Categories: Kuliah

11 Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan Buat Anak Kuliahan

Share

Ketika kamu menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di dunia perkuliahan, tentu kamu pasti akan disambut dengan berbagai macam organisasi kampus yang pasti akan mengajak kamu untuk bergabung ke dalam organisasi mereka. Baik organisasi maupun komunitas yang ada di kampus sangatlah beragam.

Ada juga yang berkaitan dengan minat dan bakat kamu, dan ada juga yang berbeda dengan apa yang kamu sukai. Nah, jika kamu sudah menemukan organisasi atau komunitas yang paling kamu minati, alangkah baiknya untuk ikut masuk dan bergabung ke dalam organisasi tersebut karena ada manfaat yang akan kamu rasakan hingga semester akhir di kampus bahkan sampai setelah lulus nanti.

Dari sekian banyak organisasi di kampus, tentu kamu pasti tertuju dengan salah satu organisasi yang bernama Himpunan Mahasiswa Jurusan atau (HMJ). Himpunan Mahasiswa Jurusan ini biasanya terdiri dari orang-orang yang memiliki minat, bakat, dan idealisme yang sama dengan jurusan yang kamu pilih saat ini.

Di dalamnya kamu akan banyak belajar berbagai hal dan banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu diterima sebagai anggota dari Himpunan Mahasiswa Jurusan, Jadi. mari kita lihat 10 manfaat mengikuti himpunan Mahasiswa Jurusan buat kamu. Yuk simak baik-baik!

Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa

Photo by fauxels on Pexels.com

1. Menambah relasi

Di dalam lingkup ruang kerja, Himpunan Mahasiswa Jurusan sangatlah terbatas, Eits, bukan berarti lingkaran pertemanan kamu berhenti sampai situ saja lho, justru dalam organisasi inilah kamu dapat menambah kenalan dengan menyelenggarakan kegiatan atau event yang bisa dihadiri oleh stakeholder dan narasumber yang tentunya banyak menginspirasi bagi kehidupan kita. Kamu juga bisa menambah relasi dengan kakak tingkat, teman seangkatan, maupun adik tingkat. Seru kan?

2. Membantu studi kamu

Tidak dipungkiri bahwa banyak mahasiswa masuk ke Himpunan Mahasiswa Jurusan untuk membantu studi mereka agar mudah dimengerti. Dan itu tidaklah salah, memang betul karena kamu dapat membuat studi klub atau komunitas belajar yang bisa dihadiri oleh senior kamu. Selain itu, kamu juga bisa minta tolong senior untuk mengajari kamu berbagai hal dalam jurusan mengenai apa yang tidak kamu pahami.

3. Belajar untuk memanajemen waktu

Dengan ikut organisasi/kepanitiaan acara di kampus, waktu yang biasanya kita gunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas otomatis akan berkurang. Agar kegiatan akademik dan non akademik berjalan lancar, maka manajemen waktu yang baik harusl dilakukan.

Pengalaman sebagai mahasiswa yang berorganisasi, bisa menjadi bekal kita ketika akan bersaing pada dunia kerja dan dapat menjadi nilai plus jika dibandingkan dengan mahasiswa yang hanya aktif dalam aktivitas perkuliahan saja.

4. Tempat bertukar pikiran

Di dalam suatu organisasi, bertukar pikiran menjadi suatu hal yang lumrah terjadi dan tentunya termasuk ke dalam hal yang sangatlah positif. Apalagi jika kamu bertukar pikiran dengan orang yang satu frekuensi dengan kamu. Mungkin itu bisa menjadi hal yang sangat mengasyikkan dan bisa kita dapatkan dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Biasanya terdapat kegiatan yang rutin sekali diadakan, yakni Diskusi Rutin yang biasanya diadakan 1 bulan sekali. Kamu juga bisa bertukar pikiran dengan banyak karakter orang sehingga dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan kamu.

5. Keluarga paling dekat

Di dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan, tentunya terdiri dari kumpulan mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki visi dan misi yang sama. Sehingga kamu akan merasa seperti memiliki keluarga yang begitu dekat di kala kamu sedang merantau jauh dari orang tua. Sebagai satu keluarga, susah senang akan dilalui bersama-sama.

6. Belajar sosialisasi

Di saat kamu sudah memasuki dunia kerja, komunikasi dan sosialisasi menjadi dua hal yang sangatlah penting. Dengan masuknya kamu di dalam suatu organisasi maka kamu akan dibekali pengalaman tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik dan bersosialisasi dengan baik tanpa perlu kaku lagi ketika kamu telah masuk ke dunia kerja.

Karena di dalam organisasi kamu sudah terbiasa mengasah kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi sehingga menjadikan dirimu matang ketika sudah mendapatkan kerja kelak.

7. Melatih softskill

Nah, kamu juga bisa belajar skill baru lho di dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan ini, seperti dalam hal kepemimpinan, bersosialisasi yang baik, public Speaking, dan masih banyak lagi hal yang akan kamu dapatkan. So, jangan ragu lagi, yuk bergabung!

8. Latar belakang yang sama

Sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan, kamu mungkin akan bertemu dengan seseorang yang memiliki latar belakang yang sama dengan kamu, idealisme yang sama, dan visi misi yang sama dengan apa yang ingin kamu tempuh. Kesamaan ini yang akan membawa kamu ke ranah organisasi yang lebih dalam dan tentunya, bersama sama dengan mereka.

9. Sarana untuk lebih dekat dengan dosen

Dalam aktivitas Himpunan Mahasiswa Jurusan, tentu sering sekali berkaitan dengan dosen yang biasanya menjadi narasumber dari suatu kegiatan atau event yang diadakan. Dengan ini kamu bisa memanfaatkan momen tersebut agar lebih dekat lagi dengan dosen yang mungkin bisa menjadi pendongkrak nilai kamu di akhir semester nanti.

10. Circle pertemanan dengan Idealisme sama

Tentu kamu akan merasakan kenyamanan tersendiri ketika kamu bersama dengan orang-orang yang memiliki idealisme yang sama dengan kamu. Nah, di Himpunan Mahasiswa Jurusan ini kemungkinan kamu akan mendapatkan teman yang memiliki idealisme yang sama. Dan itu bisa menjadi circle pertemanan yang sangatlah nyaman yang kamu temui saat itu

11. Berpeluang menjadi staf kejurusan

Kamu bisa memanfaatkan antara kedekatan Himpunan Mahasiswa Jurusan dengan Staff Kejurusan sehingga kamu dapat bekerja atau magang menjadi staf jurusan sebelum kamu bekerja di luar kampus kelak. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang masih baru dan ingin mencari pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Nah, apakah kamu tertarik dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan setelah membaca artikel ini? Jika iya segera gabung ya! Karena Pengalaman adalah ilmu yang paling berharga dalam hidup kita. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Juni 11, 2021 5:48 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap, buku… Read More

Agustus 15, 2022

Kepoin Yuk 8 Rekomendasi Beasiswa S1 di Kampus Terbaik Dalam dan Luar Negeri!

Siapa sih di antara kamu yang tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yap, beasiswa menjadi salah… Read More

Agustus 14, 2022

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni peran… Read More

Agustus 11, 2022

7 Perjanjian Hindia Belanda dengan Indonesia, dari Masa VOC Hingga Pasca Kemerdekaan

Kamu tentu tidak asing bukan dengan sejarah mengenai Hindia-Belanda di Indonesia? Yap, Indonesia dan Belanda… Read More

Agustus 2, 2022

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sebelum Belajar, Dijamin Ampuh!

Halo guys, gimana kabarnya? Kabar baik disini. Semoga disana juga ya! Siapa sih yang nggak… Read More

Agustus 2, 2022

Ketahui Yuk 4 Jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

Halo guys, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Kamu tahu… Read More

Agustus 1, 2022