9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost

Memilih kost bagi pelajar yang sedang merantau memang tidak mudah, terlebih bagi mereka yang masih baru saja merantau pertama kali. Kost ibaratnya adalah rumah kedua bagi pelajar atau mahasiswa. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan saat memilih kost lho. Apa saja? Yuk simak informasi berikut!

memilih kost
sumber gambar: kostjakarta.com

Perhatikan 9 Hal ini Saat Memilih Kost

1. Harga

Harga adalah hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih kost. Ketika memilih kost, usahakan memilih harga yang sesuai dengan kantongmu.

Jangan sampai memilih kost yang terlalu mahal yang mungkin menyebabkan kamu bisa pindah di tengah-tengah jalan ketika sudah tidak sanggup membayar kostnya. Pilihlah kost dengan harga yang sesuai dengan fasilitas yang kamu butuhkan atau yang ditawarkan.

2. Budget

Setelah memilih kost dengan harga tertentu, sesuaikan harga kost yang akan kamu pilih dengan budget yang kamu miliki. Jika kurang, maka akan menyusahkanmu di masa yang akan datang karena mungkin kamu akan kesulitan dalam membayar kostan.

Jika kamu memilih dengan budget yang sesuai, tentu akan lebih baik bagimu dan juga orang tuamu yang membayar kostnya.

3. Fasilitas

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kost adalah fasilitas yang ditawarkan atau disediakan. Pastikan fasilitas yang kamu cari sesuai dengan harga dan budget yang kamu miliki. Carilah kamar kost yang menyediakan fasilitas yang kamu butuhkan.

Misalnya kamar mandi dalam, sudah termasuk listrik dan air atau belum, wifi, perabotan yang disediakan, ukuran kamar, adanya fasilitas bersama seperti dapur, ruang tengah, ruang tamu, parkir, tempat cuci, tempat jemuran, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Suka Duka KKN Yang Perlu Kamu Tahu

4. Lokasi

Lokasi kost biasanya mempengaruhi harga dari kost selama sebulan atau setahun. Semakin dekat dengan kampus, biasanya semakin mahal. Namun, tidak semuanya begitu kok. Ada juga kost yang dekat dengan kampus tapi harganya terjangkau.

Selain dekat dengan kampus, kamu juga harus memperhatikan lokasi kost tersebut strategis atau tidak. Misalnya, lokasi kostnya dekat dengan warung, toko, tempat makan, minimarket, dan lainnya. Sehingga jika kamu membutuhkan sesuatu khususnya makanan, kamu bisa membelinya tidak jauh dari kost yang akan kamu tempati.

5. Tipe kost

Ada berbagai tipe kost yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih kost khusus putri, kost khusus putra, atau kost campur. Kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan keinginanmu.

Selain itu, tipe kost yang harus kamu perhatikan adalah kost tersebut mewajibkan kamu membayar tiap bulan, berapa bulan sekali, atau setahun sekali. Kamu bisa menyesuaikannya dengan budget dan harga kost yang akan kamu pilih. Diskusikan dengan orang tuamu agar kamu bisa memilih dengan baik.

6. Lingkungan

Lingkungan juga penting untuk diperhatikan lho. Lingkungan kost yang dimaksud adalah apakah lingkungan sekitar kost bersih dan nyaman, apakah lingkungan sekitar kost aman, apakah lingkungan kost dekat dengan fasilitas umum, dan sebagainya.

Hal ini perlu diperhatikan karena kamu akan tinggal di kost setiap hari, jika lingkungan tidak bersih dan tidak aman, tentu saja kamu tidak bisa istirahat dengan tenang karena terganggu bukan?

7. Keamanan

Maraknya pencurian di lingkungan kost menjadikan keamanan sebagai salah satu faktor penting untuk diperhatikan saat memilih kost. Ketika kamu sedang survey untuk mencari kost, kamu bisa menanyakan kepada pemilik kost, apakah di kost tersebut ada penjaga kost yang selalu stand by, apakah ada cctv, apakah ada kunci keamanan, dan sebagainya.

Baca Juga:  5 Tips Agar Tidak Salah Memilih Peminatan Studi

8. Pencahayaan dan Ventilasi

Kamar kost yang baik adalah kamar kost yang terang dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Ketika kamar kost gelap atau terletak di tempat yang kurang pencahayaan, maka kamu harus menyalakan lampu setiap hari.

Selain boros listrik, kamarmu juga akan terasa pengap atau suram karena kurang pencahayaan. Sedangkan ventilasi harus diperhatikan untuk mendapatkan kamar kost yang mempunyai sirkulasi udara yang baik demi kesehatanmu.

9. Peraturan Kost

Peraturan kost juga penting untuk diperhatikan lho saat kamu memilih kost. Peraturan ini seperti apakah ada jam malam, apakah ada akses 24 jam, siapa saja yang boleh masuk ke dalam lingkungan kost, peraturan untuk membayar iuran listrik, air, dan sampah, serta peraturan lainnya. Hal ini perlu diperhatikan untuk kenyamanan dan keamananmu selama tinggal di kost nanti. 

Itulah sembilan hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih kost. Pilihlah kost dengan bijak dan tenang. Jangan terburu-buru. Yuk bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang sedang mencari kostan agar mereka mendapatkan informasi yang bermanfaat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…