Categories: Edukasites bakat

9 Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert Paling Menjanjikan Sesuai Tes MBTI

Share

Bagi kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA atau awal perkuliahan, pasti sedikit banyak mulai berpikir mengenai pekerjaan apa yang hendak dilakukan di masa depan nanti bukan? Yap, bekerja menjadi suatu kewajiban yang hampir semua manusia lalui untuk tetap mempertahankan kehidupannya. 

Akan tetapi, seringkali kita mengalami kendala terkait prospek kerja, bidang pekerjaan yang sesuai minat, atau bahkan gaji yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan. Dari sekian banyak kendala yang mungkin dialami, salah satu yang tak ketinggalan ialah faktor mengenai passion dan kecocokkan pekerjaan dengan kepribadian kita. 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penulis hendak membagikan beberapa rekomendasi pekerjaan untuk introvert sesuai dengan tes MBTI. Kamu dengan kepribadian introvert pun layak mendapatkan pekerjaan yang menyenangkan dan sesuai passionmu lho. So, yuk simak beberapa rekomendasinya di bawah ini ya!

Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert Sesuai Tes MBTI

1. System Analyst (INTJ)

Rekomendasi pekerjaan untuk introvert yang pertama berasal dari tipe kepribadian INTJ. Tipe ini terdiri dari introvert, intuitive, thinking, dan judging. Kabarnya hanya ada 1% hingga 4% orang dengan tipe kepribadian ini guys. Apakah kamu salah satu dari antaranya? 

Tipe kepribadian ini sendiri sering disebut sebagai ahli dalam strategi karena kemampuannya dalam merencanakan serta memikirkan kemungkinan bisa diacungi jempol guys. Umumnya, orang dengan tipe ini juga terhitung cukup ambisius serta sangat rasional dalam mengambil suatu keputusan. 

Oleh karena itu, penulis menyarankanmu pekerjaan sebagai seorang sistem analis yang tidak terlalu membutuhkan banyak interaksi dengan orang. Kamu juga bisa menyalurkan kemampuanmu dalam berpikir secara logis serta objektif secara tepat. 

2. Penulis (INFP)

Rekomendasi pekerjaan untuk introvert berikutnya adalah penulis. Yap, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang penulis karena pekerjaan ini tidak membutuhkan terlalu banyak interaksi dengan orang lain. 

Umumnya pekerjaan satu ini cocok bagi kamu yang memiliki tipe kepribadian INFP karena cenderung memiliki imajinasi yang luar biasa di dalam kepala. Selain itu, seseorang dengan tipe ini cenderung membutuhkan pekerjaan yang fleksibel dan santai, sehingga seorang penulis menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

3. Researcher (INTP)

Tipe kepribadian berikutnya adalah INTP. Jenis kepribadian ini terdiri dari introvert, intuitive, thinking, dan perceiving. By the way, tipe kepribadian ini juga tergolong langka lho di dunia, data menunjukkan hanya ada 3% dari total populasi yang ada di dunia. Kamu yang termasuk ke dalam tipe ini terhitung sangat beruntung lho!

Ada beberapa figur terkenal dunia yang memiliki tipe kepribadian ini, seperti Albert Einstein, Bill Gates, hingga Kristen Stewart. Nah, berdasarkan ciri di atas maka rekomendasi pekerjaan untuk introvert satu ini ialah seorang researcher karena kamu memiliki kemampuan yang kuat dalam menyelesaikan masalah melalui logika kritis. 

Image by Pexels from Pixabay

4. Penerjemah (INFP)

Rekomendasi pekerjaan untuk introvert selanjutnya adalah penerjemah. Pekerjaan satu ini sangat cocok ditekuni bagi kamu yang memiliki kepribadian INFP. Umumnya seorang INFP memiliki semangat yang cukup besar di dalam sisi pendiamnya. 

Jenis kepribadian ini menyukai kepraktisan dan juga sangat menghormati prinsip yang dibawa. Mereka juga tergolong cukup baik dalam berkomunikasi dan menyukai hal-hal baru untuk dipelajari. Oleh karena itu, penulis cukup merekomendasikanmu pekerjaan yang berhubungan dengan dunia kreatif. 

Salah satunya kamu bisa bekerja sebagai seorang penerjemah. Sebagai informasi, seorang INFP sendiri sangat berbakat untuk mempelajari bahasa baru bahkan di luar dari bahasa ibu mereka lho guys. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai penerjemah akan sangat cocok untukmu.

5. Manajer Keuangan (ISTJ)

Siapa nih di antara kamu yang memiliki tipe kepribadian ISTJ? Tahukah kamu kalau tipe kepribadian ini merupakan salah satu yang dianggap paling banyak jumlahnya di seluruh dunia guys. 

Rekomendasi pekerjaan untuk introvert satu ini adalah manajer keuangan. Sebagai seorang ISTJ kamu dianggap memiliki karakteristik yang kuat dalam berlogika serta umumnya sangat mencintai keakuratan di dalam melakukan sebuah pekerjaan. 

Umumnya kamu juga menyenangi pekerjaan yang menggunakan hierarki, serta memiliki kehidupan yang teratur. Nah, dengan demikian menjadi seorang manajer keuangan adalah pilihan yang tepat untukmu guys. 

6. Akuntan (ISTJ)

Rekomendasi pekerjaan untuk introvert berikutnya adalah akuntan. Masih berasal dari tipe kepribadian ISTJ yang terdiri dari introvert, sensing, thinking, dan judging maka selain seorang manajer keuangan, kamu bisa memilih pekerjaan sebagai akuntan. 

Sebagai seseorang yang mencintai logika dan segala pekerjaan yang ‘pasti’, maka kamu bisa memilih profesi akuntan. Pekerjaan satu ini cukup diperlukan di Indonesia lho guys! Ditambah, ada banyak universitas negeri maupun swasta yang membuka program studi untuk jurusan satu ini. 

Image by Steve Buissinne from Pixabay

7. Desainer Grafis (INFP)

Apabila kamu kurang tertarik untuk bekerja sebagai seorang penerjemah , maka kamu bisa memilih pekerjaan sebagai seorang desainer grafis. Pekerjaan satu ini juga sangat cocok bagi bagi dengan tipe kepribadian INFP. 

Yap, rekomendasi pekerjaan untuk introvert satu ini memang tidak membutuhkan banyak interaksi atau forum besar dalam bekerja. Umumnya kamu dapat bekerja di forum kecil bahkan hanya berhadapan dengan klien terkait guys. 

Selain itu, sebagai seorang INFP kamu cenderung cocok bekerja di sektor industri kreatif sehingga mampu menjelajahi ide-ide dengan lebih bebas lagi. Pekerjaan satu ini tergolong cukup fleksibel, berhubungan dengan industri kreatif, dan tidak memerlukan kelompok besar dalam bekerja. 

8. Penyelidik Swasta (INTP)

Next, rekomendasi pekerjaan untuk introvert berikutnya adalah penyelidik swasta atau detektif. Pekerjaan satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki tipe kepribadian INTP karena memiliki kemampuan logika yang kuat dalam memecahkan suatu masalah. Tidak hanya itu, kamu juga memiliki kreativitas dan daya cipta yang tinggi. 

Hal ini sangat bermanfaat dalam menyelesaikan berbagai kasus yang terkadang membutuhkan pemikiran ‘out of the box’. Namun, sebagai seorang introvert agak susah bagimu untuk bekerja di kelompok besar sehingga pekerjaan sebagai penyelidik swasta akan sangat menarik dan menyenangkan bagimu. 

9. Scientist (INTJ)

Rekomendasi pekerjaan untuk introvert yang terakhir ialah scientist. Yap, pekerjaan satu ini seringkali dihindari oleh banyak pelajar Indonesia karena dianggap membosankan, jenuh, atau tidak menyenangkan. 

Eits, jangan salah guys, sebagai seorang scientist kamu ga hanya terjebak di laboratorium atau belajar setiap waktu lho. Kamu juga tetap bisa melakukan hal-hal menyenangkan kok, tinggal pengaturan waktu yang tepat saja guys. 

Selain itu, pekerjaan ini sangat penulis rekomendasikan untuk kamu yang memiliki tipe kepribadian INTJ karena memiliki kemampuan analisis yang kuat, logis, dan juga kreatif dalam mengembangkan berbagai hal baru. Menariknya, pekerjaan satu ini akan selalu dibutuhkan sepanjang masa guys!

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi pekerjaan untuk introvert sesuai dengan tes MBTI guys. Bagaimana? Kira-kira adakah yang menarik perhatianmu sejauh ini? Untuk kamu yang belum melakukan tes MBTI, maka kamu juga bisa mengunjungi artikel mengenai tes MBTI dengan klik di sini ya

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui beberapa jurusan kuliah khusus untuk anak introvert dengan klik link ini. Penulis percaya kok, apapun kepribadian kamu, entah introvert, ekstrovert, atau bahkan ambivert, kamu tetap bisa belajar dan bekerja dengan nyaman sekaligus menyenangkan. So, semangat selalu ya teman-teman!

This post was last modified on September 15, 2022 5:49 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Cara Membuat Konten dan Soal di Quipper School

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan artikel tentang Cara Membuat Konten dan Soal di… Read More

September 28, 2022

Cara Mengganti Password Quipper School untuk Guru

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mengganti Password Quipper School untuk Guru,… Read More

September 27, 2022

Cara Mengatasi Siswa yang Lupa Password di Quipper School

Saya akan berbagi sedikit cerita dan pengalaman saya tentang Cara mengatasi siswa yang lupa password di… Read More

September 26, 2022

Cara Mengubah File PDF Menjadi Word

Cara Mengubah File PDF Menjadi Word | Kali ini saya akan berbagi informasi dan pengalaman… Read More

September 25, 2022

Cara Membuat Tugas Quipper School

Cara Membuat Tugas Quipper | Quipper School adalah sebuah platform layanan belajar online gratis yang… Read More

September 24, 2022

Gejala Alam Biotik dan Abiotik, Materi Lengkap!

Pada pembahasan ini akan dibahas tentang Komponen Abiotik, Komponen Biotik, Gejala Alam Abiotik, dan Gejala… Read More

September 23, 2022