10 Motivasi Mahasiswa Ikut BEM Saat Kuliah

Bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa pasti tidak asing dengan organisasi BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM adalah salah satu organisasi yang banyak diminati oleh mahasiswa.

Fungsi dari BEM adalah untuk menampung aspirasi mahasiswa baik di tingkat fakultas maupun di tingkat kampus. Oleh karena itu, untuk menjadi anggota BEM kamu harus melewati beberapa tahap dalam open recruitment yang cukup ketat.

Bagi kamu yang masih duduk dibangku SMA atau sederajat, kamu wajib tahu nih motivasi apa saja sih yang membuat mahasiswa ikut BEM saat kuliah. Mungkin motivasimu ada yang sama dan ada yang berbeda dengan teman-temanmu yang lain. Berikut adalah beberapa motivasi mahasiswa ikut BEM saat kuliah. Simak informasinya dengan baik ya!

10 Motivasi Mahasiswa Ikut BEM Saat Kuliah

1. Ingin menemukan jati diri

Kamu yang masih berusia belasan atau di awal usia dua puluh tahun, masih mempunyai jiwa muda yang bergelora. Hal ini sangat wajar bagi mahasiswa untuk menemukan jati diri. Saat kamu butuh tempat atau wadah yang tepat untuk menemukan jati diri, BEM merupakan salah satu organisasi di kampus yang tepat bagi kamu yang ingin menemukan jati diri.

Baca Juga:  Jurusan Ilmu Gizi Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia

2. Tidak ada kegiatan setelah kuliah

Salah satu motivasi mahasiswa ikut BEM adalah karena tidak ada kegiatan setelah kuliah. Mungkin daripada menganggur, mahasiswa memilih untuk mencari kegiatan positif dan bermanfaat. Hal ini bisa menjadi motivasi yang baik daripada membuang waktu untuk bermain-main atau menggunakan waktu di luar jam kuliah untuk kegiatan yang kurang produktif.

3. Ingin menambah relasi dengan teman dari jurusan lain

BEM adalah tempat yang baik untuk membangun relasi dengan teman yang berasal dari jurusan lainnya. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk ikut BEM saat kuliah. Relasi ini penting untuk mendukung kegiatan dan kehidupanmu, baik saat masih kuliah maupun setelah lulus kuliah nanti.

4. Terbiasa mengikuti organisasi di SMA

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang mengikuti organisasi saat SMA. Hal ini bisa membuatmu terbiasa mengikuti organisasi sehingga kamu butuh tempat baru untuk menampung kebiasaan positifmu ini. Sehingga ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk ikut BEM saat kuliah.

5. Ingin memiliki jiwa kepemimpinan

Hampir semua orang tahu bahwa dalam hidup kita membutuhkan jiwa kepemimpinan. Dengan ikut BEM, kamu bisa mendapatkan wawasan yang bermanfaat terkait dengan kepemimpinan. Hal ini menjadi motivasi yang baik karena kepemimpinan adalah hal penting yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan kerja maupun masyarakat.

6. Mendapatkan pengalaman dan wawasan baru

Motivasi lainnya dari mahasiswa yang ikut BEM adalah untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan baru di luar disiplin ilmu yang kamu pelajari. Kamu bisa belajar banyak hal tentang pengalaman dalam membuat kegiatan atau event dalam program kerja BEM.

7. Mencari wadah peningkatan kemampuan

BEM dapat menjadi wadah peningkatan kemampuan dari anggotanya. Sebagai wadah aspirasi, BEM bisa menjadikan tempat bagi kamu untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi, berkomunikasi, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Baca Juga:  7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih PTS Terbaik

8. Tertarik pada birokrasi atau ilmu pemerintahan

Motivasi lainnya bagi mahasiswa untuk ikut BEM adalah karena tertarik pada birokrasi atau ilmu pemerintahan. Orang-orang yang tertarik pada bidang ini pada umumnya akan belajar dari organisasi sejak kuliah. Sehingga mereka mendapatkan wawasan jika ingin berkarir di lembaga pemerintahan setelah lulus kuliah nanti.

9. Hanya ingin populer atau eksis

Mungkin diantara kamu sudah tahu bahwa anak BEM pada umumnya akan terkenal, populer, dan eksis. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi beberapa mahasiswa untuk ikut BEM. Karena dengan ikut BEM ada yang bisa menjadi lebih percaya diri dan lebih eksis lagi.

10. Menjadi modal untuk karir lebih cerah

Pasti akan keren bukan jika di CV atau portofoliomu nanti ada pengalaman pernah menjadi anggota BEM? Selain berguna sebagai modal untuk karir yang lebih cerah, menjadi anggota BEM juga menjadi nilai plus bagi kamu yang sedang mengejar beasiswa tertentu. Hal ini menjadi motivasi untuk ikut BEM bagi beberapa mahasiswa.

Nah, itulah beberapa motivasi mahasiswa untuk ikut BEM saat kuliah. Jika kamu tertarik untuk ikut BEM, motivasi mana nih yang paling cocok mewakili kamu? Oh ya, jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Manfaat Menjadi Anggota BEM Saat Kuliah

BEM merupakan salah satu organisasi yang diminati oleh mahasiswa yang ingin bergabung deng…