Kamu Harus Tahu Nih 5 Materi Pelajaran Wajib Jurusan Akutansi di SMK!

Bagi kamu yang akan memilih melanjutkan ke sekolah kejuruan atau SMK dan tertarik untuk mengenal dan memahami jurusan Akuntansi, pada artikel ini akan dijelaskan apa saja mata pelajaran yang ada dan dipelajari pada jurusan Akuntansi.

Kalau kamu penasaran materi pelajaran wajib jurusan akutansi jurusan akutansi apa aja sih? Oke deh, ga pake lama! Langsung yuk simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Daftar Isi

Kenalan yuk dengan Jurusan Akutansi!

Tentu kamu pasti berpikir bahwa Akuntansi merupakan pelajaran yang sulit, namun hal itu tidak seperti yang kamu bayangkan. Karna pada umumnya sekolah kejuruan adalah sekolah yang terdapat lebih banyak pembelajaran praktek daripada pembelajaran teori.

Oleh sebab itu kamu akan lebih sering mengalami pembelajaran praktikum daripada teori sekitar 80% pembelajaran praktek dan 20% pembelajaran teori. Menyenangkan bukan?

Sementara itu, akutansi sendiri adalah suatu kegiatan atau proses mencatat, menghitung, meringkas, mengolah dan menyajikan data transaksi yang berhubungan dengan keuangan sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seorang yang ahli di bidangnya  dengan tujuan tertentu.

Mata Pelajaran Wajib Jurusan Akutansi

crop woman using calculator and taking notes on paper
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

1. Praktikum akutansi jasa dan dagang

Materi pelajaran wajib jurusan akutansi yang pertama ialah perusahaan Jasa Dagang merupakan perusahaan yang kegiatannya yang kegiatannya bergerak dalam pelayanan jasa tertentu kepada konsumen perusahaan ini menghasilkan jasa dan dagang atau produk yang kasat mata.

Dalam mata pelajaran ini, kamu akan mempelajari tentang kompetensi keahlian di bidang perusahaan Akuntansi Keuangan Jasa dan Dagang. Beberapa contoh bab materi yang akan kamu pelajari seperti, kegiatan pokok perusahaan jasa dan dagang, ruang lingkup operasi perusahaan jasa, sampai karakteristik perusahaan jasa.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Magang Jurusan Administrasi Perkantoran SMK! Super Worth It Untuk Dicoba!

Selain itu juga ada, beberapa cara membuat dokumen sumber (Dokumen transaksi perusahaan jasa, Penyimpanan Dokumen transaksi, Peralatan penyimpanan dokumen, Teknik penyimpanan dokumen) sampai berbagai proses entri jurnal.

Gimana? Apakah beberapa hal di atas sangat menarik? Untuk kamu yang menyukai hal hal bisnis dan keuangan, kamu tidak akan merasa bosan mempelajari materi tersebut

2. Akuntansi Lembaga Instansi Pemerintah

Pada mata pelajaran ini, sedikit berbeda dari Akuntansi Jasa dan Dagang. Disini kamu akan lebih mempelajari tentang hal hal Pemerintahan dan beberapa Instansi di dalam bidang Akuntansi.

Beberapa contoh bab materi yang akan kamu pelajari seperti, konsep dasar sektor public, Definisi dan Persamaan Sektor Publik, Ruang lingkup Akuntansi Pemerintah , Struktur Pemerintah Daerah, sampai Akuntansi Pemerintahan.

Oh iya kamu juga harus mempelajari Struktur Pengelolaan Keuangan Daerah, Siklus Anggaran pendapatan dan Belanja Desa, Struktur Anggaran pendapatan Belanja Daerah, Pendapatan satuan kerja Perangkat Daerah, Sumber Pendapatan Akuntansi, Pendapatan SKPD Akuntansi sampai Belanja Satuan Kerja.

3. Administrasi Pajak

Materi pelajaran wajib akutansi berikut ialah administrasi pajak. Bagi kamu yang tertarik dengan lembaga-lembaga instansi pemerintahan, kamu mungkin akan menyukai mata pelajaran jurusan Akuntansi satu ini. Yap Administrasi Pajak. Namun, sebelumnya mari berkenalan apa sih Pajak itu?

Pajak merupakan salah satu pemasukan paling penting bagi sebuah negara. Terdapat beberapa Pendapat yang dikemukakan oleh para ahli mengenai definisi pajak seperti;

Deutsche Reichs Abgaben Ordnung (RAO-1919) yang mengatakan, pajak adalah bantuan uang secara insidental atau secara periodik yang dipungut oleh badan yang bersifat umum atau negara untuk memperoleh pendapatan ketika terjadi suatu sasaran pemajakan karena undang-undang telah menimbulkan utang pajak.

Ada beberapa hal yang akan kamu pelajari dalam materi ini guys, seperti Macam-macam pungutan selain pajak, Fungsi pajak kedudukan hukum dan peraturan pajak, Jenis pungutan pajak, sampai Tata cara pemungutan pajak.

Baca Juga:  10 Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK

4. Komputer Akuntansi pada Perusahaan Jasa (MYOB Accounting)

Pada materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran MYOB Accounting ini, kamu akan mempelajari tentang berkontribusi dan beberapa ketentuan-ketentuan serta aplikasi yang harus diketahui oleh seorang yang mempelajari tentang bagaimana cara mengoprasikan dan menghitung pada Komputer Akuntansi.

Beberapa aplikasi komputer MYOB Accounting Plus versi 18 yang digunakan antara lain seperti; Value Plus, GL, DEA Accounting, Excel Macro, dan lain sebagainya.

Selain itu juga kamu akan mempelajari perbedaan pada cara dan keefisienan dalam menghitung manual dengan menghitung menggunakan MYOB Accounting dan beberapa hal lain seperti Pengenalan aplikasi MYOB Accounting dan juga Tata cara penginstalan aplikasi MYOB Accounting.

Oh iya, kamu juga diharapkan memahami cara Mengubah Currency dollar menjadi rupiah dalam MYOB accounting, Cara kerja MYOB Accounting, Mengoperasikan aplikasi MYOB Accounting pada Perusahaan Jasa, Mengisi daftar akun neraca saldo, tak lupa Membuat daftar pelanggan.

5. Kewirausahaan

Seperti namanya Kewirausahaan, materi yang dipelajari akan mencakup tentang usaha, serta dasar-dasar bentuk usaha. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang proses mengidentivikasi sebuah produk untuk dijadikan bahan usaha, serta mengembangkan hal tersebut sesuai dengan kebutuhan dan zaman.

Demikian beberapa materi pelajaran wajib jurusan akutansi! Mengapa dikatakan wajib karna materi tersebut adalah dasar pemahaman dari Akuntansi yang akan dipakai ketika masa magang di kelas 11 (kelas 2 SMK). Apabila kamu tertarik dengan materi-materi tersebut, kamu bisa masuk SMK jurusan Akuntansi karena hanya di SMK jurusan Akuntansi materi tersebut dijelaskan secara lengkap dan rinci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cek Yuk, 5 Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bawah Ini

Halo! Bagi kamu yang saat ini sedang mencari buku panduan, buku tes, kisi-kisi, dan bingun…