mata kuliah ilmu gizi

Mau Masuk Ilmu Gizi? Ini Mata Kuliah Ilmu Gizi IPB!

Banyak perguruan tinggi yang menyediakan program sarjana jurusan Ilmu Gizi. Namun, tidak semua mata kuliah yang diajarkan oleh setiap perguruan tinggi itu sama lho. Terlebih jurusan Ilmu Gizi di IPB yang berada di bawah naungan Fakultas Ekologi Manusia, yang merupakan satu-satunya Fakultas Ekologi Manusia di Indonesia. Jadi, jika kamu nanti masuk Ilmu Gizi IPB, kamu akan belajar apa aja sih? Yuk simak informasi berikut.

Mata Kuliah Ilmu Gizi IPB #Part 1

mata kuliah ilmu gizi
Photo by Pixabay on Pexels.com

1. Ilmu Gizi Dasar

Mata kuliah gizi yang akan diajarkan pertama kali saat kamu masuk di IPB adalah Ilmu Gizi Dasar atau yang biasa disingkat IGD. Mata kuliah ini akan kamu dapatkan saat kamu masuk semester 2. Lalu semester 1 belajar apa saja? Nah, sebaiknya kamu baca dulu tentang artikel mata kuliah PPKU IPB.

Mata kuliah ini terdiri dari kelas kuliah dan kelas praktikum. Di kelas kuliah, kamu akan mempelajari ilmu gizi yang meliputi sejarah ilmu gizi, perkembangan ilmu gizi, energi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan elektrolit, dan komponen gizi lainnya.

Kamu juga akan belajar dasar-dasar dalam penilaian konsumsi pangan, status gizi antropometri, dan prinsip perencanaan menu. Mata kuliah ini ibaratnya sebagai sampulnya kuliah gizi. Jadi, kamu akan belajar dari awal mengenai ilmu gizi sebelum belajar lebih dalam.

Di kelas praktikum, kamu akan belajar banyak hal. Mulai dari cara menghitung kebutuhan energi, protein, lemak, vitamin, dan kebutuhan zat gizi lainnya.

Kemudian belajar menghitung kebutuhan energi berdasarkan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan selama 24 jam, menerapkan cara menilai konsumsi pangan dengan metode recall kepada teman atau orang lain, menghitung status gizi, penerapan label pangan, kandungan makanan, konversi makanan, dasar perencanaan menu, serta wawancara masyarakat sekitar dan posyandu.

Baca Juga:  Mata Kuliah Ilmu Gizi IPB, Maba Wajib Tahun Nih!

2. Anatomi Manusia

Sama halnya dengan Ilmu Gizi Dasar, mata kuliah Anatomi Manusia juga dipelajari saat kamu masuk semester 2. Mata kuliah ini terdiri dari kelas kuliah saja. Kamu akan belajar mengenai struktur, letak, dan fungsi organ tubuh manusia yang pada kondisi fisiologis normal sehingga dapat mendukung status gizi dan kesehatan.

Kamu akan belajar mulai dari terminologi anatomi, struktur mikroskopik tulang, skeletal, saraf dan otot, organ integumen dan organ endokrin, organ sistem pencernaan, organ sistem kardiovaskular dan limfatik, organ sistem respirasi, organ sistem urinari, organ genital pria dan wanita, dan organ sistem indera. Di akhir pertemuan, biasanya ada tugas untuk membuat makalah dan dipresentasikan di depan kelas untuk dibahas bersama.

3. Ilmu Bahan Makanan

Mata kuliah ini juga akan kamu pelajari saat kamu masuk semester 2. Mata kuliah Ilmu Bahan Makanan ini seru lho guys. Kamu akan mempelajari seluk beluk tentang bahan makanan, mulai dari sumber dan jenis pangan nabati dan hewani, struktur fisik, komponen kimia atau zat gizi, perubahan kimia/biokimia pasca panen, dan masih banyak lagi.

Lingkup materinya antara lain kerusakan bahan pangan, karakteristik dan kualitas daging, daging unggas, telur, susu, ikan, buah-buahan, sayuran, serealia, kacang-kacangan, umbi-umbian, bumbu dan rempah, serta bahan penyegar.

Selain kelas kuliah, mata kuliah ini juga menyediakan kelas praktikum. Saat praktikum, kamu akan mempelajari banyak hal. Misalnya, saat mempelajari kerusakan bahan pangan. Kamu akan diberikan beberapa bahan makanan yang masih bagus kualitasnya dan juga yang sudah rusak. Kamu harus bisa mengidentifikasi bahan pangan tersebut mengalami kerusakan kimiawi, biologis, atau yang lainnya.

Selain itu, misalnya saat mempelajari bahan penyegar. Kamu akan belajar uji organoleptik untuk mengetahui lebih dalam karakteristik bahan penyegar tersebut. Praktikum dilaksanakan di laboratorium dan biasanya ada kuis sebelum maupun sesudah praktikum. Jadi, kamu harus belajar dan memperhatikan materi praktikum secara baik.

Baca Juga:  Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

4. Fisiologi Manusia

Setelah mempelajari Anatomi Manusia, selanjutnya kamu akan belajar Fisiologi Manusia. Jadi, kamu harus mengambil mata kuliah Anatomi Manusia terlebih dahulu sebagai prasyarat untuk mengambil mata kuliah Fisiologi Manusia.

Dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari proses fisiologis normal pada berbagai fungsi tubuh. Selain itu, kamu akan belajar mengenai struktur dan fungsi tubuh manusia mulai dari tingkat sel, jaringan, organ, hingga sistem tubuh yang terkait dengan penyediaan gizi.

Mata kuliah ini menyediakan kelas kuliah dan juga kelas praktikum. Saat praktikum, akan ada pemberian materi yang lebih mendalam, tugas tertulis, dan juga ujian setelah beberapa pertemuan.

Pemberian materi secara mendalam diberikan dengan aplikasi yang menjelaskan detail tentang proses suatu organ atau sistem pada tubuh. Setelah pemberian materi, minggu selanjutnya mahasiswa akan diberikan ujian praktek mengenai materi minggu yang lalu dengan aplikasi tersebut.

5. Kesehatan Masyarakat

Mungkin kamu sempat bertanya-tanya, kenapa kuliah gizi belajar tentang kesehatan masyarakat? Bukankah sudah ada jurusan Kesehatan Masyarakat yang berdiri sendiri? Jurusan Kesehatan Masyarakat berbeda dengan jurusan Ilmu Gizi, namun kedua jurusan ini berhubungan.

Cakupan materi dalam jurusan Kesehatan Masyarakat lebih luas yaitu terkait kesehatan yang mencakup kebutuhan pokok dan kehidupan individu yang dipengaruhi oleh banyak faktor sosial. Ada beberapa pilar utama dalam ilmu kesehatan masyarakat, salah satunya adalah Gizi Masyarakat. Oleh karena itu, mungkin beberapa dari kamu akan menjumpai jurusan Ilmu Gizi yang berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Mata kuliah Kesehatan Masyarakat di IPB terdiri dari kelas kuliah saja. Berdasarkan Buku Panduan Program Sarjana IPB, kamu akan belajar mengenai konsep dan kontinum sehat-sakit, paradigma sehat, indikator kesehatan individu, upaya protektif dalam sistem pemeliharaan kesehatan, upaya preventif primer gizi klinik dan upaya rehabilitatif, promosi keluarga sadar gizi, manajemen Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Baca Juga:  Daftar Program Studi S1 Ilmu Gizi Terakreditasi A di Indonesia

Itulah lima mata kuliah yang akan kamu pelajari jika kamu kuliah Ilmu Gizi di IPB. Akan ada pembahasan mata kuliah lainnya lho. Tunggu artikel selanjutnya ya, Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang juga ingin masuk Ilmu Gizi IPB. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju.…