Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 2

Di artikel sebelumnya, sudah dibahas lima mata kuliah yang akan kamu pelajari jika kamu menjadi mahasiswa baru di IPB. Sudah baca belum? Kamu dapat membacanya disini. Oh ya, perlu kamu ketahui bahwa semua mahasiswa baru S1 di IPB wajib mengikuti PPKU lho. Lalu apa itu PPKU?

PPKU adalah Program Pendidikan Kompetensi Umum, yaitu program yang berlaku untuk seluruh mahasiswa baru S1 di IPB pada tahun pertama. Mahasiswa baru akan mempelajari mata kuliah dasar sesuai dengan kebutuhan masing-masing mayor atau jurusan yang diambil.

Disini kamu seperti mempelajari mata pelajaran saat SMA. Bedanya, disini lebih dalam dan fokus dengan jurusan yang kamu ambil. Apa saja mata kuliahnya? Yuk simak informasi berikut!

Mata Kuliah PPKU IPB (Part 2)

1. Pengantar Ilmu Pertanian

Sebagai mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang berfokus pada pertanian, tentu saja kamu harus mengetahui seluk beluk ilmu pertanian walaupun jurusanmu bukan di Fakultas Pertanian. Sebenarnya, semua jurusan di IPB ada kaitannya dengan pertanian, oleh karena itu mahasiswa baru wajib mempelajari mata kuliah ini agar mengenal pertanian secara luas.

Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa pertanian itu hanya cangkul mencangkul di sawah. Namun, nyatanya pertanian itu luas lho. Mulai dari pertanian di lahan (on farm), sains pertanian dan lingkungan, iklim dan cuaca, energi dan fotosintesis, pangan dan gizi, daur hara kehidupan, teknologi pasca panen, pertanian non pangan, agribisnis, agroindustri, bioteknologi, visi pertanian Abad 21, dan masih banyak lagi.

Ilmu-ilmu tersebut akan kamu dapatkan saat kamu mempelajari mata kuliah Pengantar Ilmu Pertanian. Mata kuliah ini wajib bagi seluruh mahasiswa baru. Pada mata kuliah ini hanya ada kelas kuliah saja. Walaupun begitu, kamu akan mendapatkan materi dan diskusi yang menarik di dalam kelas sehingga kamu dapat mendapatkan ilmu dengan baik.

Baca Juga:  7 Tips Mendapatkan Beasiswa, Terbaru!

2. Ekonomi Umum

Walaupun mahasiswa di IPB seluruhnya berasal dari jurusan IPA, namun mereka harus belajar Ekonomi Umum lho. Apakah kamu sempat bertanya apa gunanya belajar ekonomi bagi mahasiswa baru? Alasannya yaitu ekonomi merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, pada umumnya setiap jurusan masih ada hubungannya dengan ekonomi walaupun secara garis besar. Itulah mengapa mahasiswa baru atau PPKU wajib mengambil mata kuliah ini.

Dalam mata kuliah ekonomi umum, kamu akan mempelajari ekonomi mikro dan ekonomi makro. Kamu akan belajar lebih dalam mengenai gambaran umum mengenai ilmu ekonomi, perilaku ekonomi, hukum permintaan, hukum penawaran, garis anggaran dan kurva indeferen, produksi dan biaya, struktur pasar, pendapatan dan perubahan pendapatan nasional, kebijakan fiskal serta kebijakan moneter.

Mata kuliah ekonomi umum terdiri dari kelas kuliah dan kelas responsi. Dalam kelas kuliah selain ada materi ada juga kuis dadakan lho, walaupun tidak selalu ada tapi kamu harus siap-siap untuk belajar ya. Sedangkan kelas responsi mencakup pendalaman materi dan prakteknya melalui kajian soal-soal.

3. Sosiologi Umum

Mungkin kamu agak bingung kenapa mahasiswa baru IPB harus belajar tentang sosiologi umum. Apakah ada kaitannya? Tentu saja ada. Sebagai makhluk sosial, mahasiswa harus belajar bagaimana kehidupan sosial di masyarakat dan fenomena yang terjadi. Kamu akan mempelajari itu di mata kuliah ini. Mata kuliah Sosiologi Umum merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PPKU IPB.

Mata kuliah ini terdiri dari kelas kuliah dan kelas responsil. Dalam kelas kuliah, kamu akan mempelajari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, masyarakat, dan kebudayaan, kelembagaan sosial, grup sosial, organisasi sosial, stratifikasi sosial dan sistem kekuasaan, proses-proses sosial dalam masyarakat, serta perubahan masyarakat dan pembangunan.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Sosial dan Politik

Dalam kelas responsi, kamu akan diberikan suatu kasus dalam bentuk bacaan atau esai. Kamu akan belajar bagaimana cara menganalisis kasus tersebut dari poin-poin penting dalam sosiologi. Setelah itu, akan ada diskusi dan pembahasan di kelas. Ada juga tugas yang membuatmu dapat melatih peran sosial, dan masih banyak lagi.

4. Pengantar Kewirausahaan

Kamu pasti sering mendengar bahwa banyak dari lulusan IPB yang menjadi pengusaha sukses bukan? Salah satu faktor yang menunjang kemampuan wirausaha pada mahasiswa adalah dengan memberikan mata kuliah pengantar kewirausahaan. Di dalam kelas, kamu akan mendapatkan banyak materi yang bermanfaat, baik materi dari dosen maupun dari pengusaha langsung.

Kamu dapat mempelajari mengenai pengertian dan prinsip kewirausahaan, sifat dan ciri-ciri wirausahawan, pengenalan dan pengembangan kepribadian wirausaha, motivasi dan peluang berwirausaha, karakter wirausaha, gagasan wirausaha serta perencanaan dasar usaha.

Kamu juga akan mendapatkan tugas untuk mewawancarai usaha atau pengusaha yang ada di sekitar kampus atau daerahmu untuk belajar lebih lanjut bagaimana mereka merintis suatu usaha dari nol hingga sukses. Setelah itu, kamu dapat berbagi ilmu dengan mempresentasikannya di kelas.

Itulah empat mata kuliah yang akan dipelajari di PPKU IPB. Masih ada banyak mata kuliah lainnya lho yang akan dibahas di artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju.…