10 Manfaat Menjadi Anggota BEM Saat Kuliah

BEM merupakan salah satu organisasi yang diminati oleh mahasiswa yang ingin bergabung dengan organisasi di kampus. BEM merupakan lembaga eksekutif yang berisi mahasiswa yang terpilih melalui seleksi dari berbagai jurusan atau fakultas. BEM dibedakan menjadi BEM Fakultas dan BEM tingkat kampus atau BEM KM.

Sebelumnya sudah dijelaskan motivasi dan alasan mahasiswa masuk BEM. Nah, sekarang mari kita bahas tentang manfaat apa yang akan kamu peroleh jika kamu menjadi anggota BEM saat kuliah. Mungkin bagi kamu yang belum tahu apa saja manfaatnya, yuk simak informasi berikut!

10 Manfaat Menjadi Anggota BEM Saat Kuliah

1. Menjadi wadah mengembangkan diri

BEM adalah wadah yang baik dan tepat untuk mengembangkan diri, kemampuan, hobi, bakat, dan minat. Jika kamu bergabung di BEM, maka manfaat yang kamu dapatkan tidak hanya bisa ikut kegiatan ini itu saja, tapi kamu juga bisa mendapatkan wadah yang tepat untuk mengembangkan kemampuan diri seperti komunikasi, kerja sama, dan masih banyak lagi.

2. Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik

Dengan mengikuti organisasi kamu akan mendapatkan manfaat untuk belajar mengembangkan jiwa kepemimpinan dengan baik. Kamu bisa belajar mengenai pemecahan masalah, mencari solusi, menentukan keputusan, membawahi sebuah tim, dan masih banyak lagi. Manfaat ini akan kamu dapatkan jika kamu ikut BEM.

Baca Juga:  Kegiatan Asrama PPKU IPB

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Bagi kamu yang merasa menjadi orang yang pendiam, kaku, atau introvert, kamu bisa mencoba masuk BEM. Disini kamu akan belajar berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat untuk meningkatkan komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi yang baik ini bermanfaat lho bagi kehidupan sehari-hari dan bekal untuk kehidupan pasca kampus saat bekerja nanti.

4. Mengubah pola pikir menjadi lebih positif

Pola pikir adalah salah satu hal penting yang perlu dibentuk oleh seseorang dalam kehidupan. Bagi kamu yang masih muda, terus membangun pola pikir yang lebih baik itu perlu. Salah satu caranya adalah dengan masuk ke BEM atau organisasi. Sehingga, kamu bisa mengubah pola pikirmu sebagai mahasiswa untuk menjadi lebih baik dan positif.

5. Membuat diri menjadi lebih aktif dan percaya diri

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan jika kamu masuk ke BEM adalah kamu bisa menjadi lebih aktif dan percaya diri. Kamu yang punya kesibukan di kampus setelah waktu kuliah selesai bisa membuat diri lebih aktif. Kamu juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan sering berinteraksi dengan orang banyak.

6. Punya waktu yang lebih positif dan produktif

BEM bisa memberikan wadah bagi kamu yang ingin membuat waktumu bermanfaat dengan mengisi kegiatan yang positif dan produktif. Daripada kamu membuang waktu di luar kegiatan kuliah, kamu bisa ikut BEM. Sehingga kamu yang dulunya gabut, bisa punya kegiatan yang bermanfaat dan terhindar dari kegiatan negatif atau waktu yang terbuang percuma.

7. Menambah pengalaman dan wawasan

Mengikuti BEM akan menambah pengalaman dan wawasan yang sangat bermanfaat bagi kamu. Kamu harus pandai-pandai mengambil pelajaran apa yang bisa kamu petik dan pengalaman apa yang bermanfaat bagi dirimu dan orang lain.

Baca Juga:  10 Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK

8. Memiliki jaringan atau relasi yang luas

Saat kamu ikut BEM, kamu bisa mengenal teman seangkatan yang beda jurusan, adik tingkat, dan juga kakak tingkat. Bahkan kamu juga bisa mengenal orang-orang dari perusahaan yang akan bekerja sama sebagai sponsor dalam kegiatan yang akan kamu lakukan. Relasi atau jaringan ini akan bermanfaat bagi kamu baik saat masa kuliah maupun setelah lulus kuliah.

9. Bisa memberikan peluang bisnis

Pada umumnya, saat mengikuti kegiatan BEM, kamu mungkin saja diminta untuk mencari dana usaha untuk modal kegiatan selain dari sponsor. Kamu yang punya relasi dari berbagai bidang bisnis bisa memanfaatkan momen ini untuk semakin memperluas jaringan bisnis dengan menggunakan produk atau jasa yang bisa kamu berikan atau dari orang lain.

10. Modal untuk melamar kerja dan beasiswa

Hal ini pasti sudah diketahui oleh banyak orang, bahwa pada umumnya perusahaan akan lebih menyukai orang-orang yang punya pengalaman organisasi. Saat melamar kerja, kamu bisa mencantumkan pengalamanmu di BEM. Sedangkan untuk melamar beasiswa, pada umumnya ini akan menjadi poin penting dalam penilaian.

Itulah sepuluh manfaat menjadi anggota BEM saat kuliah. Pada intinya, dengan ikut BEM, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Alasan Masuk BEM Saat Kuliah

Saat kamu SMA, mungkin sudah tahu bahwa saat di perkuliahan ada organisasi yang bernama BE…