Categories: TipsSMA

7 Pekerjaan Sampingan Anak SMA, Bisa Sambil Rebahan!

Share

Pekerjaan Anak SMAHayoo, siapa nih diantara kamu yang sering kebingungan dalam menghabiskan waktu ketika pelajaran online? Atau ada ga sih di antara kamu yang pengen banget bekerja walaupun masih sekolah atau mungkin sudah ada yang kuliah?

Pengen menghasilkan uang sendiri, tetapi bingung mau kerja apa? Belum lulus juga, mana bisa? Eitss, engga juga lhoo! Kamu tau ga sih, ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan walaupun masih sekolah kok. Bahkan bisa dilakukan di rumah, sambil rebahan pula!

Wuih, kerja apa coba santai bangett. Nah, buat kamu yang masih sekolah dan pengen banget bekerja, yuk simak beberapa pekerjaan di bawah ini!

Pekerjaan untuk anak SMA yang Bisa Dilakukan Sambil Rebahan!

1. Reseller

Photo by Gustavo Fring on Pexels.com

Yap, buat kamu yang hobi jualan sedari dini bisa banget nih cobain pekerjaan satu ini. Selain mudah dan pastinya bisa menjadi bekal pengalaman kamu guys agar menjadi pengusaha sukses nantinya.

Nah, kira-kira gimana sih caranya memulai usaha jadi reseller? Guys, sebenernya ada banyak banget perusahan-perusahaan yang membuka lowongan reseller nih. Misalnya, oriflame yang secara khusus sebagai perusahaan kosmetik maupun produk perawatan tubuh. Tentunya remaja sekarang udah ga asing dong dengan make-up.

Kamu tinggal daftar saja guys ke teman atau pihak terkait yang tentunya menyediakan jasa untuk open member. Mudah banget kok. Tentunya dengan ketekunan akan membuahkan hasil yang setimpah guys!

2. Usaha kecil-kecilan

Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Selanjutnya, pekerjaan ini buat kamu yang udah ada modal nih guys. Kamu yang punya inovasi untuk membuat brand sendiri juga bisa kok. Kecil-kecilan dulu guys, bisa dimulai dari jepit rambut, makanan, atau bahkan aksesoris lainnya.

Caranya mudah banget kok. Banyak referensi juga, kamu bisa membuka clothing pakaian dengan bekerja sama bersama teman atau mungkin membuat manik-manik dari bunga kering, dan masih banyak lagi guys.
Semangat berinovasi aja!

3. Penulis

Photo by Judit Peter on Pexels.com

Wuih, siapa nih di antara kamu yang suka banget nulis dan pengen hasilin uang dari bakat kamu itu? Nah, buat kamu yang hobi banget nulis, kebetulan banget nih terdapat banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dari menulis.

Mulai dari penulis lepas, penulis artikel, copywritter, penulis skenario, dan banyak lagi. Kira-kira kamu udah tau belum apa bedanya dari masing-masing pekerjaan di atas? Oke, aku bakal terangin dikit nih guys.

a. Penulis lepas atau penulis artikel

Pekerjaan ini adalah yang paling umum dan banyak peminatnya guys. Banyak dari perusahaan atau jasa penulis artikel yang memerlukan tambahan tenaga dalam menulis artikel. Tentunya bentuk artikel juga bermacam-macam ya. Biasanya disesuaikan dengan permintaan perusahaan atau bahkan permintaan klien nih.

b. Copywritter

Lain lagi dengan copywritter guys. Pekerjaan satu ini bukan berarti kita tinggal copy paste saja ya, melainkan copywritter bertugas sebagai penulis untuk mereview barang, jasa, maupun bentuk promosi lainnya guys.

c. Penulis screenwritter

Nah, untuk penulis satu ini cukup memiliki tingkat kesulitannya tersendiri nih. Penulis screenwritter biasanya digunakan dalam konten Youtube. Tugas kamu adalah membuat konten sekaligus dialog di dalam channel Youtube tersebut. Pekerjaan ini dikategorikan gampang-gampang susah kok guys!

4. Jasa desain grafis

Photo by bongkarn thanyakij on Pexels.com

Yup, bener banget! Tentunya sebagai generasi Z maupun generasi milenial pasti tidak asing dengan desain grafis nih. Bahkan beberapa sekolah pun membuka ekstrakurikuler untuk para remaja yang mencintai dunia desain grafis.

Nah, hal ini perlu banget kamu manfaatkan sebagai ladang penghasilan guys. Tentunya banyak perusahaan yang memerlukan jasa desain grafis dalam berbagai acara maupun tujuan.

Kunci dari pekerjaan ini adalah belajar untuk menyesuaikan skill yang kamu miliki dengan selera yang dimiliki masyarakat. Tentunya perusahaan menginginkan desain unik dan menarik perhatian masyarakat dong!

5. Jasa editing video

Photo by Pixabay on Pexels.com

Tak jauh beda dengan desain grafis, editing video adalah pekerjaan yang bisa dilakukan segala umur kok. Kamu hanya memerlukan skill dan kelengkapan yang mumpuni guys!

Selain itu, banyak juga tutorial yang tersedia di Youtube guys!

Jadi, untuk melatih skill kamu agar menjadi lebih mahir, kamu bisa mempelajarinya dengan mudah melalui Youtube. Banyak juga perusahaan maupun Youtuber yang memerlukan editor video secara freelance juga.

6. Social Media Influencer

Photo by Daria Shevtsova on Pexels.com

Wah-wah, kamu tentu ga asing kan dengan pekerjaan satu ini? Memiliki kemampuan, style, maupun keterampilan dalam berfoto menjadi poin plus sendiri lho. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai pekerjaan guys.

Namun, perlu diingat pekerjaan satu ini memerlukan waktu dan ketekunan ekstra sobat! Kamu harus membuat konten di social media. Mulai dari Youtube, Instagram, sampai yang terbaru ini Tiktok guys.

Konten yang dibuat harus menghibur dan digemari masyarakat. Sehingga mampu menaikkan followers yang kamu miliki. Tentunya setelah followers naik dan kamu semakin dikenal maka endorse pun akan berdatangan guys!

7. Penyiar radio

Photo by Magda Ehlers on Pexels.com

Eitss, jangan salah. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan anak SMA asalkan kamu memiliki bakat dan tekad kuat. Selain itu, perlunya tanggung jawab kamu dalam melakukan pekerjaan ini.

Kamu bisa melamar di radio lokal kota untuk mencari lowongan pekerjaan. Biasanya jam yang diberikan untuk anak sekolah bersifat part time guys. Apabila kamu memiliki skill yang mumpuni dan ketekunan dalam bekerja bisa saja kamu menjadi penyiar tetap.

Yap, di atas adalah beberapa pekerjaan anak SMA yang bisa kamu lakukan walaupun masih sekolah. Tentu pekerjaan di atas masih sebagian kecil dari banyaknya peluang pekerjaan lain guys! Kamu bisa menjumpai lowongan pekerjaan dengan mudah di mesin pencarian. Tentunya pastikan website yang kamu kunjungi benar-benar terpercaya ya!

Perlu diingat lagi nih, kunci utama dari kesuksesan dalam bekerja adalah ketekunan dan konsisten ya guys. Tetap semangat!

This post was last modified on Oktober 16, 2020 12:57 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

7 Inspirasi Membuat Agenda Belajar yang Menarik!

Gimana nih kabar belajar kamu selama pandemi ini? Apakah selama pandemi ini kamu jadi semakin… Read More

Oktober 23, 2020

Pengalaman Menggunakan Pahamify, Worth It Gak Sih?

Kali ini aku mau share tentang pengalamanku menggunakan Pahamify, salah satu aplikasi belajar online terbaik… Read More

Oktober 22, 2020

10 Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Lulus Kuliah

Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari - Siapa nih di antara kamu yang suka mempelajari bahasa… Read More

Oktober 22, 2020

Nyari Guru Les Privat? Pake Fitur Ruangles Aja, Lengkap Banget!

Siapa nih di antara kamu yang mungkin kebingungan untuk mencari les? Padahal untuk ujian, UTBK,… Read More

Oktober 20, 2020

Harga Paket UTBK Pahamify

Harga Paket UTBK Pahamify - Tahukah kamu bahwa rasio tingkat kegagalan siswa saat seleksi masuk… Read More

Oktober 18, 2020

5 Keunggulan Try Out UTBK di Pahamify

Try out merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif, baik untuk persiapan ujian semester,… Read More

Oktober 17, 2020