Categories: Quipper School

Panduan Cara Menggunakan Tes Penilaian Quipper School

Share
Salah satu fitur terbaru di Quipper School adalah Tes Penilaian, dimana guru akan lebih mudah melakukan penilaian kepada siswa fitur ini dilengkapi dengan timer atau waktu untuk mengerjakan soal, jika waktu yang tersedia sudah habis maka siswa tidak bisa lagi menjawab soal yang diberikan oleh guru layaknya ujian seperti biasanya.
Fitur Tes Penilaian (Quipper Assessment), akan dirilis tepatnya pada 15 September 2015! Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan siswa menghadapi UTS. Bagaimana langkah-langkah menggunakannya?
Berikut Panduan Cara Menggunakan Tes Penilaian Quipper School

Panduan Untuk Guru:


1. Setelah masuk (login) di Q-Link, pilih kelas yang ingin diberikan Tes Penilaian. Klik menu ‘Kurikulum’, lalu pilih materi ‘Quipper Assessment’. Selanjutnya, Anda dapat memilih materi Tes Penilaian apa yang ingin digunakan berdasarkan kelas dan bidang studi.

2. Pastikan Anda membaca panduan Tes Penilaian, lalu klik pilihan ‘Aktifkan tes penilaian untuk kelas Anda’.

3. Kini siswa Anda dapat mengakses materi Tes Penilaian tersebut dari Q-Learn.

Panduan Untuk Siswa:

1. Setelah masuk (login) di Q-Learn, siswa dapat langsung menemukan pengumuman Tes Penilaian pada halaman Beranda. Siswa tinggal klik pengumuman tersebut untuk memulai.

2. Lalu arahkan siswa untuk memilih bidang studi yang telah Anda tugaskan.

3. Sembari menunggu soal-soal diunduh, arahkan siswa untuk membaca panduan Tes Penilaian dan memahami cara kerjanya.

4. Setelah soal-soal siap, arahkan siswa untuk klik ‘Mulai tes penilaian’. Dengan memilih menu ini, maka alat pengukur waktu akan aktif  secara otomatis. Begitu alat pengukur waktu sudah berjalan, maka siswa tidak akan dapat menghentikannya. Berikan motivasi kepada siswa untuk menjawab soal sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

5. Selanjutnya, siswa dapat langsung mengakses soal-soal Tes Penilaian dan mulai menjawabnya. Siswa juga dapat memilih topik lain dalam bidang studi yang sama saat mengerjakan, dengan memilih menu ‘Ubah Topik’. Sehingga saat siswa mengalami kesulitan atau lebih memilih untuk menjawab soal lain terlebih dahulu, mereka tidak terpaku pada satu soal dalam waktu yang lama.

6. Jika siswa ingin keluar sebelum menyelesaikan tes, maka akan muncul peringatan. Jika hal ini terjadi, arahkan siswa untuk klik ‘Kembali’ dan lanjut mengerjakan tes.

7. Ketika waktu habis, maka siswa akan diminta untuk mengumpulkan tes penilaian. Harap diperhatikan, begitu siswa mengumpulkan jawaban Tes Penilaian, maka siswa tidak dapat mengubah jawaban mereka atau mengulang tes lagi.

Nilai siswa akan tersedia di Q-Link setelah periode Tes Penilaian berakhir, sehingga Anda dapat mengumpulkan informasi mengenai kemampuan siswa dan mengatur strategi untuk membantu siswa yang butuh pendampingan.

Jadi, pastikan Anda memanfaatkan kesempatan ini pada 15-25 September 2015!

This post was last modified on December 26, 2018 9:42 am

wirahadiecom

Leave a Comment
Published by
wirahadiecom

Recent Posts

Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Film “Bad Genius”

Film tentang remaja nggak melulu soal cinta-cintaan lho. Ada juga film yang berfokus pada permasalahan… Read More

September 25, 2020

Selain Perangko, Benda-Benda Ini Juga Dikoleksi Oleh Filatelis Lho!

Masih ingatkan siapa itu filatelis? Sebelumnya sudah ada artikel yang membahas seputar kegiatan filateli, siapa… Read More

September 25, 2020

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skripsi kita ke depannya.… Read More

September 25, 2020

Resensi Buku Aku Ahli Gizi

Buat kamu yang sedang berpikir untuk masuk kuliah ilmu gizi dan bingung mencari referensi, kamu… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu ICY

Lagu yang fresh dan menyenangkan memang asyik di dengar. Tidak hanya untuk didengarkan saja, tetapi… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Bisa Kamu Ambil Dari Film A Long Visit

Salah satu film yang asyik untuk ditonton selama masa pandemic adalah film yang berjudul “My… Read More

September 25, 2020