Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Share

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi ini berlangsung ya. Hari ini, penulis ingin membagikan rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 K13 revisi super lengkap khusus untuk kamu.

Meskipun kelas 11 termasuk lenggang dibandingkan kelas 10 atau 12, tetapi jangan sampai semangatmu dalam belajar ikutan padam ya. Oke, tanpa menunggu lama lagi, langsung simak berbagai rangkuman Bahasa Indonesia kelas 11 di bawah ini ya teman-teman.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi


Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1

Pertama-tama, penulis akan membagikan berbagai rangkuman Bahasa Indonesia kelas 11 di semester 1 nih. By the way, semua rangkuman yang ditulis di bawah ini berasal dari buku keluaran Kemdikbud ya guys.

Cara mengakses rangkuman tersebut gampang banget lho. Kamu tinggal klik judul rangkuman yang diinginkan dan tadaa! Laman smartphone atau laptopmu akan langsung berpindah ke materi yang diinginkan.

Yuk, langsung cobain ya gengs!

BabRangkuman MateriDownload
1Menyusun ProsedurPDF
2Mempelajari Teks EksplanasiPDF
3Mengelola Informasi dalam CeramahPDF
4Meneladani Kehidupan dari Cerita PendekPDF

Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2

Nah, gimana guys? Apakah kamu sudah puas berselancar di berbagai materi Bahasa Indonesia kelas 11? Oke, ga afdol kalau dalam rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 K13 revisi, penulis hanya membagikan materi di semester satu.

Oleh karena itu, berikut penulis juga bagikan rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 di semester 2. Oh iya, cara akses setiap materi juga masih sama ya gengs. So, langsung cek berbagai rangkuman di bawah ini. Eits, jangan lupa juga mencatat berbagai informasi penting ya.

BabRangkuman MateriDownload
5Mempersiapkan ProposalPDF
6Merancang Karya IlmiahPDF
7Menilai Karya Melalui ResensiPDF
8Bermain DramaPDF

Nah, itu tadi rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 K13 revisi yang penulis buat khusus untuk kamu aja gengs. Penulis harap, ketika kamu mendapatkan berbagai rangkuman tersebut maka semangatmu dalam belajar juga akan meningkat.

Ngomongin soal semangat belajar, kali ini penulis juga ingin membagikan beberapa alat tulis menarik yang bisa menambah semangatmu dalam belajar teman-teman. Berbagai alat tulis yang cantik dan aesthetic juga bisa membantu proses belajarmu menjadi lebih produktif lho. So, yuk langsung kepoin ulasannya di bawah ini ya.

Rekomendasi Alat Tulis Aesthetic

1. Binder

Rekomendasi alat tulis aesthetic yang pertama ialah binder. Sebenarnya ada banyak penyebutan untuk barang satu ini. Mulai dari blinder, binder, dan masih banyak lagi. Namun, alat tulis satu ini mempunyai fungsi yang sama, yakni untuk mencatat.

Nah, biasanya kan binder hanya terdiri dari warna-warna sederhana seperti hitam, kuning, biru, merah, dan pink, maka kali ini binder bisa kamu modifikasi sesuai keinginan lho. Contohnya seperti gambar di atas gengs.

Kamu bisa request foto atau background yang diinginkan. Ga hanya itu, bagian dalam dari binder pun terlihat classy dan memiliki banyak space untuk menyimpan. So, kalau kamu tertarik, maka jangan lupa klik link di sini untuk pembelian lebih lanjut.

2. Brush Pen

Next, ada brush pen. Siapa nih di antara kamu yang ingin banget belajar lettering? Tenang gengs, penulis juga memiliki tips dan cara sederhana untuk kamu yang ingin menulis lettering. Kamu bisa baca langkah-langkah tersebut di sini ya.

Oke, salah satu brush pen yang penulis rekomendasikan ialah Artline. Merk ini memang bagus banget karena penulis juga sudah pakai dari kelas 11 SMA. Wah, udah lumayan lama juga gengs.

Tinta yang dihasilkan engga tembus dan warnanya ga terlalu mencolok sekalipun kamu gunakan di kertas yang warna-warni. So, buat kamu yang ingin membeli brush pen satu ini, bisa langsung kunjungi Artine official di sini ya.

3. Stabilo

Stabilo atau highlighter, siapa sih yang ga tau alat tulis satu ini? Yap, rekomendasi alat tulis aesthetic kali ini mungkin sudah ga asing lagi bagi kamu. Penulis juga sudah berulang kali memasukkan stabilo atau highlighter di berbagai artikel.

Hal ini karena power of stabilo itu emang ga main-main gengs. Selain memudahkan belajar, stabilo juga bisa menambah mood maupun semangatmu dalam membaca lho.

Ga hanya itu, tulisan yang dihighlight juga lebih mudah diingat daripada yang engga. So, kalau kamu mau membeli highlighter imut dan menarik di atas, maka jangan lupa klik link di sini ya.

4. Bolpoin Warna

Berikutnya ada bolpoin warna. Ga afdol kalau udah bahas mengenai stabilo, tetapi ga bahas bolpoin warna. Yap, duo aesthetic ini memang wajib dimiliki pelajar. Supaya kamu semakin semangat belajar dan menulis catatan.

By the way, harga dari tiap bolpoin juga terjangkau banget guys. So, tunggu apa lagi? Kamu bisa langsung checkout barang tersebut melalui link ini ya.

5. Kertas Vintage

Rekomendasi alat tulis aesthetic berikutnya ialah kertas vintage. Sebenernya keberadaan kertas ini hanya sebagai pemanis dan bersifat opsional aja kok gengs. Namun, penulis senang merekomendasikan berbagai kertas vintage ke kamu, hehehe.

Kertas vintage ini juga bisa kamu gunakan untuk journaling sampai kegiatan catat-mencatat. Nah, kamu bisa langsung beli berbagai kertas vintage terjangkau seperti di atas melalui link ini gengs.

6. Lilin Aroma Terapi

Terakhir ada lilin aroma terapi. Sebenarnya lilin aroma terapi ga masuk ke dalam alat tulis gengs, hanya saja penulis rekomendasikan karena belakangan memakainya. Lilin aroma terapi sendiri dipercaya mampu memberikan rasa calming dan menenangkan lho.

Jadi, sewaktu kamu lagi pusing belajar atau rasanya unmotivated banget, maka coba deh menyalakan lilin aroma ini. By the way, jangan lupa cari lilin aroma terapi yang juga aman dihirup seperti yang penulis rekomendasikan di sini.

Nah, itu tadi rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 K13 revisi super lengkap yang penulis buat khusus untuk kamu. Semoga di kelas 11 ini kamu bisa semakin semangat belajar, apalagi setelah penulis rekomendasikan berbagai alat tulis aesthetic yang bisa mendukung produktivitasmu.

So, tetap semangat dan jangan lupa jaga kesehatan ya teman-teman!

This post was last modified on Juli 15, 2022 9:19 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi bintang yang saling… Read More

November 28, 2022

Informasi Terlengkap Jurusan Manajemen Hutan, Program Studi Langka di Indonesia

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Kali ini, seperti biasa penulis akan membagikan berbagai informasi terkait… Read More

November 28, 2022

Simak Yuk 4 Cara Membuat Pembatas Buku Cantik dengan Mudah dan Cepat

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bagi sebagian orang. Kebiasaan ini sendiri… Read More

November 27, 2022

Informasi Terlengkap Jurusan Rekayasa Nanoteknologi Beserta 5 Prospek Pekerjaannya di Indonesia

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat dan bahagia dimanapun… Read More

November 27, 2022

Ini Dia 3 Jenis Kata Imbuhan dalam Bahasa Indonesia yang Paling Sering Digunakan

Kata imbuhan menjadi salah satu materi yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Dimulai sewaktu… Read More

November 27, 2022