya.

5. Belajar lebih jauh tentang bersosialisasi dan karakter orang lain

Kemampuan untuk bersosialisasi memang tidak mudah dipelajari. Namun, bagi mahasiswa yang usianya sebaya akan mudah untuk bersosialisasi. Lalu bagaimana jika mahasiswa tingkat akhir kelak akan masuk dunia kerja yang dengan macam-macam usia pegawainya?

Disinilah letak manfaat dari magang bagi mahasiswa tingkat akhir. Kamu bisa belajar lebih jauh tentang bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja dengan beragam usia serta karakter. Kamu juga dapat belajar mengenai karakter orang lain sehingga tahu bagaimana harus bersikap.

6. Mengeksplor berbagai macam posisi dan pekerjaan

Ketika magang, kamu tidak hanya belajar dan berada di posisi yang kamu tekuni saja. Kamu juga dapat belajar tentang berbagai macam posisi dan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang pekerjaanmu.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kamu yang mungkin nanti akan bekerja dengan banyak orang dan berkaitan dengan departemen lain. Kamu bisa memahami berbagai macam posisi dan juga pekerjaan sehingga toleransimu lebih baik.

7. Memperluas jaringan professional

Ketika kamu di dunia perkuliahan, kamu pasti sudah mulai membangun jaringan atau relasi. Namun, saat magang kamu juga bisa lho memperluas jaringan atau relasi bahkan jaringan yang bisa kamu bangun adalah jaringan yang profesional dengan para pegawai dan petinggi di tempat kamu magang. Kamu bisa saling berbagi pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

8. Kesempatan untuk mendapatkan referensi pekerjaan

Mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti magang tidak hanya belajar tentang dunia kerja. Kamu juga bisa mendapatkan referensi pekerjaan jika kamu bisa menunjukkan kualitas yang baik selama magang lho.

Hal ini bisa bermanfaat bagi kamu yang mungkin nanti setelah lulus ingin langsung bekerja di tempat kamu magang atau tempat lain yang masih ada hubungannya dengan bidang yang kamu geluti.

9. Mendapatkan penghasilan tambahan

Beberapa tempat magang tidak hanya memberikan kesempatan untuk belajar tentang dunia kerja saja lho, bahkan ada yang memberikan penghasilan atau fee selama magang.

Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah tabunganmu. Walaupun begitu, motivasi utama untuk magang tidak hanya soal penghasilan ya, tapi pengalaman.

10. Menambah catatan di Curriculum Vitae (CV)

Mahasiswa tingkat akhir pasti mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus nanti. Tentu saja mereka akan menyiapkan Curriculum Vitae (CV) untuk masuk ke dunia kerja.

Mengikuti magang akan menambah catatan di CV yang akan kamu tulis nanti. Hal ini dapat membuat kamu mendapatkan nilai tambah di mata perusahaan yang ingin kamu tuju.

Itulah sepuluh manfaat magang bagi mahasiswa tingkat akhir. Gunakanlah waktu sebaik mungkin sebelum kamu lulus untuk mendapatkan banyak pengalaman berharga. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Desember 25, 2020 5:12 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Materi PAI Kelas 8 Bab 1 Meyakini Kitab-Kitab Allah, Mencintai Al-Quran

Meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Quran tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang bersifat spontanitas… Read More

Januari 27, 2021

Yuk Kenalan Dengan Teknik Lingkungan, Salah Satu Jurusan Unik yang Ada di Indonesia!

Hola guys! Berhubung mendekati SNMPTN maupun SBMPTN untuk kelas 3 SMA, kali ini aku akan… Read More

Januari 27, 2021

10 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang SNMPTN sampai SBMPTN Tahun ini!

Selamat Tahun Baru guys! Ngomongin tahun baru, kira-kira kamu udah ada resolusi apa nih buat… Read More

Januari 27, 2021

Sstt, Ini Rahasia Belajar Interaktif Semasa Pandemi! Brain Academy dari Ruangguru

Belajar Interaktif - Guys, ada ga sih di antara kalian yang mulai jenuh dengan pembelajaran… Read More

Januari 27, 2021

Solusi Belajar Bahasa Inggris Seru di English Academy dari Ruangguru!

English Academy - Hai guys! Siapa nih di antara kamu yang masih sering kesulitan menggunakan… Read More

Januari 27, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 8 K13 Revisi, Lengkap!

Rangkuman materi masih dalam tahap proses, mohon untuk menunggu beberapa hari kemudian. Terima kasih Read More

Januari 27, 2021