Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Bab 4 Which One is Your Best Gateway?

Share

Halo teman-teman, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia semua ya. Kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran mengenai materi Bahasa Inggris kelas 10 bab 4. Tentang apa sih? Materi kali ini membahas tentang deskriptif teks. Di tingkat sebelumnya, mungkin materi bahasa Inggris ini sudah teman-teman dapatkan di tingkat SMP. 

Sambil mengingat-ingat materi pas SMP, yuk kita pelajari dan dalami lagi tentang teks deskriptif. 

Chapter 4:
Which One is Your Best Gateway?


Taj Majal at sunrise in Agra, India.

Descriptive Text

Tes Deskriptif adalah teks yang menjelaskan tentang sesuatu yang rinci dan jelas. Tujuannya ialah memberikan informasi tentang benda, tempat atau orang dengan jelas dan membantu membaca untuk memahami karakteristik sesuatu yang dijelaskan. 

Jika ingin menceritakan sesuatu, maka kamu bisa menggunakan struktur teks deskriptif ini, yang mana terdiri dari:

1. Identification

berisikan identifikasi objek baik benda, orang atau hewan yang akan dijelaskan. Intinya bagian ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan kepada pembaca sebelum mengetahui lebih rinci pada bagian berikutnya. 

2. Description.

Berisikan penjelasan rinci mengenai objek yang dijelaskan, yang mana meliputi: karakteristik, bagian dan kualitasnya. Selain struktur di atas, teks deskriptif biasanya juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 

  • menjelaskan objek secara jelas dan rinci
  • menggunakan simple present tense
  • menggunakan kata kerja penghubung (relating verbs) is, am, are serta kata kerja has/have

Supaya teman-teman lebih jelas, bisa contoh teks deskriptif sebagai berikut. 

Taj MahalJudul
Taj Mahal, an epitome of love, is actually a mausoleum. Standing majestically on the banks of River Yamuna, the Taj Mahal is synonymous to love and romance. Taj Mahal was constructed by Mughal Emperor Shah Jahan in the memory of his beloved wife and queen. The name “Taj Mahal” was derived from the name of Shah Jahan’s wife, Mumtaz Mahal, which means crown of palaces.

Taj Mahal, merupakan lambang cinta, tapi sebenarnya adalah makam. Berdiri dengan megah di tepi sungai Yamuna, Taj Mahal identic dengan cinta dan romantisme. Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri tercintanya. Nama Taj Mahal, berasal dari nama istri Shah Jahan, Mumtaz Mahal, yang berarti mahkota istana.
Identification
Isinya identifikasi mengenai deskripsi Taj Mahal.Taj Mahal merupakan bangunan yang identic dengan kisah cinta yang dibangun seorang raja untuk istrinya
Taj Mahal represents the finest architectural and artistic achievement. The mausoleum was constructed of pure white marble. The white marble is inlaid with semi-precious stones (including jade, crystal, lapis lazuli, amethyst and turquoise) that form the intricate designs. Its central dome reaches a height of 240 feet (73 meters). The dome is surrounded by four smaller domes. Four slender towers, or minarets, stand at the corners. Inside the mausoleum, an octagonal marble chamber adorned with carvings and semi-precious stones house the false tomb of Mumtaz Mahal. Her actual remains lie below, at garden level.

Taj Mahal mewakili pencapaian arsitektur dan artistik terbaik. Makam ini dibangun dari marmer putih bersih. Marmer putih bertatahkan batu semi-mulia (termasuk batu giok, kristal, lapis lazuli, batu kecubung dan pirus) yang membentuk desain yang rumit. Kubah pusatnya mencapai ketinggian 240 kaki (73 meter). Kubah tersebut dikelilingi oleh empat kubah yang lebih kecil. Empat menara ramping, atau menara, berdiri di sudut-sudut. Di dalam makam, ruang marmer segi delapan yang dihiasi dengan ukiran dan batu semi mulia menjadi tempat makam palsu Mumtaz Mahal. Jenazahnya yang sebenarnya terletak di bawah, di bagian taman.

Taj  Mahal  shows  shades  of  magnificent  beauty  at different time during the day. At dawn when the first rays of the sun hits the dome of this epic monument, it radiates like a heavenly pinkish palace. At daytime, when the sky is bright and clear, the Taj looks milky white. At a moonlit night when the full moon rays fall on the glistening white marble, the cool moon rays reflect back from the white marble and give the Taj Mahal a tinge of blue color. It’s simply breathtaking! With such beauty, no wonder that Taj Mahal becomes one of the Seven Wonders of the World.

Taj Mahal menampilkan nuansa keindahan yang luar biasa pada waktu yang berbeda di siang hari. Saat fajar ketika sinar matahari pertama menyentuh kubah monumen epik ini, ia memancar seperti istana merah muda surgawi. Pada siang hari, saat langit cerah dan cerah, Taj terlihat putih susu. Pada malam yang diterangi cahaya bulan ketika sinar bulan purnama jatuh di atas marmer putih yang berkilau, sinar bulan yang teduh memantul kembali dari marmer putih dan memberi Taj Mahal semburat warna biru. Bangunan ini benar-benar menakjubkan! Dengan keindahan tersebut, tak heran jika Taj Mahal menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.
Description
Paragraf ini menjelaskan Taj Mahal merupakan bangunan dengan arsitektur terbaik.






Paragraf terakhir menjelaskan bahwa Taj Mahal memberikan keindahan baik waktu pagi, siang dan malam hari.

Selain itu, kita juga mengidentifikasi teks di atas sebagai berikut: 

  1. hampir semua kalimat menggunakan simple present tense.
  2. Ditemukan banyak relating verbs, mulai dari  is, am, are, has, dan have diantaranya:
  • Taj Mahal, an epitome of love, is actually a mausoleum
  • The white marble is inlaid with semi-precious stones
  1. Ada banyak adjectives, diantaranya:
  • Taj Mahal represents the finest architectural and artistic achievement
  • When the sky is bright and clear, the Taj looks milky white.

Nah, itulah teman-teman kita sudah mempelajari teks deskriptif lewat teks Taj Mahal. semoga teman-teman semakin paham ya bagaimana memahami teks tersebut, dengan cara diidentifikasi sehingga memudahkan memahami teks keseluruhan. 

Adjective and Noun Phrase

Photo by Pixabay on Pexels.com

Selain mempelajari teks deskriptif, kita juga akan belajar bagaimana menggunakan frasa benda (noun phrase) yang banyak kita temukan pada contoh teks di atas.  Apa itu noun phrase? 

Noun phrase ialah gabungan dua kata atau lebih yang biasanya terdiri dari kata sifat (adjective) dengan kata benda (nouns). Rumus umumnya ialah adjective + nouns

AdjectivesNounsNoun Phrases
magnificentbeautymagnificent  beauty
whitemarblewhite marble
octagonal marbleoctagonal marble

Kita juga bisa menggabungkan dua adjectives atau lebih dalam satu frasa. Untuk lebih jelasnya bisa simak ulasannya sebagai berikut. 

  • The library has new and old books (Perpusatakaan itu mempunyai buku baru dan lama)
  • My livingroom is wide and clean (ruang tamuku luas dan bersih)
  • The Cat is cute but dirty (Kucing itu lucu tapi kotor)

Selain dua kata sifat yang bisa digabungkan, kita juga bisa menggabungkan dua kata sifat atau lebih dengan aturan sebagai berikut.

Opinion – Size – Shape – Age – Colour – Nationality/Origin – Material – Purpose

Jadi ketika kita mempunyai beberapa kata sifat, maka harus diklasifikasikan dulu baru, diurutkan. Lebih jelasnya, teman-teman bisa simak ulasannya sebagai berikut. 

  1. A wonderful old Indonesian bag (Tas tua Indonesia yang indah)

Wonderful : opinion
Old : age
Indonesian : origin

2. A big square yellow table (Meja kotak kuning yang besar)

big : size
square : shape
yellow : color

3. A great blue plastic ornament (Tas tua Indonesia yang indah)

great : opinion
blue : color
plastic : material

Yuph, teman-teman itulah pembelajaran tentang teks deskriptif dan noun phrases. Bagaimana materinya? Cukup mudah dipahami kan? Tetap semangat belajarnya ya. Pantau terus website kami, nantikan materi bahasa Inggris kelas 10 selanjutnya. See you!

This post was last modified on September 9, 2021 6:01 pm

Khoirul Hafidz

English Department UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Menjadi abdi desa dan hobi menulis. Penulis freelance sejak 2014.

Leave a Comment
Published by
Khoirul Hafidz

Recent Posts

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga… Read More

Oktober 13, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 13 Naskah Lakon Teater Modern

Hai teman-teman semua! Masih semangat ya mengikuti pembelajaran Seni Budaya kelas 11? Nah, hari ini… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 12 Konsep Teater Modern

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap bersemangat mengikuti berbagai aktivitas belajar,… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 11 Menerapkan Gerak Tari Kreasi

Halo semua! Selamat datang di materi Seni Budaya kelas 11 bab 11. Bagaimana pelajaran kemarin?… Read More

Oktober 10, 2021

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekaligus berbagai aktivitas sehari-hari?… Read More

Oktober 10, 2021

8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran… Read More

Oktober 7, 2021