Yuk, Bedah Materi UTBK dan Tips Menghadapi SBMPTN 2021!

Materi UTBK – Apa kabarnya nih guys? Pastinya sebagian besar dari Sekolah Menengah Atas sudah libur akhir tahun nih. Eits, kamu gaboleh bersantai-santai aja guys! Ingat tahun depan udah kuliah lho, ga hanya itu ada serangkaian ujian yang harus kamu hadapi untuk masuk perguruan tinggi. Khususnya bagi kamu yang ingin masuk perguruan tinggi negeri. 

Buat kamu nih yang mungkin sampai sekarang masih belum mempersiapkan materi untuk UTBK secara sepenuhnya, sini merapat guys! Kali ini aku mau kasih tahu ke kamu apa aja sih materi yang akan diujikan di UTBK 2021.

Tentunya kamu harus mulai belajar mulai sekarang nih guys. Ga terasa kurang lebih tinggal 3 bulan aja sebelum menghadapi UTBK 2021. Simak ulasannya di bawah ini ya guys!

materi utbk
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Mari Membedah Materi UTBK 2021

Menurut Webinar yang diadakan oleh LTMPT kemarin, kabarnya materi UTBK 2021 dibagi menjadi 2 jenis. Pertama, ada TPA atau singkatan dari Tes Potensi Akademik. Kedua, ada TPS atau singkatan dari Tes Potensi Skolastik. Lalu, apa aja sih yang termasuk materi TPS dan TPA? Simak uraian berikut yuk.

1. TPA (Tes Potensi Akademik)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan sebuah tes yang digunakan untuk menguji sejauh mana kemampuanmu di bidang akademik guys.

Tes ini terdiri dari mata pelajaran utama sesuai dengan major yang kamu ambil. Misalnya, apabila kamu anak MIPA maka TPA yang harusnya kamu kerjakan terdiri dari biologi, kimia, fisika, dan matematika. 

Sementara itu, untuk anak IPS seharusnya mengerjakan sosiologi, ekonomi, geografi, dan sejarah. Namun, ada beberapa kondisi yang berbeda guys. Berhubung di dunia perkuliahan nanti tidak mengenal major MIPA dan IPS melainkan Saintek dan Soshum maka kamu dibebaskan untuk memilih.

Baca Juga:  Harga Paket UTBK Pahamify

Misalnya saja nih, kamu anak MIPA. Namun, kamu ingin masuk fakultas hukum di mana termasuk dalam major Soshum. Oleh karena itu, kamu tetap harus mengerjakan soal-soal kelas IPS (sosiologi, ekonomi, sejarah, dan geografi) walaupun basic yang kamu miliki ialah pelajaran MIPA. Inilah yang sering kamu dengar dengan istilah linjur ya guys!

2. TPS (Tes Potensi Skolastik)

Selanjutnya ialah TPS atau singkatan dari Tes Potensi Skolastik. Tes satu ini sebenarnya umum sekali kamu temui ketika hendak masuk SMA maupun perguruan tinggi swasta dan negeri.

Hanya saja perbedaannya terdapat pada tingkat kesulitan dari masing-masing soal. Sekilas, tes ini mirip sekali dengan tes IQ yang mungkin lazin kamu dengar guys.

Akan tetapi, TPS sendiri dinilai lebih kompleks. Misalnya saja, materi yang nantinya diujikan sebagai tes dibagi lagi menjadi 4 bagian berbeda. Ada tes khusus untuk kemampuan berbahasa (membaca dan menulis), tes kuantitatif, tes kualitatif, dan pengetahuan umum. 

Ada banyak jenis soal lagi yang mungkin sering kamu dengar dan umumnya selalu keluar  setiap tahunnya. Salah satu soal tersebut ialah soal panda.

So, untuk mempersiapkan SBMPTN ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit guys! Mulai dari sekarang kamu yang ingin masuk perguruan tinggi memang harus menyiapkan secepat mungkin ya.

Tips Menghadapi SBMPTN 2021!

Nah, kalau tadi kamu sudah mengenal sekilas mengenai materi yang akan diujikan di SBMPTN 2021, kini kamu juga harus mengetahui ini tips apa aja sih yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi SBMPTN 2021? 

1. Memahami dengan cermat jenis soal

Informasi di atas memang benar-benar sekilas saja guys, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis soal di dalam TPA dan TPS yang harus kamu ketahui. Jenis soal tersebut tentunya mengalami perubahan tiap tahunnya, ada yang dipermudah maupun dipersulit dalam pengerjaannya. 

Baca Juga:  7 Tips Lolos UTBK Tanpa Les dan Bimbel!

Lantas apa yang harus kamu lakukan? Tentunya memperbanyak latihan soal. Pastikan kamu memahami dan cermat terhadap berbagai jenis soal. Kebanyakan soal yang keluar di UTBK sendiri berfokus pada konsep yang mengalami variasi. So, langkah pertama yang harus dilakukan tentunya memahami berbagai konsep sebagai mungkin guys.

2. Belajar dari materi dasar

Yap, setelah memahami konsep dasar kini saatnya kamu mengetahui berbagai materi dasar yang berpotensi keluar di UTBK 2021. Beberapa materi tersebut umumnya seperti matematika dasar, bahasa Indonesia dasar (kemampuan membedakan kata baku dan tidak baku, dll), serta logika dasar. 

Tahukah kamu, kebanyakan soal yang ada di TPS biasanya pernah kamu temui di SMP. Tentunya dalam bentuk paling dasar yang bahkan seringkali terlewat di masa SMA. Sementara itu, di TPS sendiri telah mengalami modifikasi dan variasi. 

Jadi, kalau kamu mengetahui materi dasar tersebut dan disimpan dengan baik di dalam memori maka kamu tak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar mempelajari materi tersebut. Cukup mengulang dan membiasakannya dengan berbagai bentuk soal baru.  

3. Ketahui kisi-kisi UTBK

Next, ada mengetahui kisi-kisi UTBK. Memang tidak pernah ada yang tahu apa saja yang menjadi soal di UTBK nantinya atau kisi-kisi apa sebenarnya yang digunakan di UTBK. Namun, kamu dapat menambah berbagai macam prediksi kisi-kisi untuk semakin mempertajam kemampuan dalam mengerjakan soal. 

Ini salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan guys. Jangan sampai kamu belajar begitu banyak tanpa mengetahui arah atau kisi-kisi yang tentunya menjadi acuan dalam belajar. Hal ini dikarenakan tidak semua materi yang pernah kamu pelajari di SMA akan keluar sebagai soal yang ada di UTBK. 

Baca Juga:  Jadwal Try Out UTBK Ruangguru Gratis 2020/2021!

Tentunya tetap ada patokan tertentu yang menjadi acuan dalam membuat soal di UTBK 2021 nantinya. 

4. Belajar berbagai latihan soal

Setelah mengetahui berbagai materi, ada baiknya kamu juga mengasah kemampuanmu dengan mengerjakan soal. Jangan sampai kemampuanmu dibiarkan begitu saja tanpa diasah dengan soal.

Nah, untuk soal sendiri kamu dapat dengan mudah temui di berbagai forum internet sampai buku-buku yang khusus menyediakan soal-soal UTBK.

Ga hanya itu guys, dengan mengerjakan latihan soal tanpa kamu sadari mental untuk mengerjakan tes pun akan semakin terasah. Sehingga saat kamu mengerjakan soal UTBK di 2021 nantinya, kamu tidak akan mengalami panic attack yang berlebihan ya. 

5. Jangan lupa berdoa

Yap, manusia memang bisa berusaha begitu rupa, tetapi keputusan tetap dimiliki oleh Yang Mahakuasa saja guys. Oleh karena itu, setelah belajar dengan super keras kamu juga harus mengimbanginya dengan berdoa dan berbuat baik.

Hal ini juga membantumu agar lebih tenang ketika mengerjakan soal ujian dan pasrah dalam menerima hasilnya. 

6. Mulai dari sekarang

Terakir dari tips menghadapi SBMPTN 2021 adalah memulainya dari sekarang. Tidak ada waktu yang banyak lagi guys. Tidak terasa kurang lebih 3-4 bulan lagi kamu akan menghadapi UTBK. Untuk kamu yang belum belajar sama sekali, yuk mulai belajar dari sekarang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Nah, di atas adalah beberapa tips menghadapi SBMPTN 2021. Tips di atas sebenarnya hanya membantu kamu agar lebih bersemangat dan tersadar bahwa SBMPTN memang sangat dekat dan sebentar lagi. So, kamu harus memacu diri untuk lebih bersemangat menyiapkan UTBK 2021!

Semangat guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …