Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Share

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan semangat untuk menjalani aktivitas ya. Nah, hari ini penulis ingin membagikan rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 12 K13 revisi super lengkap, khusus untuk kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA nih.

Oh iya, sebelumnya penulis ingin kasih tahu dulu kalau semua rangkuman yang dibuat di bawah ini berasal dari buku ajar keluaran Kemdikbud ya gengs. Tanpa menunggu lama lagi, yuk langsung simak ulasan di bawah ini.

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi


Materi Sejarah Indonesia Semester 1

Seperti biasa, penulis akan membawamu berselancar di berbagai materi Sejarah Indonesia kelas 12 semester satu nih. Oh iya, cara akses setiap materi ini gampang banget lho.

Kamu tinggal klik judul materi yang diinginkan dan tadaa! Laman smartphone atau laptopmu akan langsung berpindah ke materi yang dipilih. So, langsung cobain ya teman-teman!

BabRangkuman MateriDownload
1Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi BangsaPDF
2Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia Masa Demokrasi Parlementer (1950-1959)PDF
3Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965)PDF

Materi Sejarah Indonesia Semester 2

Nah, setelah asyik berselancar di berbagai materi Sejarah Indonesia kelas 12 maka ga afdol kalau penulis hanya bagi rangkuman semester satu aja nih.

Oleh karena itu, penulis juga akan membagikan rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 12 k13 revisi khusus di semester 2 gengs.

Di semester dua ini kamu akan menjumpai berbagai materi yang mungkin udah ga asing lagi dipelajari. Mulai dari politik Indonesia di masa Orde Baru sampai peran Indonesia di berbagai lembaga dunia.

Oh iya, penulis juga mau ingatkan cara mengakses materinya masih sama ya gengs. So, langsung aja kepoin berbagai rangkuman di bawah ini ya!

BabRangkuman MateriDownload
4Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia Masa Orde Baru (1966-1998)PDF
5Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia Masa Reformasi (1998-Sekarang)PDF
6Indonesia Dalam Panggung DuniaPDF

Oke, itu tadi rangkuman materi Sejarah Indonesia K13 revisi terlengkap yang sengaja penulis bagikan untuk kamu gengs.

By the way, kamu udah sampai di bangku akhir masa paling indah selama sekolah, yakni SMA. Bagaimana gengs? Apakah sudah ada rencana ingin kuliah di mana? Masuk universitas mana? Atau bahkan tertarik di jurusan apa?

Yap, sebagian besar pelajar kelas 12 pasti sedang mengalami kebingungan luar biaa sekaligus dilematis untuk memilih jurusan sampai universitas. Hal ini wajar banget kok gengs. Namun, jangan lama-lama ya bingungnya hehehe, keburu ujian sekolah dan UTBK yang kian di depan mata lho.

Nah, untuk meringankan rasa bingungmu, kali ini penulis akan membagikan beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk kamu yang suka sejarah. Penasaran? Kira-kira apa aja ya jurusan kuliah yang cocok untuk kamu pecinta sejarah? Yuk, langsung simak ulasan di bawah ini gengs.

Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Suka Sejarah

vecchia clessidra e libro antico con pagine aperte

1. Ilmu Sejarah

Jurusan pertama bagi kamu yang menyukai sejarah tentu jurusan ilmu sejarah. Jurusan satu ini mempelajari sejarah secara murni gengs. Kamu ga hanya mempelajari sejarah Indonesia saja, melainkan lebih luas seperti sejarah Mesir, Yunani, sampai India.

Ga hanya itu, dalam jurusan ilmu sejarah kamu juga akan belajar mengenai filsafat modern sampai menganalisis berbagai film dokumenter mengenai sejarah.

Nah, prospek jurusan ini apa aja sih? Banyak lho. Mulai dari dosen, sejarawan, sampai peneliti di berbagai lembaga riset dalam maupun luar negeri gengs.

2. Antropologi

Next, ada jurusan antropologi. Berbeda dengan jurusan ilmu sejarah, di antropologi kamu lebih berfokus untuk mengetahui bagaimana asal mula sebuah peradaban. Antropologi sendiri dibagi menjadi dua, yakni antropologi budaya dan antropologi fisik.

Lantas, prospek pekerjaan di jurusan antropologi ini apa aja sih? Banyak juga gengs. Kamu bisa menjadi antropolog, dosen, penulis, aktivis di berbagai lembaga non-profit seperti PBB, sampai menjadi seorang pengelola museum.

3. Pendidikan Sejarah

Kalau kamu menyukai sejarah sekaligus kegiatan belajar-mengajar, maka jurusan pendidikan sejarah bisa jadi cocok untuk kamu tekuni gengs. Jurusan ini tentu akan mempelajari sejarah, tetapi umumnya berfokus pada sejarah Indonesia dan kemiliteran.

Di sisi lain, kamu juga akan mempelajari berbagai teknik dan metode sebagai tenaga pendidik. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan dengan peminat yang banyak lho. So, bagaimana? Kamu tertarik masuk?

4. Filologi

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan istilah filologi. Filologi sendiri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari bahasa dalam berbagai sumber sejarah sekaligus menyusun berbagai dokumen sejarah.

Dulu, ilmu filologi termasuk dalam rumpun pengetahuan yang memiliki prestige di kalangan masyarakat Eropa. Namun, karena tergolong sulit, seiring berjalannya zaman ilmu ini mengalami penurunan peminat.

Nah, di Indonesia sendiri ilmu filologi sering dimasukkan ke progdi sastra dan bahasa dengan peminatan linguistik gengs. Namun, beberapa kampus luar negeri ada yang membuka jurusan khusus filologi.

5. Sosiologi

Terakhir, jurusan untuk kamu yang menyukai sejarah ialah sosiologi. Kamu yang gemar sejarah tentu memiliki hobi membaca bukan? Nah, sosiologi ini merupakan salah satu ilmu sosial yang menarik banget untuk dipelajari lebih lanjut.

Kamu juga akan mempelajari bagaimana pola masyarakat, peradaban, tingkah laku sampai masalah sosial yang mungkin memengaruhi sebuah sejarah.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kampus yang membuka jurusan ini gengs. Mulai dari Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 12 K13 revisi sampai beberapa jurusan kuliah untuk kamu yang suka sejarah. Bagaimana gengs? Sampai sini apakah sudah tercerahkan atau masih dilematis juga?

Yap, penulis harap apapun jurusan kuliahmu nantinya, usahakan sesuai dengan passion yang kamu miliki ya teman-teman. Oke segini dulu perjumpaan kita kali ini, tetap semangat dan selalu jaga kesehatan ya teman-teman! Byee!

This post was last modified on September 23, 2021 5:13 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga… Read More

Oktober 13, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 13 Naskah Lakon Teater Modern

Hai teman-teman semua! Masih semangat ya mengikuti pembelajaran Seni Budaya kelas 11? Nah, hari ini… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 12 Konsep Teater Modern

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap bersemangat mengikuti berbagai aktivitas belajar,… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 11 Menerapkan Gerak Tari Kreasi

Halo semua! Selamat datang di materi Seni Budaya kelas 11 bab 11. Bagaimana pelajaran kemarin?… Read More

Oktober 10, 2021

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekaligus berbagai aktivitas sehari-hari?… Read More

Oktober 10, 2021

8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran… Read More

Oktober 7, 2021