notes macbook study conference

Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 1

Sebagian dari kamu yang ingin masuk ke IPB atau mahasiswa baru IPB, mungkin sudah tidak asing mendengar bahwa di tahun pertama mahasiswa S1 IPB akan mengikuti program PPKU. Jika kamu masih belum tahu apa itu program PPKU, yuk simak penjelasan berikut!

PPKU adalah Program Pendidikan Kompetensi Umum, yaitu program yang berlaku untuk seluruh mahasiswa baru S1 di IPB pada tahun pertama. Melalui program ini, mahasiswa baru mempelajari mata kuliah dasar sesuai dengan kebutuhan masing-masing mayor atau jurusan.

Disini kamu seperti mempelajari mata pelajaran saat SMA. Namun, bedanya disini lebih dalam dan lebih fokus dengan jurusan yang kamu ambil. Apa saja? Mari kita bahas satu per satu.

Mata Kuliah PPKU IPB (Part 1)

1. Pendidikan Agama

Salah satu mata kuliah yang penting untuk dipelajari lebih lanjut adalah Pendidikan Agama. Walaupun bukan jurusan yang berkaitan dengan Agama, namun penting untuk mempelajari lebih dalam mengenai agama masing-masing sebagai landasan dan pedoman kehidupan sehari-hari agar selalu dekat dengan sang Pencipta. Mata kuliah ini wajib diambil oleh semua jurusan baik di semester 1 atau semester 2 tergantung pada masing-masing kelas.

Pendidikan Agama yang tersedia yaitu Pendidikan Agama Islam, Agama Kristen Protestan, Agama Kristen Katolik, Agama Hindu, Agama Budha, dan Agama Konghucu. Masing-masing mahasiswa mengambil mata kuliah pendidikan agama berdasarkan kepercayaan masing-masing. Selain perkuliahan di dalam kelas, mata kuliah pendidikan agama juga mempunyai kelas responsi. Dalam kelas ini, mahasiswa akan belajar dan praktek lebih lanjut.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Seni dan Budaya

Misalnya, bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam akan mempunyai kelas responsi yang dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu pembimbing. Kegiatannya yaitu mengaji bersama, mempelajari lebih lanjut ayat Al-Qur’an yang dibaca berserta artinya, pemberian materi, dan tugas. Diakhir pertemuan biasanya terdapat kuis atau ujian.

2.  Pendidikan Pancasila

Pancasila mempunyai peranan penting dalam kehidupan Bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, jiwa dan kepribadian Bangsa Indonesia, sumber nilai, serta paradigma pembangunan Bangsa Indonesia harus dipelajari dan diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa PPKU IPB adalah Pendidikan Pancasila.

Mata kuliah Pendidikan Pancasila mempelajari lebih lanjut pemahaman Pancasila di berbagai bidang. Mulai dari Pancasila sebagai nilai dasar negara, sistem ketatanegaraan, penerapan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat serta berbangsa dan bernegara, pemahaman tentang bangsa, negara, hak dan kewajiban warga negara, bela negara, demokrasi, wawasan nusantara, hak asasi manusia, politik strategi nasional, ketahanan nasional, otonomi daerah, dan lingkungan hidup.

Mata kuliah Pendidikan Pancasila terdiri dari kelas kuliah dan kelas responsi. Dalam kelas kuliah, akan diberikan materi yang diterangkan oleh dosen. Selain itu, dosen juga terkadang menanyakan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa dan sebaliknya.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya apabila mempunyai pertanyaan. Dalam kelas responsi, mahasiswa akan diberikan sebuah kasus atau topik yang harus dibahas dan dikaji lebih lanjut bersama dengan kelompok kemudian dipresentasikan dan dibahas bersama dengan satu kelas dan dosen.

3. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia harus tetap dipelajari walaupun kamu sudah masuk kuliah. Mata kuliah ini wajib diambil bagi seluruh mahasiswa baru di IPB. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan dapat menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik, benar, dan tepat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Persiapan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

Mata kuliah Bahasa Indonesia terdiri dari kelas kuliah dan kelas responsi. Dalam kelas kuliah, kamu akan mendapatkan materi mengenai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, EYD, jenis-jenis tulisan, paragraf, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, serta karya ilmiah. Dalam kelas responsi, kamu akan diberikan tugas-tugas serta kuis untuk mengasah kemampuan Bahasa Indonesia. Kamu juga akan diberikan tugas membuat karya tulis ilmiah bersama dengan kelompok.

4. Bahasa Inggris

Salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa baru adalah Bahasa Inggris. Saat memulai kelas Bahasa Inggris di PPKU IPB, kamu akan diberikan tes TOEFL untuk melihat kemampuan Bahasa Inggrismu. Jika kamu mendapatkan nilai AB dan A atau setara dengan skor TOEFL 475-500 ke atas, maka kamu dapat memilih untuk mengikuti kelas Bahasa Inggris atau tidak.

Jika nilaimu skor TOEFL-mu dibawah 475 maka kamu harus mengikuti kelas Bahasa Inggris. Kelasnya terdiri dari kelas kuliah dan kelas responsi. Di dalam kelas kuliah, kamu akan mempelajari materi-materi Bahasa Inggris seperti teknik dan strategi untuk memahami suatu teks bacaan Bahasa Inggris dan struktur kalimat yang terkait dalam bacaan Bahasa Inggris. Di dalam kelas responsi, kamu akan diberikan tugas-tugas, pembahasan, kuis, dan masih banyak lagi.

5. Olahraga dan Seni

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa saat kuliah masih ada pelajaran olahraga dan seni padahal tidak ada kaitannya dengan jurusan yang diambil. Berdasarkan buku panduan sarjana yang dikeluarkan oleh IPB, mata kuliah olahraga dan seni merupakan upaya dosen dan mahasiswa agar dapat mengaktualisasikan seluruh potensi aktivitasnya sebagai manusia berupa sikap, tindakan dan karya yang diberi bentuk, isi dan arah menuju kebulatan pribadi sesuai cita-cita.

Baca Juga:  Masih Bingung Ambil Jurusan Apa? Yuk, Simak Tips di Bawah Ini!

Dalam mata kuliah olahraga dan seni, kamu akan belajar mengenai olahraga dan kesenian yang mampu memberikan pengaruh terhadap tumbuh kembang unsur jasmani, rohani, sosial, emosional, intelektual, moral, maupun spiritual. Kamu dapat mencoba banyak olahraga yang diajarkan dengan baik.

Kamu juga dapat menjalin kerja sama bersama kelasmu untuk membuat suatu gerakan senam aerobik secara menyeluruh. Nantinya, senam aerobik ini akan dibuat sebagai kompetisi dengan kelas-kelas lainnya. Tentu saja akan jadi kebanggaan tersendiri jika kelasmu menang bukan?

Itulah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di tahun pertama atau PPKU IPB. Tidak hanya itu saja, masih ada banyak mata kuliah lainnya lho yang akan dibahas di artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju.…